Bagaimana Tekanan Darah Tinggi Bisa Sebabkan Sakit Kepala?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia

Bila tidak ditangani, hipertensi bisa menyebabkan komplikasi serius dalam jangka waktu panjang. Namun, tekanan darah tinggi juga dapat memberikan efek langsung pada tubuh. Ya. Banyak orang yang mengeluhkan sering sakit kepala karena hipertensi yang mereka miliki. Apa penyebabnya?

Sakit kepala karena hipertensi, apa penyebabnya?

Banyak yang berpendapat bahwa sakit kepala karena hipertensi disebabkan oleh peningkatan aliran darah dari jantung yang menumpul di otak, sehingga menyebabkan sensasi tekanan dari dalam yang terasa sakit.

Namun ternyata, teori ini tidak benar. Walaupun alasan tersebut terdengar logis, peneliti sampai saat ini belum menemukan hubungan sebab-akibat yang jelas antara sakit kepala dengan tekanan darah tinggi.

Tim peneliti di Norwegia menemukan bahwa lebih dari 22 ribu orang dewasa yang memiliki hipertensi tidak pernah menunjukkan gejala-gejala sakit kepala karena hipertensi setelah diamati selama 11 tahun. Segelintir orang hanya melaporkan sakit kepala ringan, namun tidak dapat dipastikan apakah benar sakit kepala terjadi karena hipertensi yang diderita.

Justru, sebuah penelitian menemukan bahwa tekanan sistolik (angka atas/tertinggi dari tekanan darah) di atas 150 berisiko 30% lebih rendah untuk mengalami sakit kepala. Peneliti menduga bahwa ini mungkin terjadi sebagai efek dari hilangnya sensitivitas rasa sakit (hypalgesia).

Sakit kepala bisa jadi tanda hipertensi berat

Meski begitu, sakit kepala bisa menjadi tanda hipertensi berat atau ganas. Jenis hipertensi yang berat biasanya datang tiba-tiba dan memengaruhi sekitar 1% orang yang memiliki hipertensi.

Hipertensi ganas dapat memengaruhi orang dewasa muda, khususnya laki-laki. Kondisi ini juga dapat memengaruhi orang yang memiliki masalah ginjal dan preeklampsia.

Mengatasi dan mengobati sakit kepala karena hipertensi dengan tepat

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, penting untuk melakukan perubahan gaya hidup Anda agar sakit kepala karena hipertensi dapat dicegah dan diatasi.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi sakit kepala karena hipertensi, yang dilansir dari situs Healthline:

1. Makan makanan dengan zat antiinflamasi

Untuk mengatasi sakit kepala karena hipertensi, Anda dapat menambahkan makanan-makanan tertentu dalam menu sehari-hari. Beberapa jenis sakit kepala, terutama karena hipetensi, umumnya disebabkan oleh inflamasi atau peradangan.

Oleh karena itu, makanan dengan zat antiinflamasi dapat membantu mengurangi sakit kepala yang terjadi karena hipertensi. Makanan tersebut meliputi seledri, buah bit, blueberry, dan flaxseed (biji rami).

2. Konsumsi gandum utuh

Gandum utuh juga diyakini dapat menangkal sakit kepala karena hipertensi. Anda dapat mengonsumsi roti gandum atau oatmeal dalam menu harian Anda.

Pastikan roti atau makanan bergandum yang Anda pilih bebas dari tepung terigu karena berpotensi memperburuk sakit kepala karena hipertensi. Selain untuk mengontrol sakit kepala yang terjadi karena hipertensi, gandum utuh juga dapat membantu mengatasi sakit kepala migrain.

3. Essential oil

Menggunakan essential oil atau minyak aromaterapi juga dapat membantu mengurangi sakit kepala karena hipertensi. Anda dapat memilih minyak peppermint atau lavender untuk meringankan gejala sakit kepala yang berdenyut-denyut.

Tidak hanya membantu mengurangi sakit kepala karena hipertensi, essential oil juga dipercaya dapat melepaskan beban pikiran atau stres yang sedang Anda alami.

4. Mengurangi konsumsi kafein

Kafein diduga memengaruhi peningkatan tekanan darah Anda. Oleh karena itu, untuk mengurangi sakit kepala karena hipertensi, Anda disarankan untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Berhati-hatilah saat Anda memutuskan untuk berhenti mengonsumsi kafein apabila Anda sudah terbiasa minum kopi sehari-hari. Anda mungkin akan mengalami gejala sakit kepala ketika tiba-tiba berhenti mengonsumsi kafein.

5. Minum obat sakit kepala

Selain mengubah pola makan dan gaya hidup, Anda juga dapat langsung mengatasi sakit kepala karena hipertensi dengan obat yang dijual bebas tanpa resep dokter.

Akan tetapi, mengingat Anda menderita sakit kepala yang terjadi karena hipertensi, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu mengenai obat mana yang boleh diminum dengan dokter.

Misalnya, obat sakit kepala aspirin sebaiknya tidak boleh diminum berlebihan karena dapat meningkatkan risiko stroke pada penderita hipertensi.

Ada kemungkinan juga obat sakit kepala yang Anda minum akan memengaruhi obat darah tinggi yang sedang Anda konsumsi. Jadi, pastikan Anda bertanya dulu ke dokter Anda, ya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 23, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca