Tak Cuma Garam, Ketahui Berbagai Penyebab Hipertensi yang Paling Umum

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Hipertensi adalah kondisi saat tekanan darah Anda berada di atas batas normal, yaitu lebih dari atau sama dengan 140/90 mmHg. Bagi Anda yang mengalaminya, Anda tentu ingin tahu penyebab hipertensi, bukan? Ternyata, hal ini tergantung dari jenis hipertensinya, apakah termasuk hipertensi primer atau hipertensi sekunder. Yuk, kita kupas satu per satu.

Apa saja penyebab hipertensi primer?

batas maksimal makan garam

Kebanyakan orang dewasa dapat terkena hipertensi selama bertahun-tahun tanpa penyebab yang jelas. Hal ini disebut dengan hipertensi primer (esensial).

Walaupun penyebabnya belum diketahui secara pasti, gaya hidup yang tidak sehat diyakini menjadi penyebab hipertensi primer. Berbagai pola hidup tidak sehat tersebut di antaranya:

1. Asupan tinggi garam

Hati-hati, kebanyakan makan garam dapat meningkatkan tekanan darah, lho. Pasalnya, asupan garam berlebih dapat menarik cairan dari dalam tubuh sekaligus meningkatkan tekanan di pembuluh darah.

2. Merokok dan minum alkohol

Zat yang terkandung dalam rokok dan alkohol dapat membuat pembuluh darah jadi sempit. Akibatnya, aliran darah jadi terhambat dan memicu kenaikan tekanan darah.

3. Obesitas

Kelebihan berat badan alias obesitas dapat menekan seluruh organ tubuh, termasuk pembuluh darah. Karena pembuluh darah tergencet, aliran darah pun jadi terhambat.

Kondisi ini membuat jantung harus bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Alhasil, tekanan darah Anda jadi meningkat.

4. Stres

Stres memang menjadi salah satu penyebab hipertensi umum tapi kerap kali diabaikan.

Dikutip dari Livescience, sebuah penelitian yang diterbitkan pada Journal of the American Medical Association tahun 2003 mengungkapkan bahwa orang yang merasa tertekan dan diliputi stres cenderung memiliki tekanan darah tinggi. (Ingin terbebas dari stres? Baca juga cara unik menghilangkan stres ini)

Apa saja penyebab hipertensi sekunder?

gejala ginjal bermasalah

Untuk mengetahui penyebab hipertensi yang Anda alami, coba lihat lagi riwayat kesehatan Anda. Pasalnya, beberapa penyakit nyatanya dapat memicu tekanan darah tinggi.

Kondisi ini disebut dengan hipertensi sekunder. Jenis hipertensi ini umumnya muncul secara tiba-tiba dan membuat tekanan darah Anda melonjak tinggi daripada hipertensi primer.

Penyebabnya dapat berupa:

  • Obstructive sleep apnea
  • Gangguan ginjal
  • Tumor kelenjar adrenal
  • Penyakit tiroid
  • Cacat bawaan pada pembuluh darah
  • Obat-obatan tertentu, misalnya pil KB, obat demam, dekongestan, obat pereda nyeri yang dijual bebas, dan beberapa obat resep
  • Obat-obatan ilegal, seperti kokain dan amfetamin

Untuk memastikan penyebabnya, segera konsultasikan ke dokter. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari risiko terkena penyakit ini di masa mendatang.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca