Apakah tekanan darah Anda tinggi? Tidak peduli berapa banyak obat yang Anda gunakan atau berapa banyak Anda diet dan olahraga, apakah tekanan darah Anda tetap sangat sulit untuk dikontrol? Jika hal ini terjadi, maka ada lima penyebab sulitnya mengontrol tekanan darah tinggi yang Anda dan dokter Anda perlu pertimbangkan. Ini adalah penyebab tekanan darah tinggi sulit untuk dikontrol, yang dapat dikonfirmasi oleh dokter Anda setelah pemeriksaan.

Sleep apnea

Apakah Anda memiliki masalah tidur? Apakah Anda mendengkur begitu keras? Apakah Anda merasa sangat lelah ketika bangun di pagi hari bahkan jika Anda sudah tidur delapan jam? Apakah Anda perlu tidur siang kembali di siang hari, atau sebaliknya, dapatkah Anda tertidur pada saat itu? Jika salah satu di atas berkaitan dengan Anda, maka Anda mungkin memiliki sleep apnea. Ini adalah salah satu penyebab paling umum dari kesulitan mengontrol tekanan darah tinggi. Jika Anda kelebihan berat badan, ini meningkatkan kemungkinan Anda terkena sleep apnea. Diagnosis sleep apnea dikonfirmasi oleh studi tidur yang disebut polysomnography dan pengobatan dapat melibatkan penggunaan mesin CPAP.

Penyakit ginjal

Penyakit ginjal adalah salah satu penyebab paling umum dari sulitnya mengontrol tekanan darah tinggi, tapi kurang disadari. Ini adalah suatu kondisi yang didiagnosis dengan melihat nilai-nilai laboratorium, terutama tingkat kreatinin. Meski tekanan darah tinggi adalah penyebab paling umum kedua dari penyakit ginjal setelah diabetes), penyakit ginjal juga merupakan penyebab yang sangat umum dari sulitnya mengobati tekanan darah tinggi.

Penyakit pembuluh darah ginjal

Penyebab sulitnya mengontrol tekanan darah tinggi termasuk masalah dengan aliran darah ke ginjal. Istilah medis untuk ini adalah renal artery stenosis. Apa yang mungkin menjadi penyebab tekanan darah tinggi Anda? Nah, kehadiran penyakit pembuluh darah di tempat lain serta kehadiran diabetes dan kolesterol tinggi merupakan faktor risiko yang signifikan. Misalnya, jika Anda memiliki penyakit jantung, penyakit pembuluh darah perifer, penyakit arteri karotis, atau riwayat stroke, dengan adanya diabetes, maka ini meningkatkan kemungkinan memiliki masalah aliran darah ke ginjal. Ada beberapa cara untuk mendiagnosis kondisi ini termasuk USG melihat aliran darah ke ginjal, sampai jenis khusus dari CT scan disebut CT angiogram. Banyak dokter mengobati kondisi ini secara konservatif karena intervensi akut sering tidak memperbaiki kondisi keseluruhan.

Peningkatan produksi hormon yang disebut aldosterone

Aldosterone adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal dan memainkan peran penting sulitnya mengontrol tekanan darah. Aspek fisiologis penting dari hormon ini adalah suatu kondisi yang disebut primary hyperaldosteronism di mana kelenjar adrenal memompa dosis yang lebih tinggi dari aldosterone normal. Hal ini terjadi pada sekitar lima persen dari populasi. Lebih umum, aldosterone diproduksi oleh sel adiposa (sel lemak) dan peningkatan produksi hormon ini dapat terjadi ketika mengalami obesitas. Ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa tekanan darah dapat meningkat pada individu yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Lainnya

Jika empat kondisi di atas telah dievaluasi dan hasilnya negatif, ada sejumlah kondisi lain yang mungkin akan dokter evaluasi, dari pheochromocytoma sampai sindrom karsinoid, dan banyak lainnya.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca