Alfa-glukosidase merupakan salah satu enzim yang memecah karbohidrat menjadi partikel gula lebih kecil yang disebut glukosa, dan kemudian akan diserap oleh organ dan digunakan sebagai energi. Inhibitor Alfa-glukosidase (AGI) kadang dikenal sebagai penghambat pati yang merupakan obat anti-diabetes untuk mengurangi kadar gula darah setelah makan.

Tidak seperti kebanyakan jenis obat diabetes lainnya, alfa-glukosidase tidak memberikan efek langsung pada sekresi atau sensitivitas insulin. Sebaliknya, obat ini memperlambat pemecahan karbohidrat yang terdapat dalam makanan bertepung.

Inhibitor alfa-glukosidase tergolong ke dalam acarbose dan miglitol.

Bagaimana cara kerja inhibitor alpha-glukosidase?

Inhibitor alfa-glukosidase bekerja secara kompetitif dan reversibel dalam menghambat alfa-glukosidase, enzim usus. Ini akan memperlambat pencernaan karbohidrat serta menunda penyerapan glukosa yang juga memperlambat mengurangi peningkatan dalam kadar glukosa darah setelah makan secara efektif sepanjang hari. Penelitian menunjukkan bahwa inhibitor alfa-glukosidase dapat mengurangi hemoglobin A1C sebesar 0,5% ke 0,8%, yakni sebuah tes untuk mengetahui serta mengontrol kadar glukosa darah.

Bagaimana cara menggunakan inhibitor alfa-glukosidase?

Obat ini diminum pada suapan pertama makanan. Biasanya diminum sebanyak 3 kali sehari. Obat ini tidak membuat pankreas memproduksi lebih banyak insulin dan tidak akan menyebabkan gula darah rendah (hipoglikemia), kecuali bila Anda meminum inhibitor alfa-glukosidase bersama obat diabetes lainnya atau dengan insulin.

Apa efek samping yang timbul dari penggunaan inhibitor alfa-glukosidase?

Segera hubungi 112 atau layanan darurat lainnya jika Anda mengalami:

  • Kesulitan bernafas
  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan

Hubungi dokter jika Anda mengalami:

  • Gatal-gatal
  • Mata menguning
  • Kulit menjadi kuning

Efek samping umum akibat penggunaan obat ini antara lain:

  • Kentut
  • Merasa kembung
  • Sakit perut
  • Diare

Meski demikian, efek samping di atas akan berkurang perlahan-lahan seiring penyesuaian tubuh Anda terhadap pengobatan.

Yang harus Anda perhatikan

Obat ini tidak menyebabkan gula darah rendah atau berat badan bertambah. Akan tetapi, apabila Anda tidak makan atau berolahraga, minum alkohol, atau menggunakan obat lain yang menyebabkan gula darah rendah, mungkin saja Anda akan mengalami gula darah rendah. Ketika menggunakan obat ini, gula darah rendah dapat diobati dengan memakan makanan yang mengandung gula yang cepat dicerna, kecuali gula meja atau minuman soda, karena gula tersebut tidak akan berhasil.

Jika Anda banyak mengeluarkan kentut ketika menggunakan obat ini, sebaiknya Anda mengurangi dosis obat dan menambahkannya sedikit demi sedikit. Diet rendah karbohidrat juga bisa membantu. Anda tidak bisa menggunakan obat ini, jika Anda memiliki masalah dengan sistem pencernaan.

Yang juga perlu Anda baca