Apa yang harus dilalui orang-orang dengan HIV/AIDS (ODHA) kadang terlalu berat untuk dijalani. Namun, jika Anda dapat memberi dukungan dengan baik, Anda dapat sangat membantu perbaikan kondisi mereka. Kasih sayang dan dukungan Andalah yang dibutuhkan oleh orang-orang terdekat saat mereka mengalami keterpurukan.

Apa yang bisa Anda lakukan ketika pasangan, sahabat, atau anggota keluarga divonis HIV?

Kenali penyakit

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memperkaya diri sebanyak mungkin dengan informasi terbaru dan pengetahuan dasar tentang penyakit ini agar Anda dapat membantu mereka. Anda perlu mengetahui fakta-fakta tentang HIV, bagaimana penyebarannya, cara pencegahan, bagaimana HIV berkembang, dan bagaimana efek HIV pada pasien. Tanpa perawatan yang tepat, sistem imun akan terpengaruh, yang membuat perkembangan HIV akan menjadi lebih serius. Hingga kini, para peneliti belum berhasil menemukan obat penyembuh HIV, namun beberapa kombinasi pengobatan dapat membantu melawan virus. Mempelajari hal-hal ini dapat membantu Anda mengerti tentang penyakit yang mereka hadapi dengan lebih baik.

Ajak mereka bicara

Beri tahu mereka bahwa Andalah orang yang akan selalu berada di sisi mereka untuk mendengarkan keluh kesah dan segala perasaan mereka. Ingatlah bahwa pasien HIV seringkali kesulitan untuk membuka diri dan berbicara tentang penyakit mereka. Maka dari itu, Anda harus menciptakan suasana yang membuat mereka merasa nyaman untuk berbicara. Terbukalah dan dekati mereka. Mendukung mood dan kesehatan fisik juga diperlukan untuk memperbaiki kondisi mereka.

Biarkan mereka tetap aktif terlibat dalam rutinitas harian

Jangan biarkan keputusan divonis HIV membuat merasa mereka tidak berguna. Orang yang Anda kasihi tidak ingin merasa menjadi beban untuk Anda. Jadi Anda dapat membiarkan mereka ikut aktif dalam pekerjaan rumah seperti layaknya orang sehat pada umumnya. Berbagi tugas pekerjaan rumah adalah hal yang baik dilakukan. Dengan begitu, orang terdekat Anda tidak akan menyalahkan diri sendiri sebagai beban pada orang lain.

Bantu mereka untuk tetap optimis

Setelah divonis HIV dan di tengah perjuangan dengan pengobatan, orang yang Anda kasihi perlu tetap optimis. Sikap yang positif dapat membantu mereka melawan penyakit. Orang terdekat Anda dapat tetap optimis dengan beraktivitas, terutama melakukan latihan spiritual yang dapat mendorong mereka. Aktivitas tersebut memotivasi mereka hidup lebih sehat, agar mereka dapat menemukan arti dari hidup dan berusaha melawan HIV.

Berikan semangat untuk melakukan aktivitas di luar

Tidak ada manfaatnya untuk menjaga pasien dengan HIV di tempat tidur. Mereka perlu pergi keluar dan bergabung dengan komunitas. Hal ini dapat membantu mereka agar tidak merasa terisolasi atau sendirian. Banyak aktivitas sosial yang tersedia dan cocok untuk orang dengan HIV. Bawa orang terdekat Anda ke teater, ke rumah teman atau berjalan-jalan yang dapat memberikan mereka semangat saat mood sedang turun.

Memberi dukungan pada orang terdekat yang divonis HIV dapat menyebabkan stress walau gejala-gejala teratasi dengan efektif. Beberapa tips di atas dapat membantu mendukung pasien dengan HIV. Apabila tidak berhasil, Anda dapat membicarakannya dengan dokter untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca