Kiat-kiat untuk Mencegah Hipertensi Maligna

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update Mei 9, 2020
Bagikan sekarang

Hipertensi tidak boleh disepelekan. Terlebih jika kenaikan tensi Anda sangat pesat, hingga mencapai 180/120 milimeter merkuri (mmHg). Kondisi ini disebut dengan hipertensi maligna. Hipertensi maligna merupakan keadaan darurat yang bisa mengancam nyawa sehingga membutuhkan pertolongan medis secepat mungkin. Lalu, bagaimana cara mencegah hipertensi maligna ini?

Apa yang memicu hipertensi maligna?

Hipertensi maligna, yang juga sering disebut hipertensi darurat, disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang sebelumnya mungkin sudah dimiliki. Biasanya, hal ini dapat terjadi ketika penderitanya mengurangi dosis, melewatkan, atau bahkan berhenti minum obat darah tinggi tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Namun selain itu, beberapa kondisi medis tertentu juga bisa memicu munculnya hipertensi maligna, seperti:

  • Gangguan ginjal.
  • Stenosis ginjal (penyempitan arteri pada ginjal).
  • Preeklampsia pada ibu hamil.
  • Penyakit autoimun.
  • Cedera pada sumsum tulang belakang, yang menyebabkan sistem saraf menjadi terlalu aktif.
  • Penyempitan aorta (pembuluh darah jantung).

Selain kondisi medis, penggunaan obat-obatan tertentu, seperti pil KB dan antidepresan MAOI, serta penggunaan obat-obatan terlarang, seperti kokain, amfetamin, dan metamfetamin, juga bisa salah satu penyebab hipertensi darurat ini.

Hipertensi darurat tidak begitu umum terjadi. Bahkan diperkirakan hanya menyerang sekitar satu sampai dua persen orang dengan hipertensi. Namun risikonya bisa meningkat jika penderita adalah seorang perokok.

Jika Anda memiliki hipertensi, sebaiknya waspada bila muncul beberapa gejala yang menandakan hipertensi maligna, seperti sakit kepala parah, sesak napas, mual, muntah, penglihatan kabur, mati rasa pada beberapa bagian tubuh, dan nyeri dada. Sebaiknya segera cari pertolongan medis.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah hipertensi maligna?

hipertensi maligna
Sumber: Shutterstock

Meski jarang, kondisi ini tidak bisa dianggap remeh. Jika tidak segera diobati, hipertensi maligna berisiko menimbulkan berbagai komplikasi serius, misalnya serangan jantung, diseksi aorta, edema paru, stroke, koma, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencegah hipertesi darurat ini terjadi. Adapun faktor utama dalam mencegahnya, yaitu menjaga tekanan darah Anda tetap terkontrol, menghindari segala penyakit yang bisa menyebabkan hipertensi maligna, serta kebiasaan lain yang menjadi faktor pemicunya.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hipertensi maligna:

1. Periksa tekanan darah secara berkala

Saat Anda didiagnosis memiliki tekanan darah tinggi, jangan anggap remeh kondisi kesehatan Anda. Setiap perubahan kesehatan yang dirasa tidak normal, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memantau kesehatan Anda adalah melakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur. Hal ini bertujuan mengetahui kondisi perubahan tekanan darah Anda. Jadi, bila terjadi hal-hal yang mencurigakan, bisa segera ditangani. Dengan begitu, Anda pun bisa mencegah terjadinya hipertensi maligna.

Namun, mengukur tekanan darah tidak hanya baik dilakukan oleh penderita hipertensi, tetapi juga bagi siapapun meski mengklaim dirinya sehat. Pasalnya, sebagaimana dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tekanan darah tinggi kadang tidak menimbulkan tanda atau gejala. Beberapa penderitanya pun tidak menyadari bahwa ia memiliki kondisi medis tersebut.

Melakukan pemeriksaan tekanan darah bisa di beberapa tempat. Selain di rumah sakit atau klinik, Anda juga bisa melakukan cek tekanan darah di rumah atau apotek yang memiliki alat ukur tekanan darah digital.

Tanyakan pada dokter Anda mengenai seberapa sering Anda harus melakukan pengecekan tekanan darah dan apakah Anda perlu membeli alat ukur tekanan darah untuk digunakan di rumah Anda.

2. Patuhi aturan minum obat

Tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak bisa disembuhkan. Anda hanya bisa mengontrol tekanan darahnya agar tidak terus naik. Salah satu caranya adalah dengan minum obat hipertensi.

Obat hipertensi harus diminum secara rutin dan teratur sesuai dengan ketentuan dan dosis yang diberikan dokter. Pasalnya, ada berbagai hal yang bisa dengan mudah membuat tekanan darah Anda melonjak naik. Bila hal ini dibiarkan, akan sulit bagi Anda untuk mencegah hipertensi maligna.

Dalam mengonsumsi obat darah tinggi, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter. Jangan pernah mengurangi atau melebihi dosis, mengganti, melewatkan, atau berhenti minum obat tekanan darah Anda tanpa saran dari dokter. Bahkan, meski Anda sudah merasa dalam kondisi yang sehat. Sebisa mungkin selalu bicarakan dengan dokter Anda, semua keluhan dan perubahan yang dirasakan.

3. Terapkan gaya hidup sehat

Pada dasarnya, cara mencegah hipertensi maligna tidak jauh berbeda dengan mencegah hipertensi pada umumnya, yakni dengan menerapkan gaya hidup sehat. Penerapan gaya hidup sehat dilakukan dengan menjaga pola makan sehat dan melakukan aktivitas fisik secara rutin. Selain untuk mencegah hipertensi, gaya hidup sehat juga dapat menurunkan tekanan darah Anda yang sudah terlanjur tinggi.

Hal utama yang perlu dilakukan pada gaya hidup sehat ini, yaitu menjaga pola makan. Bagi penderita hipertensi, sebisa mungkin batasi konsumsi garam dan tingkatkan asupan kalium dalam makanan harian. Selain itu, konsumsilah biji-bijan utuh, buah-buahan, sayuran, serta produk susu rendah atau tanpa lemak. Hal ini kemudian disebut dengan Dietary Approches to Stop Hypertension (DASH).

Dengan menjaga pola makan, Anda pun bisa menjaga berat badan ideal. Namun, hal ini pun perlu dilakukan secara seimbang dengan olahraga rutin. Lakukan olahraga sesuai dengan kondisi Anda selama 30 menit sehari. Bila Anda menderita hipertensi, Anda bisa melakukannya dengan berjalan, joging, bersepeda, atau berenang.

Selain itu, penting pula untuk mengurangi stres, menghindari merokok dan konsumsi alkohol, serta usahakan untuk selalu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Adapun mengurangi stres bisa dilakukan dengan meditasi atau menjalankan hobi Anda.

4. Merawat setiap kondisi kesehatan yang Anda derita

Salah satu penyebab hipertensi maligna adalah kondisi medis atau penyakit tertentu yang terjadi sebelumnya. Bila Anda memiliki penyakit yang bisa menyebabkan hipertensi maligna, Anda perlu mengobati dan mengontrol penyakit tersebut untuk mencegah terjadinya hipertensi maligna.

Oleh karena itu, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi penyakit yang Anda derita, termasuk bagi ibu hamil yang mengalami preeklampsia.

Singkatnya, kunci kesehatan tubuh ada pada diri Anda sendiri, semua keluhan yang dirasakan sebaiknya jangan disepelekan dan harus segera dikonsultasikan pada dokter. Tujuannya, untuk mencegah berkembangnya kondisi yang tidak diharapkan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bagaimana Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) Bisa Memicu Hipertensi?

Menurut penelitian di tahun 2018, keadaan post-traumatic stress disorder yang dimiliki seseorang bisa memicu naiknya risiko hipertensi.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Winona Katyusha
Hipertensi, Health Centers April 20, 2020

Tidur Siang Baik untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah studi menyatakan bahwa tidur siang dapat menjadi salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Simak selengkapnya.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Winona Katyusha
Hipertensi, Health Centers Februari 12, 2020

4 Tips Mudah Mengurangi Makan Garam Agar Tak Kena Hipertensi

Katanya, makanan tanpa garam tak sedap. Namun, jika makan garam terlalu banyak bikin tekanan darah naik. Lalu, bagaimana cara mengurangi makan garam?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Hipertensi, Health Centers November 15, 2019

Benarkah Sering Mendengar Suara Pesawat Bikin Tekanan Darah Naik?

Bukan hanya mengganggu telinga, suara bising pesawat katanya bisa membuat tekanan darah naik. Benarkah demikian? Simak penjelasan studi berikut ini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik Oktober 15, 2019

Direkomendasikan untuk Anda

Manfaat dan Jenis-jenis Senam untuk Penderita Hipertensi

Manfaat dan Jenis-jenis Senam untuk Penderita Hipertensi

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal tayang Mei 17, 2020
11 Pantangan Darah Tinggi yang Harus Anda Hindari

11 Pantangan Darah Tinggi yang Harus Anda Hindari

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Shylma Na'imah
Tanggal tayang Mei 14, 2020
5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri
Tanggal tayang Mei 4, 2020
Panduan Lengkap Mengukur Tekanan Darah Anak di Rumah

Panduan Lengkap Mengukur Tekanan Darah Anak di Rumah

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal tayang April 22, 2020