Setiap orang harus memeriksa tekanan darah nya secara teratur. Secara umum, pemeriksaan tekanan darah harus dilakukan setiap kali Anda mengunjungi dokter.

Selain pemantauan normal, kelompok-kelompok tertentu dari pasien harus diawasi lebih hati-hati, termasuk:

  • Usia 35 tahun atau lebih
  • Riwayat hipertensi
  • Riwayat keluarga hipertensi
  • Wanita hamil
  • Riwayat masalah jantung atau ginjal.

Siapapun bisa mengalami tekanan darah tinggi, bahkan anak-anak. Jika Anda atau seseorang dalam keluarga Anda belum memeriksa tekanan darah dalam 5 tahun terakhir, buatlah janji temu dengan dokter.

Kapan waktu terbaik untuk memeriksa tekanan darah saya?

Tidak ada yang disebut waktu “terbaik” untuk memeriksa tekanan darah Anda. Tekanan darah biasanya terendah setelah bangun dan cenderung bervariasi hingga 30% sepanjang hari. Ini adalah hasil dari perubahan hormon, tingkat aktivitas, dan makan. Menentukan waktu yang baik untuk memeriksa tekanan darah bergantung pada tiga hal:

  • Alasan Anda melakukan pengecekan
  • Jadwal harian Anda
  • Kenyamanan

Jika Anda melakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur oleh dokter, dokter mungkin akan mencoba untuk menjadwalkan janji pada waktu yang berbeda. Hal ini dilakukan dengan sengaja, sehingga pembacaan tekanan darah dari situasi yang berbeda dapat diperoleh. Beberapa pembacaan ini rata-rata menjadi satu hasil komposit, yang digunakan untuk memberikan diagnosis sesuai dengan pedoman tekanan darah standar. Mengukur tekanan darah pada waktu yang berbeda memberikan gambaran yang lebih akurat dari rata-rata situasi secara keseluruhan. Ini menunjukan perbedaan tingkat aktivitas, stres, dan perubahan hormon.

Jika Anda melakukan pemeriksaan tekanan darah untuk memantau efektivitas pengobatan, paling efektif untuk memilih waktu yang tepat dan konsisten melakukan pembacaan kemudian hari. Situasi ini berbeda karena Anda mencoba untuk membandingkan salah satu pengukuran relatif stabil yang lain dari waktu ke waktu.

Dengan kata lain, mengukur tekanan darah pada saat yang sama pada hari yang berbeda seharusnya menunjukkan hasil pembacaan yang sama (tidak termasuk pengaruh luar seperti olahraga). Dengan melakukan pembacaan pada saat yang sama, lebih mudah untuk benar-benar melihat apa efek pengobatan yang Anda alami.  Program pengobatan yang berhasil seharusnya menghasilkan pembacaan “waktu yang sama” yang cenderung menurun.

Ketika memilih waktu untuk memeriksa tekanan darah Anda, pastikan bahwa itu waktu yang cocok dengan jadwal Anda. Anda harus memilih slot waktu yang tidak akan terganggu oleh pekerjaan atau hal lainnya.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca