6 Gejala Asam Urat yang Tidak Umum dan Sering Diabaikan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Penderita penyakit asam urat sering kali mengalami nyeri, pembengkakan, kemerahan, dan sensasi hangat pada persendian. Namun, semua gejala ini merupakan tanda-tanda umum. Ada beberapa gejala lain dari penyakit asam urat yang tidak umum sehingga kerap diabaikan atau salah diartikan sebagai penyakit lain.

Penyakit asam urat atau gout adalah penyakit peradangan sendi akibat tingginya kadar asam urat dalam darah. Asam urat yang berlebih menumpuk pada sendi tertentu, lalu mengeras menjadi kristal dan memicu radang pada area tersebut. Jika tidak ditangani, gout dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sendi yang terdampak.

Gejala asam urat yang tidak umum

asam urat dan kolesterol

Penyakit asam urat memang tidak bisa disembuhkan, tetapi gejalanya dapat ditangani dengan baik asalkan Anda mendeteksinya dengan segera. Oleh sebab itu, orang-orang yang berisiko terkena asam urat perlu memahami berbagai gejalanya.

Selain tanda-tanda umum yang sering muncul, berikut beberapa gejala asam urat yang tidak biasa:

1. Gejala mirip flu

Peradangan akibat penyakit asam urat bisa terasa sangat parah walaupun hanya ada satu sendi yang terkena penyakit ini. Saking parahnya, peradangan juga dapat memicu demam tinggi, nyeri otot, serta keluhan lainnya yang mirip dengan gejala flu.

Kumpulan gejala tersebut mungkin juga akan membuat Anda merasa lemas atau tidak bersemangat saat menjalani aktivitas sehari-hari. Bedanya, Anda tidak akan mengalami batuk, hidung meler, ataupun sakit tenggorokan karena pemicunya bukanlah virus.

2. Terbentuk batu ginjal

Pembentukan batu ginjal juga dapat menjadi salah satu gejala penyakit asam urat yang tidak umum. Batu ginjal biasanya terbentuk dari kristal oksalat. Namun, pada penderita penyakit asam urat, batu ginjal terbentuk dari kristal asam urat yang menumpuk.

Melansir laman National Kidney Foundation, kondisi ini dikenal sebagai refractory gout yang merupakan komplikasi dari penyakit asam urat yang tidak ditangani. Orang yang mengalami kondisi ini memerlukan perawatan tambahan guna menjaga fungsi ginjal tetap normal.

3. Munculnya benjolan tophi pada bagian tubuh tertentu

Tophi adalah bongkahan kristal asam urat yang menumpuk pada persendian dan area tubuh lainnya sebagai dampak dari tingginya asam urat. Tophi dapat terbentuk pada jari kaki, lutut, siku, serta bagian tubuh yang tidak umum seperti tulang belakang dan kulit.

Bagian tubuh yang ditumbuhi tophi akan tampak membengkak. Pada kulit, tophi terlihat seperti benjolan putih atau kekuningan. Tophi umumnya tidak terasa nyeri kecuali jika terjadi peradangan. Bila ukurannya besar dan terasa sakit, tophi mungkin perlu diangkat melalui operasi.

4. Nyeri pada pergelangan tangan

penyebab nyeri pergelangan tangan

Penyakit asam urat jarang menyerang pergelangan tangan. Ini sebabnya nyeri pada pergelangan tangan termasuk sebagai gejala asam urat yang tidak umum. Jika area ini terasa nyeri, artinya penyakit asam urat sudah menyerang lebih dari satu sendi tubuh.

Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter bila mengalami gejala ini. Pasalnya, lebih sulit mendiagnosis penyakit asam urat jika gejalanya hanya muncul pada pergelangan tangan. Dokter dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan diagnosis dan penanganannya.

5. Nyeri pada persendian tulang duduk

Penyakit asam urat umumnya menyerang sendi jempol kaki, tapi kondisi ini juga bisa terjadi pada sendi lutut, jari-jari, dan yang lebih jarang lagi seperti tulang duduk. Disebut dengan sendi sakroiliaka, persendian ini menyambungkan tulang belakang bawah dengan tulang panggul.

Pembentukan gout pada sendi sakroiliaka ditandai dengan sakit punggung bawah atau sakit pinggang. Nyeri bisa muncul pada satu sisi maupun kedua sisi tulang panggul. Mengingat banyaknya penyebab sakit punggung, orang yang mengalami gejala ini perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosisnya.

6. Nyeri yang semakin parah pada tengah malam

Penderita penyakit asam urat memang kerap mengalami nyeri, tapi gejala nyeri pada tengah malam mungkin tidak umum bagi beberapa orang. Padahal, serangan gout lebih sering muncul malam hari, terutama dari tengah malam hingga pukul delapan pagi.

Belum ada penjelasan pasti tentang ini. Akan tetapi, penyebabnya mungkin berkaitan dengan menurunnya suhu tubuh dan hormon kortisol pada malam hari. Anda juga mengalami dehidrasi saat tidur. Ketiga faktor ini diduga meningkatkan pembentukan kristal asam urat pada malam hari.

Gejala penyakit asam urat biasanya berlangsung cepat, lalu membaik dalam hitungan hari atau minggu. Meski demikian, penyakit ini bisa menjadi kronis dan menyebabkan komplikasi parah bila tidak ditangani dengan baik.

Jika Anda termasuk orang yang berisiko terkena gout, waspadalah terhadap gejala umum seperti nyeri sendi maupun gejala yang tidak biasa. Konsultasikan gejala yang mencurigakan dengan dokter agar Anda bisa memastikan penyebabnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Jamkho

Jamkho adalah obat herbal yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol Anda. Cari tahu informasi lengkap mengenai obat ini di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 04/03/2019 . Waktu baca 7 menit

Kenapa, Ya, Asam Urat Saya Lebih Sering Kambuh di Malam Hari?

Anda mungkin sering terbangun di malam hari karena sendi terasa sakit akibat asam urat. Kenapa, ya, asam urat kambuh terus-menerus di malam hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Fakta Unik 29/12/2018 . Waktu baca 3 menit

4 Komplikasi Asam Urat yang Perlu Anda Waspadai

Asam urat Anda sering kambuh? Yuk, segera obati. Sebab jika tidak, hal ini bisa memicu komplikasi asam urat yang lebih berbahaya. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Fakta Unik 14/12/2018 . Waktu baca 3 menit

Orang Pengidap Sleep Apnea Berisiko Tinggi Kena Asam Urat (Apa Hubungannya?)

Bukan cuma bikin tidur tidak nyenyak, sleep apnea juga bisa menjadi penyebab asam urat. Risiko ini bahkan lebih tinggi pada orang-orang yang kurus. Kenapa?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik 19/10/2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ikan untuk asam urat

Jenis Ikan yang Boleh Dikonsumsi untuk Penderita Asam Urat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 28/02/2020 . Waktu baca 4 menit
tes kadar asam urat normal tinggi

Berapa Kadar Asam Urat yang Normal? Bagaimana Cara Tahunya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 23/02/2020 . Waktu baca 5 menit
pantangan asam urat

5 Pantangan yang Harus Dipatuhi Pengidap Asam Urat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22/02/2020 . Waktu baca 6 menit
daging entok asam urat

Benarkah Makan Daging Entok Sebabkan Asam Urat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 26/06/2019 . Waktu baca 3 menit