6 Makanan yang Paling Sering Menyebabkan Anda Sembelit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 April 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Sembelit atau konstipasi membuat Anda jengkel karena buang air besar (BAB) jadi sulit. Selain itu, gejala sembelit lainnya seperti perut mulas dan begah juga semakin mengganggu aktivitas. Penyebab susah BAB sebetulnya beragam, tapi yang paling umum adalah pilihan makanan Anda sehari-hari. Lantas, makanan apa saja yang bisa jadi penyebab sembelit atau susah BAB? Yuk, lihat daftar makanannya berikut ini.

Daftar makanan penyebab sembelit yang membuat susah BAB

Sembelit terjadi karena adanya masalah pada fungsi usus, misalnya karena infeksi atau hal lain yang membuat pergerakan usus jadi melambat.

Gerak usus yang lambat membuat feses tidak dapat berjalan lancar sampai menuju anus. Semakin lama feses tertahan di usus besar, cairan di dalamnya akan diserap oleh tubuh sehingga tekstur akhirnya menjadi kering dan padat. Alhasil, feses jadi susah untuk dikeluarkan dan menyebabkan sembelit.

Nah, salah satu penyebab yang memperlambat gerak usus dan memicu gejala sembelit adalah asupan makanan rendah serat. Serat itu sendiri adalah sumber gizi yang paling dibutuhkan tubuh untuk melembutkan feses dan menjaga kelancaran gerak usus sehingga feses dapat keluar lebih mudah.

Maka apabila Anda kurang makan serat, gerakan usus akan jadi melambat sehingga feses pun akan mengering dan mengeras di dalam perut. Akhirnya terjadilah sembelit.

Agar tidak terkena atau tidak ingin gejala sembelit lebih memburuk, Ada harus membatasi atau menghindari makanan penyebab sembelit, seperti:

1. Cokelat

makan cokelat tiap hari

Cokelat merupakan makanan yang bisa Anda temukan dalam beragam olahan, mulai dari cokelat batangan, permen, hingga cake. Paduan rasa manis dan pahit dari cokelat ini memang disukai banyak orang. Sayangnya, cokelat menjadi salah satu makanan penyebab sembelit pada beberapa orang.

Hingga kini periset belum menemukan zat pada cokelat yang memicu sembelit. Akan tetapi, sebagian besar periset meyakini bahwa campuran susu pada makanan inilah yang jadi penyebab susah BAB.

Selain itu, periset juga berpendapat bahwa kandungan kafein pada cokelat sebagai biang keladinya. Kafein memiliki efek diuretik yang membuat seseorang jadi lebih sering buang air kecil.

Hal ini bisa mengurangi kadar air dalam tubuh sehingga membuat feses jadi lebih padat dan kering. Terlebih cokelat juga cenderung mengandung tinggi gula yang bisa mempengaruhi gerakan usus.

Selain berpotensi sebagai penyebab susah BAB, cokelat menjadi pantangan makanan untuk orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS). Beberapa cokelat mengandung lemak yang bisa memperlambat kontraksi otot peristaltik yang mendorong feses melewati usus.

2. Produk susu

berhenti minum susu

Selain cokelat, produk susu sangat sering jadi makanan penyebab sembelit.

Kemungkinan besar, orang yang mengalami sembelit karena produk susu memiliki intoleransi terhadap laktosa. Ya, susu sapi, kambing, atau domba mengandung laktosa—gula alami pada air susu hewan tersebut.

Orang dengan intoleransi laktosa, akan mengalami gejala sembelit setelah ia makan olahan dari susu. Dilansir dari situs Mayo Clinic, kondisi ini terjadi karena tubuh tidak memiliki enzim khusus yang bertugas untuk mencerna laktosa.

3. Daging merah

daging entok asam urat

Jangan aneh jika Anda mengalami sembelit setelah makan daging merah. Makanan ini dapat menjadi penyebab sembelit karena mengandung lemak yang tinggi.

Selain lemak yang sulit dicerna, alasan kenapa daging merah menjadi makanan penyebab susah BAB adalah kandungan zat besi yang tinggi dan serat protein yang keras. Semua efek ini dapat mengakibatkan feses keras dan sembelit.

4. Makanan yang mengandung gluten

sumber: Taste.com

Gluten adalah protein pada gandum, gandum hitam (rye), jelai (barley), dan serealia. Anda dapat dengan mudah menemukan gluten di banyak makanan, seperti roti, sereal, dan pasta.

Meski makanan ini terlihat aman-aman saja, beberapa orang bisa mengalami sembelit setelah mengonsumsinya. Makanan ini jadi penyebab sembelit utama pada orang dengan penyakit Celiac, intoleransi gluten, dan sindrom iritasi usus besar.

Munculnya sembelit ini merupakan gejala dari orang dengan penyakit tersebut setelah mereka mengonsumsi makanan bergluten.

5. Makanan cepat saji

makanan junk food bikin imun agresif

Jika Anda ingin hidup sehat, konsumsi makanan cepat saji harus dibatasi. Selain meningkatkan risiko hipertensi dan penyakit kronis, makanan ini ternyata bisa jadi penyebab sembelit.

Ini terjadi karena makanan cepat saji cenderung tinggi lemak tapi rendah serat. Kombinasi keduanya ini dapat memperlambat gerakan usus sehingga feses jadi susah dikeluarkan. Selain itu, makanan ini juga tinggi garam yang bisa menurunkan kadar air dalam feses.

Bila kadar garam dalam tubuh cukup tinggi, tubuh akan menggunakan lebih banyak air pada usus untuk menormalkan tekanan darah. Sayangnya, hal ini dapat menyebabkan feses kering, lebih padat, dan susah dikeluarkan.

6. Makanan dari olahan biji-bijian

makan nasi buka puasa

Biji-bijian yang diolah seperti nasi putih, roti putih, dan pasta putih lebih rendah serat ketimbang biji-bijian utuh. Padahal awalnya biji-bijian mengandung serat yang tinggi. Namun, proses pengolahan menjadi bahan makanan tertentu dapat menghilangkan serat tertentu.

Rendahnya serat pada makanan ini, bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sembelit. Bahkan, memperparah gejala sembelit yang sudah ada.

Makanan penyebab sembelit setiap orang itu berbeda

Makanan yang disebutkan di atas memang sering menyebabkan susah buang air besar. Akan tetapi, tidak semua orang yang makan makanan ini akan langsung sembelit.

Sembelit bisa terjadi jika makanan tersebut dikonsumsi secara berlebihan. Bisa juga dikombinasikan dengan penyebab lain, seperti jarang olahraga, kurang minum, atau punya kebiasaan menahan BAB.

Di samping itu, tidak semua orang merespons makanan tersebut dengan cara yang sama. Contohnya, Ina mudah sekali sembelit karena makan cokelat, tapi tidak dengan Roni. Jadi, ini bergantung dengan respons tubuh masing-masing.

Selain makanan di atas, ada juga makanan lain yang jadi penyebab sembelit. Ini sangat mungkin terjadi pada orang yang punya alergi terhadap jenis makanan tertentu.

National Health Service menyebutkan bahwa sembelit adalah reaksi alergi makanan non-IgE. Artinya, sistem imun tubuh yang merasa terancam dengan zat tertentu pada makanan tidak memproduksi antibodi, tapi memerintahkan sel T untuk melawan zat tersebut.

Contoh makanan yang menyebabkan sembelit pada orang yang alergi adalah makanan laut, telur, dan kacang-kacangan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hati-hati, Pelumas Seks Bisa Bikin Susah Hamil

Sedang mencoba hamil tapi belum berhasil juga? Hal ini kemungkinan disebabkan pelumas seks alias lubrikan yang membuat susah hamil.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesuburan, Kehamilan 9 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Bagaimana Cara Bayi Bernapas Saat Masih dalam Kandungan?

Pernapasan pertama yang bayi lakukan adalah saat bayi menangis ketika dilahirkan. Lalu bagaimana caranya bayi bernafas dalam kandungan?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Perkembangan Janin, Kehamilan, Hidup Sehat, Fakta Unik 1 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Bolehkah Ibu Menjalani Diet Saat Hamil?

Sebagai perempuan, Anda memiliki rasa kekhawatiran akan penampilan Anda meski saat hamil. Namun, bolehkah ibu menjalani diet saat hamil?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

Yang Harus Dilakukan Saat Kepala Bayi Terbentur

Kebanyakan kasus kepala bayi terbentur tidak bersifat fatal. Untuk membantu pemulihan dan menangani luka yang muncul di rumah, perhatikan panduan berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Parenting, Tips Parenting 18 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minum antidepresan saat hamil

Minum Antidepresan Saat Hamil, Boleh Atau Tidak?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit
korset perut setelah melahirkan

Perlukah Memakai Korset Perut Setelah Melahirkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 3 menit
perkembangan janin 14 minggu

Kapan Boleh Mencoba Hamil Lagi Setelah Keguguran?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kecemasan ibu hamil menjelang persalinan

Menghadapi 7 Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10 September 2020 . Waktu baca 5 menit