Banyak orang yang telah menyadari kalau konsumsi gula berlebih akan berdampak buruk bagi kesehatannya. Maka dari itu, sebagian besar dari mereka telah megganti posisi gula dengan pemanis buatan.

Tapi, tahukah Anda bahwa ada pemanis alami, namun tidak membahayakan kesehatan seperti gula? Ya, pengganti gula yang alami tersebut adalah stevia.  Katanya, stevia lebih baik ketimbang gula, apakah benar? Lalu, apa saja kelebihan dari stevia dari gula biasa?

Apa itu stevia? Apa saja keunggulannya ketimbang dengan gula?

Sebenarnya, sama seperti gula biasa, stevia adalah pemanis alami yang diambil dari ekstrak daun stevia. Ya, pemanis ini bukan pemanis buatan seperti aspartam atau sakarin. Karena berasal dari bahan alami, pemanis ini dianggap bisa jadi pilihan yang tepat untuk menggantikan gula.

Stevia hadir dengan rasa manis yang lebih kuat, yaitu sekitar 100-300 lebih manis ketimbang gula biasa. Tetapi, pemanis ini memiliki kandungan nol kalori dan sedikit karbohidrat.  Tertarik menggunakan stevia ketimbang gula? Ketahui dulu berbagai keunggulan stevia dibandingkan gula yang telah dibuktikan dalam jurnal ilmiah, seperti berikut:

daun stevia

1. Pemanis yang tepat untuk diabetes

Tentu, gula dan makanan manis adalah musuh terbesar bagi penderita diabetes. Namun, kali ini Anda yang menderita diabetes bisa kok merasakan kembali semua rasa manis itu dari pemanis stevia. Ya, pemanis ini memang dianggap lebih aman untuk penderita diabetes, karena tidak membuat kadar gula darahnya melonjak.

Disebutkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, kalau stevia aman untuk digunakan para penderita diabetes. Dalam studi tersebut diketahui jika gula darah lebih stabil dan terkendali pada penderita diabetes yang menggunakan stevia, ketimbang dengan gula atau pemanis buatan lainnya.

2. Tidak bikin berat badan naik

Berat badan berlebihan sebenarnya disebabkan karena Anda mengonsumsi makanan dengan kalori yang tinggi, seperti gula yang mengandung kalori cukup tinggi. Jadi, tidak heran kalau Anda suka makanan atau minuman manis, kemudian timbangan berat badan Anda melonjak.

Sementara, pemanis dari daun ini memiliki nol kalori, sehingga aman bagi Anda yang sedang menjaga berat badan tapi ingin mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Jadi, ketika pemanis ini Anda konsumsi, maka sebenarnya tubuh tidak bisa memecahnya menjadi karbohidrat yang bisa diserap tubuh. Sehingga, tidak ada zat apapun yang diserap tubuh dari pemanis ini, termasuk karbohidrat, dan tentu tak memberikan efek apapun pada gula darah serta berat badan.  

3. Baik untuk tekanan darah

Tak hanya bisa menjadi alternatif untuk mengendalikan gula darah, pemanis alami jenis ini juga baik bagi tekanan darah Anda. Telah banyak penelitian yang membuktikan kalau pemanis alami tersebut dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Hal ini disebutkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Therapeutics, yang dilakukan selama 2 tahun. Dalam studi ini, terbukti kalau pemanis yang berasal dari daun ini mampu membantu penderita darah tinggi menurunkan hipertensinya.

4. Aman bagi anak-anak

Kasus obesitas pada anak kebanyakan disebabkan karena tidak terkontrolnya makanan mereka. Anak-anak rata-rata menyukai makanan manis, dan hal ini yang menjadi salah satu faktor mengapa berat badannya terus meningkat. Jika dibiarkan, maka anak yang obesitas memiliki peluang lebih tinggi untuk terserang penyakit kronis di usia dewasa.

Untuk mencegah hal tersebut, pemanis alami seperti stevia anak-anak dibutuhkan sebagai pengganti gula. Selain itu, badan kesehatan dunia seperti World Health Organization, Food & Drug Administration (FDA), serta Food and Griculture Organization of United Nations (UN), telah mengakui bahwa pemanis jenis ini aman untuk dikonsumsi semua kalangan, termasuk anak-anak, ibu hamil, serta ibu menyusui.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca