Perlukah Pakai Kacamata Renang Minus Saat Berenang?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Berenang mungkin bisa terasa sedikit sulit bagi orang-orang yang punya mata minus. Pasalnya, orang dengan penglihatan sehat dan normal sekali pun pandangannya akan tampak buram ketika di dalam air. Lantas, apa Anda benar-benar perlu pakai kacamata renang minus selama berenang?

Pakai kacamata renang minus, sebenarnya perlu tidak sih?

Pada mata yang normal, cahaya yang masuk harus tepat jatuh di lensa mata dan kornea agar gambar tersebut bisa difokuskan oleh retina. Orang-orang bermata normal bisa melihat dengan jelas ketika di daratan karena cahaya tidak terhalangi atau terganggu oleh elemen apa pun di sekitarnya.

Nah ketika di dalam air, pandangan yang normal sekali pun akan memburam karena lapisan optik kornea mata dan air memiliki tingkat kekeruhan yang hampir sama. Hal ini menyebabkan pembiasan cahaya tidak bisa terjadi, sehingga penglihatan akan buram ketika Anda sengaja membuka mata di bawah air.

Bagi Anda yang memiliki mata minus, pembiasan cahaya mata di daratan sudah tidak tepat sedari awal. Cahaya yang masuk justru jatuh di depan retina mata sehingga Anda tidak dapat melihat benda yang jaraknya jauh dengan jelas. Masalah penglihatan ini bisa dikoreksi dengan menggunakan kacamata minus.

Maka sama seperti ketika Anda memakai kacamata biasa untuk melihat segala sesuatunya di daratan dengan jelas, Anda perlu pakai kacamata renang minus jika ingin berenang. Prinsipnya pun mirip. Mata Anda bekerja baik untuk memproses gambar jika cahaya masuk ke mata tanpa halangan dari udara.

Ketika Anda menggunakan kacamata renang minus, Anda memiliki “pembatas” berupa udara di antara kornea dan kacamata. Jadi bahkan jika cahaya berasal dari bawah air, cahaya tersebut akan pertama kali melewati udara di sela-sela kacamata Anda dulu dan kemudian baru mencapai mata. Jadi, penglihatan Anda akan tampak persis seperti ketika berada di atas tanah dan bisa melihat dengan lebih baik.

Selain untuk membantu Anda melihat lebih jelas, memakai kacamata renang melindungi mata Anda dari risiko iritasi paparan klorin yang bisa membuat mata merah.

Apa tidak lebih baik pakai lensa kontak dan kacamata renang saja?

Tidak. Banyak orang yang memilih untuk memakai lensa kontak minus dan lalu pakai kacamata renang biasa saat berenang padahal ini tidak dianjurkan oleh Foods and Drugs Administration (FDA), badan pengawas obat dan makanan di Amerika.

Ketika air kolam renang masuk ke dalam kacamata, residunya bisa menempel di lapisan kontak lensa Anda sehingga bakteri dan kuman dari air tersebut dapat masuk menginfeksi mata Anda.

Jika Anda seseorang yang bermata minus dan cukup sering berenang, tidak ada salahnya untuk berinvestasi pada kacamata renang minus yang berkualitas baik. Kacamata renang kini sudah banyak dijual dalam berbagai pilihan desain dan fitur sesuai kebutuhan, termasuk kacamata renang dengan lensa minus.

berenang menurunkan berat badan

Tips memilih kacamata renang minus yang baik

Pada umumnya, kacamata renang minus dilengkapi lensa bundar siap pakai (dioptri) yang sama dengan lensa kacamata baca yang bisa ditemukan di toko optik. Idealnya, Anda juga harus mendapatkan resep dengan nilai yang sama dengan kacamata reguler Anda. Namun biasanya, skor minus  kacamata renang mungkin tidak setepat yang ada di kacamata baca atau lensa kontak.

Maka ketika berbelanja kacamata renang, pastikan Anda memberi tahu kondisi mata Anda dan berapa nilai minus kacamata Anda pada pramuniaga toko untuk dicarikan kacamata renang dengan kisaran skor minus yang paling mendekati. Kacamata renang minus banyak dijual dengan lensa ukuran  -1,5 hingga -10,0 dan memiliki kelipatan 0,5.

Setelah mendapatkan kacamata renang dengan lensa minus yang tepat, Anda juga perlu memahami ukuran dan cara pakainya yang benar. Kacamata yang terlalu longgar atau cara salah memasangnya akan membuat air mengalir masuk ke dalam ruang lensa. Hal ini tidak cuma mengganggu penglihatan Anda, juga berisiko menyebabkan iritasi.

Carilah desain kacamata yang sesuai dengan jenis dan bentuk wajah Anda. Kacamata renang dengan potongan hidung sempit biasanya ditujukan untuk anak-anak dan remaja untuk membantu menjaga bentuk dan posisi kacamata renang di mata stabil dan tidak berpindah.

Kemudian, teliti warna lensanya dan cari yang sesuai kebutuhan. Lensa kacamata renang yang berwarna sedikit gelap cocok untuk digunakan saat berenang siang-siang untuk melindungi mata Anda dari silau sinar matahari berlebih.

Terakhir, kacamata renang menawarkan tiga jenis tali. Ada tali tunggal, tali ganda, atau tali tunggal yang terpisah sesuai kebutuhan dan kenyamanan Anda saat memakainya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca