Diare Bikin Susah Tidur? Raih Tidur Nyenyak Anda Dengan 5 Langkah Jitu Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Diare adalah salah satu masalah pencernaan yang umum dialami oleh semua orang. Bukan cuma bikin perut terasa sakit, banyak orang yang mengeluh jadi susah tidur saat terkena diare. Pasalnya, Anda jadi sering bolak-balik ke toilet karena tak tahan dengan perut mulas dan ingin BAB. Nah, supaya Anda bisa tidur dengan tenang, yuk coba tips tidur nyenyak berikut ini!

Tips tidur nyenyak dan berkualitas saat diare

Pada kebanyakan kasus, diare biasanya akan hilang sendiri dalam beberapa hari, meski tanpa minum obat diare sekalipun. Namun bagaimanapun, diare tetap saja mengganggu tidur setiap malam.

Hal ini disampaikan oleh Stephen Bickston, MD, selaku dosen kedokteran sekaligus direktur program penyakit iritasi usus kronis (IBD) dari Virginia Commonwealth University Health Center, kepada Everyday Health. Menurutnya, diare yang berkepanjangan harus segera mendapatkan perawatan khusus. Sebab jika tidak, hal ini tak hanya sekadar merusak jam tidur Anda, tapi juga memicu penyakit lain yang lebih serius.

Nah, supaya ini tidak terjadi pada Anda, yuk, ikuti tips tidur nyenyak saat diare berikut ini.

1. Tenangkan pikiran

latihan pernapasan

Tips tidur nyenyak yang satu ini paling sering diabaikan oleh banyak orang, atau mungkin juga Anda. Pertanyaan yang mungkin muncul di benak Anda adalah memangnya kenapa harus menenangkan pikiran kalau sedang diare?

Perlu diketahui bahwa stres bisa bikin diare Anda jadi makin parah, lho. Sebab, semua aktivitas di dalam tubuh Anda mengalami peningkatan saat stres. Mulai dari jantung berdebar-debar, napas ngos-ngosan, otot tegang, hingga kontraksi usus yang kian cepat.

Tanpa disadari, peningkatan aktivitas usus ini bisa memperparah gejala diare. Semakin Anda stres, gejala diare bisa semakin memburuk dan Anda pun jadi sulit tidur.

Maka itu, coba tenangkan pikiran Anda dulu sebelum tidur. Coba pejamkan mata sejenak, lalu tarik napas dalam-dalam dan buang perlahan. Ulangi beberapa kali sampai Anda merasa jauh lebih tenang.

2. Banyak minum air putih

minum air putih sebelum tidur

Ketika diare, BAB yang terus-menerus menyebabkan tubuh Anda kehilangan banyak cairan dan elektrolit. Hal ini memicu berbagai gejala dehidrasi seperti sering haus, sakit kepala, mual, sampai membuat Anda jadi susah tidur.

Sebagai solusinya, perbanyaklah minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Bisa juga ditambah dengan minum oralit (larutan garam dan gula) atau jus buah untuk mengembalikan elektrolit yang hilang karena diare.

3. Makan makanan yang lunak

Serba-serbi Diet Pisang

Tips tidur nyenyak berikutnya adalah perhatikan jenis makanan yang Anda makan sebelum tidur. Supaya pergerakan usus Anda kembali normal, pilihlah makanan yang semipadat atau lunak seperti pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang. Pola makan ini disebut dengan diet BRAT.

Selama ini, masih banyak orang yang mengira bahwa makanan tinggi serat bisa membantu mengatasi diare. Padahal yang terjadi justru sebaliknya.

Serat memang baik bagi tubuh karena bisa memperlancar pencernaan. Akan tetapi jika dikonsumsi saat diare, makanan berserat tinggi seperti sayuran atau gandum utuh bisa sangat sulit dicerna dan memperparah diare.

4. Pilih makanan yang mengandung probiotik

probiotik makan yogurt

Probiotik sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan, terutama bagi Anda yang sedang diare. Bakteri baik yang terkandung dalam probiotik dapat membantu melawan kuman dalam saluran pencernaan Anda. Alhasil, gejala diare jadi lebih ringan dan bahkan cepat sembuh.

Untuk mengatasi diare, cobalah makan makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt atau keju, beberapa jam sebelum tidur. Dijamin, tidur Anda malam ini tak akan lagi terganggu dengan hasrat bolak-balik ingin BAB.

5. Minum obat diare sebelum tidur

obat diare

Tips tidur nyenyak yang paling utama adalah jangan lupa minum obat diare sebelum tidur. Sekarang ini sudah banyak obat diare yang bisa Anda beli di apotek, di antaranya loperamide (Imodium®), bismuth subsalicylate (Pepto-Bismol®), atau attapulgite (Kaopectate®).

Obat-obatan tersebut bekerja dengan cara memperlambat gerak usus supaya feses jadi lebih padat. Sakit perut akibat diare juga akan berangsur-angsur pulih dan Anda pun bisa tidur dengan nyenyak setelahnya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca