Kenapa Orang yang Punya Hipertensi Harus Banyak Makan Serat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Hipertensi tidak boleh disepelekan. Dengan perawatan dan penerapan gaya hidup sehat, tekanan darah bisa dijaga dalam batas normal untuk mencegah terjadinya komplikasi hipertensi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan asupan serat harian Anda tetap terpenuhi. Bagaimana cara merancang pilihan makanan untuk hipertensi yang tinggi serat?

Pentingnya memastikan makanan untuk hipertensi selalu tinggi serat

Di samping mengonsumsi obat hipertensi yang sudah diresepkan dokter, makanan juga berperan penting untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Salah satu asupan makanan untuk hipertensi yang harus selalu dipenuhi adalah serat.

Sejumlah penelitian yang pernah dipublikasikan dalam Journal of Hipertension menemukan bahwa asupan serat tinggi terkait dengan penurunan angka tekanan darah sistolik dan diastolik yang lumayan besar bagi pengidap hipertensi.

Tekanan darah diastolik adalah angka yang ada di bawah dalam bacaan tekanan darah. Meski angka atas (sistolik) lebih penting daripada angka bawah, namun keduanya tetap memengaruhi kesehatan jantung. Tidak hanya itu, para ahli juga menyebutkan bahwa penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik juga terlihat pada orang yang tidak memiliki tekanan darah tinggi.

Periset mencatat bahwa 8 minggu peningkatan konsumsi serat mungkin diperlukan sebelum tekanan darah bisa menurun.

Tips memenuhi kebutuhan serat harian

Meskipun banyak orang Indonesia makan dengan porsi terlalu banyak setiap hari, sebagian besar mengonsumsi terlalu sedikit serat. Pedoman menyarankan bahwa kita harus mengonsumsi setidaknya 25 gram serat setiap hari, sedangkan sebagian besar orang hanya mendapatkan kurang dari 12 gram serat per hari.

Seiring bertambahnya usia kita, beberapa orang menemukan bahwa makanan tinggi serat menyebabkan kembung dan perut penuh gas. Mengonsumsinya sedikit demi sedikit secara bertahap akan membantu tubuh Anda untuk lebih menyesuaikan diri dengan serat.

Cobalah untuk menambahkan 1-2 buah atau sayuran ekstra pada asupan harian Anda, dan kemudian pertahankan selama beberapa hari, lalu tingkatkan lagi secara bertahap. Selain itu, sangat penting untuk meningkatkan asupan cairan saat Anda menambahkan lebih banyak serat. Anda harus mendapatkan setidaknya 8 gelas cairan per hari. Diet serat tinggi tanpa banyak cairan akan tetap membuat Anda sembelit.

Jika Anda memiliki penyakit apapun yang memerlukan pembatasan cairan, konsultasikan dengan dokter dan ahli diet sebelum membuat perubahan dalam menu makanan untuk hipertensi, baik dari segi jumlah cairan dan dalam jumlah serat.

Berbagai sumber makanan terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Selain serat, penting bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang di setiap makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Berikut ini beberapa makanan untuk hipertensi yang tidak kaya serat, tapi juga nutrisi lain yang sama pentingnya untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi:

  • Sayuran hijau. Bayam, sawi, brokoli, dan sayuran lain yang berwarna hijau mengandung kalium tinggi yang baik untuk menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh.
  • Pisang. Kandungan kalium yang tinggi dalam pisang juga dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh orang yang memiliki hipertensi. Anda dapat mengonsumsi pisang secara langsung atau juga sebagai diolah menjadi makanan pendamping.
  • Kentang. Sayuran satu ini selain tinggi serat juga kaya akan kandungan magnesium serta kaliumnya. Pastikan jika Anda tidak menambahkan garam ketika mengolah kentang karena penambahan garam akan membuat kentang jadi makanan yang tinggi garam, di mana justru semakin meningkatkan tekanan darah Anda.
  • Oat. Oat adalah makanan pokok yang tinggi akan serat. Tidak hanya itu, produk gandum lainnya dan beras merah juga diketahui sebagai makanan tinggi serat yang bisa membantu mengontrol tekanan darah Anda.
  • Buah bit. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minum jus bit secara rutin dapat menurunkan darah tinggi. Ini karena buah bit mengandung nitrat yang mampu membantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca