Apakah Yoga Dapat Menurunkan Tekanan Darah Penderita Darah Tinggi?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Yoga menjadi populer akhir-akhir ini meskipun orang-orang sudah mulai mempraktikkannya bertahun-tahun yang lalu. Banyak orang mungkin berpikir bahwa yoga tidaklah seefektif metode latihan tradisional, seperti berenang, berjalan kaki, dan jogging, dalam meningkatkan kesehatan. Pada kenyataannya, manfaat yoga jauh melampui dugaan orang. Misalnya, apakah Anda tahu bahwa yoga menurunkan tekanan darah tinggi?

Bagaimana yoga menurunkan tekanan darah?

Salah satu penyebab potensial tekanan darah tinggi adalah stres. Orang merasa stres saat mereka tidak mampu mengatasi tekanan kehidupan. Oleh karena itu, mereka lebih cendrung terkena hipertensi daripada mereka yang menjalani gaya hidup yang mampu mengendalikan stres.

Yoga memiliki cara mendalam untuk membantu Anda terhubung dengan jiwa Anda dan mengurangi stres, yaitu meditasi. Para ilmuwan telah menemukan bahwa meditasi dapat melepaskan stres dan menenangkan pikiran. Satu jam duduk, menutup mata, dan fokus pada napas dan mengosongkan pikiran Anda dapat menurunkan tekanan darah.

Yoga adalah kombinasi dari pernapasan dan latihan tubuh. Sejumlah besar pose seperti mengangkat kaki, meregangkan bahu, dan memutar tulang belakang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Menurut orang-orang yang menjalani praktek kuno ini, yoga sangat membantu mereka yang menderita hipertensi. Mempraktekkan yoga dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan angka tekanan darah dari 133/80 ke 130/77 berdasarkan penelitian Dr. Debbie Cohen dari University of Pennsylvania.

Studi terbaru menunjukkan bahwa yoga menjaga otot tetap fleksibel dan lentur, misalnya melalui peregangan yoga secara teratur, juga dapat membantu menjaga arteri tetap lentur dan dengan demikian menurunkan tekanan darah secara alami. Studi oleh American Journal of Physiology telah menemukan bahwa, di antara orang-orang di atas usia 40 tahun, kinerja mereka dalam tes duduk-dan-menggapai dapat digunakan untuk menilai fleksibilitas arteri.

Tes sederhana untuk bisa menyentuh jari kaki dari posisi duduk ini bisa menunjukkan tingkat kekakuan arteri, yang sering kali mendahului penyakit penyakit kardiovaskular. Menurut penulis, latihan peregangan dapat memicu reaksi fisiologis yang memperlambat pengerasan arteri terkait usia.

Cara melakukan yoga dengan benar

Yoga tidak bisa terburu-buru; yoga membutuhkan waktu. Maka dari itu, jika Anda tidak memiliki waktu untuk pergi ke studio, tetapi tetap ingin berlatih yoga, Anda bisa melakukannya di rumah. Ada banyak online tutorial gratis yang menginstruksikan Anda untuk melakukan pose langkah demi langkah. Berikut tips untuk Anda:

  • Kosongkan perut minimal satu jam sebelum yoga. Jika Anda lapar, kenyangkan diri Anda hanya dengan pisang atau secangkir susu.
  • Fokus pada napas dan dengarkan tubuh Anda. Jika Anda tidak dapat mengikuti langkah yoga, berhentilah dengan segera.

Pose yoga untuk menurunkan tekanan darah

Meskipun yoga pada umumnya dapat menurunkan tekanan darah melalui meditasi, beberapa pose yoga diperkirakan bisa menurunkan tekanan darah secara lebih efektif dibandingkan dengan pose lainnya.

Pose bound angle

  • Tarik napas, mulailah duduk.
  • Buang napas, angkat bokong dari lantai dan duduklah pada tulang duduk.
  • Tarik napas, letakkan kedua telapak kaki berhadapan di dekat pangkal paha, dan tekan kedua telapak kaki bawah bersama.
  • Buang napas, letakkan ibu jari pada telapak kaki bawah, dengan jari tangan di telapak kaki atas dan tekuk telapak kaki keluar (supinate; bagian telapak bawah menghadap atas).
  • Tarik napas, duduk tegak, luruskan tulang belakang dengan kepala tegak.

Pose downward facing dog

  • Mulai dengan tangan dan lutut di lantai dengan jari tangan membuka dan jari kaki menekuk.
  • Buang napas, angkat lutut dari lantai dan dorong dan tekan tulang duduk ke atas dan ke belakang.
  • Tarik napas, tekan semua jari tangan dan area telapak tangan ke tikar, dengan kepala lurus dengan bisep.
  • Buang napas, lakukan kembali peregangan ke belakang, dengan menggunakan hembusan napas untuk melepaskan tegangan.
  • Tarik napas, sedikit tekuk lutut.
  • Buang napas, lakukan kembali peregangan ke atas dan ke belakang, dengan meluruskan kaki tetapi tidak dengan kaku.
  • Ulangi atau tahan pose selama 3 sampai 5 napas atau selama Anda nyaman.

Pose forward bend

  • Tarik napas, mulailah duduk dengan tungkai kaki lurus ke depan, dengan telapak kaki ditekuk bersama.
  • Buang napas, duduk tegak pada tulang duduk dengan menekan pada tumit kaki.
  • Tarik napas, luruskan tangan lewat atas kepala sembari meluruskan tulang belakang.
  • Buang napas, tekuk badan ke depan dengan menyentuhkan tangan ke telapak kaki.
  • Tarik napas, lepasan sedikit tekanan dari pose ini.
  • Buang napas, tekuk lebih jauh ke dalam peregangan dan tekuk ke dalam pusar sembari menekuk badan dengan menghilangkan daging di perut dari tekukan dan dengan menggunakan otot-otot perut untuk melakukan peregangan lebih jauh.
  • Tahan pose selama 3 sampai 5 napas atau selama Anda nyaman.

Yoga dianggap sebagai pengobatan alami paling efektif untuk hipertensi. Yoga menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu mengatasi stres. menghabiskan waktu satu jam sehari untuk yoga adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan kesehatan dan membuat hidup Anda menjadi lebih menyenangkan.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca