Bukan hanya rabun jauh alias minus, mata juga bisa mengalami silinder atau astigmatisma. Tidak semua orang menyadari jika matanya mengalami silinder. Orang yang mengalami silinder memiliki lengkungan mata yang kurang sempurna dan umumnya ini merupakan kondisi bawaan sejak lahir. Lantas bagaimana cara mengobati mata silinder ini?

Apa itu mata silinder?

Silinder adalah kondisi mata yang tidak bundar sempurna. Normalnya, kornea dan lensa mata harus memiliki lengkungan ke segala arah, supaya sinar dan cahaya bisa masuk dengan mudah.

Namun, jika kornea tidak mulus dan tidak merata ke semua sisi, maka mata tak akan bisa menangkap sinar dengan benar. Cahaya akan tersebar ke berbagai titik pada retina, sehingga mata akan ‘kebingungan’ untuk mengetahui dari mana cahaya berasal. Akhirnya, mata tidak mendapatkan bayangan yang jelas dan penglihatan kabur.

Mata silinder membuat lantai atau dinding jadi terlihat miring yang sebenarnya lurus. Salah satu gejala silinder ini penglihatan kabur dan sering merasakan mata lelah.

Bagaimana cara mengobati mata silinder?

mata minus dan silinder

Pada dasarnya, ada 3 cara mengobati mata silinder yaitu dengan menggunakan kacamata, lensa kontak dan juga operasi atau pembedahan. Bahkan kasus mata silinder yang sangat ringan bisa tidak memerlukan pengobatan apapun.

Pada kacamata untuk silinder, lensa kacamata akan didesain melengkung untuk menangkal penglihatan yang terlihat kabur.

Ada juga lensa kontak khusus untuk mata silinder yang disebut dengan toric. Dengan lensa ini cahaya dapat dibelokan dengan benar ke arah mata. Semakin parah mata silinder Anda, maka lensa yang dianjurkan adalah lensa berbentuk lebih kaku.

Akan tetapi, lensa kontak dan kacamata tidak akan menghilangkan silinder pada mata Anda secara permanen. Kedua alat ini hanya membantu kemampuan penglihatan Anda.

Untuk menghilangkan silinder, bagi beberapa orang, bedah mata mungkin dilakukan termasuk bedah refraktif. Pada bedah ini, akan digunakan laser untuk mengubah bentuk kornea mata agar lebih membulat dan rata.

Diskusikan dengan dokter mata Anda menangani prosedur bedah mata yang bisa dilakukan untuk mengobati silinder Anda.

Bagaimana caranya agar silinder ini tidak semakin memburuk?

Silinder tanpa operasi memang tidak akan sembuh. Meskipun begitu, kondisi silinder ini bisa dijaga agar tidak semakin parah. Tingginya stres pada mata atau tegangan pada mata adalah kondisi yang bisa memperburuk mata silinder.

Biasanya, mata yang tegang akan menimbulkan gejala silinder yang lebih parah, seperti, pandangan akan terasa lebih buram, merasa sakit kepala, dan harus menyipitkan mata ketika ingin memfokuskan mata. Hal-hal ini yang biasanya menimbulkan ketegangan pada mata:

  • Menggunakan komputer atau tv atau layar gadget dalam jangka waktu yang lama
  • Membaca dalam pencahayaan yang buruk
  • Tidak minum cukup air. Tubuh yang kurang terhidrasi akan mengurangi hidrasi mata juga
  • Mata yang kurang mendapatkan nutrisi

Maka itu, lakukanlah hal-hal ini untuk mencegah mata silinder Anda semakin parah:

  • Selalu berikan waktu pada mata untuk beristirahat, apalagi jika Anda bekerja di depan layar komputer. Lakukan dengan metode 20-20-20.
  • Jangan lupa untuk berkedip. Berkedip memang tidak mengurangi stres pada mata, tetapi ini bisa mencegah terjadinya mata kering.
  • Selalu sediakan pencahayaan yang terang. Pencahayaan yang buruk membuat mata untuk fokus harus semakin tegang. Gunakan lampu LED yang terang selama beraktivitas.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca