1. Definisi

Apa itu benda asing masuk mata?

Ini terjadi jika mata kelilipan atau kemasukan benda kecil mulai dari helai bulu mata dan kerak kotoran mata, hingga pasir, debu, butiran scrub wajah, dan partikel kecil lainnya yang bisa tertiup masuk ke dalam mata.

Apa saja tanda dan gejalanya?

Tanda-tanda umum mata kelilipan akibat benda asing adalah iritasi kemerahan, nyeri, dan keluarnya air mata. Mengucek mata dapat menyebabkan benda asing tersebut menggores kornea mata, selaput bening terluar pada mata.

2. Cara mengatasinya

Apa yang harus saya lakukan?

Pertolongan Pertama Pada Pecahan Kaca di Kelopak Mata Atas

Minta anak Anda menunduk dan menutup mata selagi Anda meniup matanya untuk melepaskan pecahan kaca yang menyangkut di kelopak mata. Pecahan kaca tertentu dapat dibuang dengan menempelkan isolasi pada kelopak mata, dan tarik perlahan. Bilas kelopak mata dengan air untuk meluruhkan sisa-sisa pecahan kaca. Tutup mata dengan kain lap basah dan segera pergi ke dokter. Jangan menggosok mata.

Pertolongan Pertama Pada Benda Asing Dalam Mata

Jika mata kelilipan dengan beragam benda asing (seperti debu atau pasir), bersihkan area sekitar mata dengan kain lap basah terlebih dahulu. Lalu, minta anak Anda terus berkedip perlahan berulang kali selagi ia merendam wajahnya dalam sebaskom air untuk meluruhkan partikel-partikel pasir yang menempel di mata. Jika anak Anda masih terlalu kecil untuk melakukan ini sendiri, Anda bisa baringkan miring anak Anda dan bilaslah mata yang kelilipan dengan segayung air hangat terus menerus selama 5 menit. Ingatkan anak Anda untuk selalu membuka matanya selama pembilasan dilakukan, atau minta bantuan orang lain untuk memegang anak Anda.

Pertolongan Pertama Pada Benda Asing di Pojokan Mata

Jika partikel asing menempel atau mengendap di pojok mata, gunakan lap basah, isolasi, atau cotton bud lembap untuk mengangkat benda asing tersebut.

Pertolongan Pertama Pada Benda Asing Dalam Kelopak Mata Bawah

Cubit pipi, atau tarik kelopak bawah, dengan perlahan sampai bagian kulit dalam kelopak bawah terlihat. Seka partikel asing keluar dari kelopak menggunakan cotton bud lembap. Jika tidak berhasil, cipratkan dengan air bersih selagi Anda menahan kelopak bawah agar tetap terbuka.

Pertolongan Pertama Pada Benda Asing Dalam Kelopak Mata Atas

Jika partikel tidak terlihat, benda ini mungkin menempel di dalam kelopak atas, tempat benda asing bersembunyi. Minta anak Anda terus berkedip perlahan berulang kali selagi ia merendam wajahnya dalam sebaskom air untuk meluruhkan partikel-partikel asing yang menempel dalam mata. Jika Anda memiliki obat tetes mata atau produk pencuci mata, Anda dapat menggunakan salah satunya. Jika tidak berhasil, tarik ke atas kelopak saat mata menutup. Dengan begitu, kelopak bawah akan dapat menarik partikel asing tersebut keluar dari dalam kelopak atas.

Kapan saya harus ke dokter?

Segera hubungi dokter, jika

  • Partikel asing tersebut menyangkut di bola mata (terutama kornea)
  • Keluar cairan atau perdarahan dari bola mata
  • Obyek mengenai mata dalam kecepatan tinggi (misalnya terpantul keluar dari pemotong rumput)
  • Obyek tajam mengenai mata
  • Pertolongan pertama yang Anda lakukan tidak berhasil mengelurkan partikel asing dalam mata dan sensasi gatal dan kesat tidak menghilang
  • Penglihatan tidak kembali normal setelah mata diistirahatkan selama kurang lebih satu jam
  • Obyek asing telah diangkat, tetapi iritasi dan kedipan berlangsung lebih dari dua jam

Selama menunggu di ruang tunggu dokter, tutupi mata dengan kain lap basah atau perban untuk meringankan rasa sakit. Jika pergerakan bola mata menyebabkan nyeri, tutup kedua mata.

3. Pencegahan

Melindungi mata adalah langkah terbaik. Kebanyakan cedera mata, terutama akibat lontaran benda asing dalam kecepatan tinggi yang dapat merobek bola mata, akan menyebabkan kehilangan daya penglihatan.

Selalu gunakan pelindung mata saat berada di lingkungan kerja yang berisiko tinggi akan debu-debu dari bongkahan besar atau melibatkan pekerjaan dengan kecepatan tinggi yang menyebabkan lontaran benda asing.

Tidak hanya melindungi bagian depan mata, pelindung mata yang baik harus pula melindungi bagian samping mata. Kacamata biasa tidak cukup kokoh sebagai pelindung mata saat berada di lingkungan kerja yang berisiko tinggi. Gunakan kacamata khusus (goggle) yang memiliki pelindung samping.

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca