Tips Menjaga Gula Darah Tetap Stabil Saat Liburan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Liburan merupakan waktunya Anda untuk bersenang-senang, menikmati waktu Anda dan melakukan berbagai hal yang Anda suka. Tapi, jangan lupa untuk menjaga asupan makan Anda agar gula darah tetap stabil, terutama bagi Anda yang punya penyakit diabetes. Jangan sampai liburan malah membuat kadar gula darah Anda tidak terkontrol. Apa saja yang bisa dilakukan agar kadar gula darah tetap stabil saat liburan?

Apa saja yang bisa memicu gula darah naik?

Sebelum membahas apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga gula darah tetap stabil, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja yang dapat memicu gula darah naik. Dengan begitu, Anda bisa lebih hati-hati.

Beberapa hal yang dapat memicu gula darah naik adalah:

  • Makanan manis
  • Suka melewatkan waktu makan
  • Stres
  • Kurang aktif bergerak
  • Porsi makan berlebihan
  • Banyak konsumsi makanan berlemak
  • Dehidrasi

Bagaimana cara menjaga agar gula darah tetap stabil?

Liburan bukan menjadi alasan Anda untuk tidak mengontrol kadar gula darah. Walaupun mungkin ada banyak kegiatan yang ingin Anda lakukan saat liburan, tapi Anda tetap harus menjaga gula darah tetap stabil. Ini hanya butuh kedisiplinan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga gula darah tetap stabil saat liburan adalah:

1. Atur waktu makan Anda

Awali hari Anda dengan sarapan, ini merupakan awal mula yang baik untuk menyediakan energi bagi tubuh Anda. Jangan sekali-kali Anda melewatkan waktu makan. Waktu makan yang tetap terjaga selama liburan membantu tubuh menjaga kadar gula darah. Melewatkan waktu makan hanya akan membuat Anda makan berlebihan pada waktu makan selanjutnya, sehingga memicu gula darah naik dengan cepat. Selain waktu makan utama sebanyak tiga yang tidak boleh Anda lewatkan, waktu makan selingan di antara waktu makan utama juga penting.

2. Pilih makanan dengan pintar

Anda juga harus memilih makanan Anda dengan bijak. Jangan karena liburan, Anda beranggapan bisa memakan semua makanan yang Anda mau. Ingat gula darah Anda! Tetap kontrol asupan karbohidrat Anda, terutama makanan manis. Hindari makanan atau minuman yang menyimpan gula tersembunyi, seperti kue, buah kaleng, biskuit, minuman soda, sirup, dan lainnya.

Tetap perbanyak konsumsi serat dari sayuran dan buah-buahan. Kedua kelompok makanan ini dapat membantu Anda menjaga kadar gula darah. Buah juga bisa Anda jadikan sebagai makanan selingan. Pilih juga makanan sumber protein yang rendah lemak, seperti ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan. Ketika Anda sangat menginginkan makanan khas di tempat Anda berlibur, usahakan untuk tetap memilih makanan dengan kandungan nutrisi yang seimbang

3. Jangan lupa, cek kadar gula darah

Bagi Anda yang menggunakan insulin atau obat-obatan penurun gula darah, cek gula darah secara rutin sangat penting dilakukan. Ini dapat membantu Anda mengawasi kadar gula darah selama liburan, sehingga Anda bisa merencanakan hal apa yang bisa Anda lakukan selanjutnya. Jika perlu, bawalah alat tes gula darah bersama Anda ke mana pun.

4. Jaga agar tubuh tetap aktif

Walaupun sedang liburan, tapi jangan lupa untuk tetap olahraga. Olahraga merupakan salah satu hal yang dapat membantu tubuh dalam menjaga kadar gula darah. Jadikanlah diri Anda tetap aktif selama liburan, jangan hanya bersantai di rumah. Lagipula, Anda juga tidak ingin berat badan bertambah saat liburan, bukan? Setidaknya gunakan waktu Anda selama 30 menit setiap hari untuk berolahraga atau dapat diakali dengan berjalan kaki tiap kali mengunjungi tempat wisata, tidak menggunakan kendaraan

5. Tidur yang cukup

Nah, biasanya saat liburan waktu tidur menjadi berantakan, bisa kebanyakan atau malah kurang. Padahal, tidur juga bisa berpengaruh pada kadar gula darah Anda. Kurang tidur dapat membuat tubuh mengeluarkan hormon stres, yang kemudian dapat mengganggu kerja tubuh dalam menjaga gula darah. Untuk itu, cukupilah waktu tidur Anda selama 7-8 jam selama liburan.

6. Minum yang cukup

Dehidrasi merupakan salah satu faktor yang dapat memicu gula darah naik. Oleh karena itu, jangan sampai Anda kurang minum selama liburan. Jika perlu, bawa botol minum ke mana pun saat Anda pergi berlibur.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

Hamaty, M. (2014). 10 Holiday Survival Tips If You Have Diabetes. [online] Health Essentials from Cleveland Clinic. Available at: https://health.clevelandclinic.org/2014/12/10-holiday-survival-tips-if-you-have-diabetes-2/ [Accessed 26 Jul. 2017].

Smith, M. (2013). Managing Diabetes during the Holidays (Nutrition, Diet, and Health). [online] Available at: http://extension.psu.edu/health/news/2013/managing-diabetes-during-the-holidays [Accessed 26 Jul. 2017].

Geer, K. K. (2015). 11 Everyday Things That Spike Blood Sugar. [online] Available at: http://www.everydayhealth.com/hs/type-2-diabetes-care/everyday-things-spike-blood-sugar-pictures/ [Accessed 26 Jul. 2017].

Sakimura, Johannah. 10 Surprising Causes of Blood Sugar Swings. [online] EverydayHealth.com. Available at: http://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/symptoms/surprising-causes-of-blood-sugar-swings/ [Accessed 26 Jul. 2017].

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Neuropati pada Diabetesi Bisa Disembuhkan?

Meski belum ada pengobatan untuk menyembuhkan neuropati diabetik, pengidap diabetes dapat meringankan gejala dan menghambatnya menjadi lebih parah.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Pemanis Buatan dan Karbohidrat Ternyata Memengaruhi Sensitivitas Insulin

Ternyata perpaduan pemanis buatan dan karbohidrat dapat menjadi pengaruhi tingkat sensitivitas insulin seseorang. Seperti apa penjelasannya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Bagaimana Strip Test Gula Darah Bisa Mengetahui Kadar Gula Kita?

Penderita diabetes pasti sudah tidak asing dengan alat tes gula darah. Namun, tahukan Anda bagaimana sebuah strip bisa memberikan informasi sepenting itu?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Rena Widyawinata

3 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Meski Didiagnosis Prediabetes

Mengurangi makanan manis untuk prediabetes memang merupakan suatu keharusan. Namun, bukan berarti Anda selamanya tidak boleh mengonsumsi makanan manis, lho.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Direkomendasikan untuk Anda

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020
6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020
Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020
Panduan Makan untuk Orang yang Punya Riwayat Diabetes

Panduan Makan untuk Orang yang Punya Riwayat Diabetes

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020