Anak dengan penyakit diabetes tipe 1 perlu mendapat suntikan insulin dan tes darah, namun ini juga menjadi rintangan bagi para orangtua.

Tim medis anak Anda akan menolong Anda belajar bagaimana menanggulangi diabetes sekaligus mengurangi kekhawatiran terhadap suntikan-suntikan dan tes darah. Dokter juga akan memberi tahu Anda teknologi yang digunakan untuk mengecek darah anak Anda dan obat-obatan yang menawarkan manfaat yang lebih baik.

Bersama-sama, Anda dan tim perawat diabetes bisa mendapatkan solusi terbaik.

Biarkan anak mengeluarkan emosinya

Ketika usia anak Anda sangatlah muda, tes darah dan suntikan sangatlah sulit untuk dilakukan. Orangtua diharuskan menggunakan paksaan dalam hal menangani diabetes, yang berupa pemeriksaan reguler dan pemberian suntikan bagi anak yang menangis, menolak, dan marah.

Belajar bagaimana menangani diabetes adalah sebuah proses. Bahkan jika anak Anda sudah terbiasa dengan tes darah dan suntikan untuk sementara waktu, ketakutan baru akan timbul, atau masalah emosi lain mungkin akan muncul, yang membuat tes atau suntik terasa sulit.

Untuk membantu menjaga emosi tentang diabetes, termasuk amarah, frustasi, dan ketakutan tentang tes dan suntikan, beri tahu anak Anda agar tidak takut bila mereka tidak suka disuntik atau diperiksa. Berbicaralah secara terbuka tentang rasa takut ini. Anak-anak harus mengekspresikan perasaan termasuk rasa frustrasinya dan beri tahu mereka bahwa mereka diperbolehkan untuk marah.

Anda juga dapat membantu menjelaskan kepada mereka betapa pentingnya suntikan dan pemeriksaan darah. Misalnya, Anda bisa menjelaskan bahwa suntikan dan pemeriksaan darah membantu mereka agar mereka bisa merasa sehat sepanjang hari – dan tidak mendapatkan suntikan atau pemeriksaan darah berarti mereka harus tinggal di rumah sakit dan bolos sekolah, sekaligus tidak bisa melakukan aktivitas menyenangkan lainnya karena masalah diabetes yang mereka alami.

Perlakukanlah pemeriksaan dan suntikan seperti aktivitas harian lainnya yang normal. Banyak anak lebih suka memiliki rasa kemandirian untuk mengontrol diabetes. Dibandingkan dengan merasa diperlakukan sebagai ‘korban’ dari pemeriksaan dan suntikan, mereka akan lebih bertanggungjawab terhadap kesehatan mereka jika dikondisikan seolah-olah tes darah dan suntikan tersebut memang adalah tugasnya.

Biarkan anak Anda untuk memilih jarum, membaca hasil tes glukosa dengan lantang, memilih titik atau jari untuk disuntik, atau menekan alat pemeriksaan. Biarkanlah anak Anda mengontrol sejalan dengan usianya jika ia diizinkan. Biasanya, anak-anak sudah siap untuk menerima pemeriksaan dan suntikan ketika diri mereka sendiri merasa siap dengan sendirinya (meskipun orangtua harus terus mengawasi).

Jika anak Anda menentang atau menangis, Anda mungkin saja luluh untuk melewatkan pemeriksaan atau suntikan sekali saja. Namun, sebenarnya pemeriksaan darah maupun suntikan bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan. Keduanya harus dilakukan dan ini bukan pilihan. Sekali saja Anda melakukannya, anak akan terus berharap ini terjadi lagi..

Terkadang, satu-satunya pilihan adalah Anda harus melakukan suntik atau pemeriksaan secara paksa, bahkan jika anak Anda marah dan tidak mau bekerjasama. Setelahnya, Anda mungkin bisa menghadiahinya dengan sesuatu yang seru, misalnya bermain game, membacakan dongeng, ataupun mengobrol dan bertanya kepada anak Anda mengapa dia begitu khawatir dan marah.

Jika anak Anda takut terhadap suntikan dan setiap sesi suntikan dianggap sebagai sebuah perjuangan, dokter atau penasihat kesehatan sangat bisa membantu Anda menanganinya.

Membuat suntikan dan pemeriksaan darah jadi lebih mudah

Tips umum di bawah ini dapat membantu Anda membuat pemeriksaan dan suntikan terasa lebih mudah:

  • Bersiaplah. Persiapkan insulin dan alat-alat pemeriksaan lain dari sebelumnya, jauh dari pandangan anak Anda, untuk mengurangi waktu yang akan Anda habiskan selama prosedur berlangsung.
  • Buatlah waktunya sesingkat mungkin.  Cobalah untuk menjaga waktunya agar tetap singkat, rileks, dan nyaman sebisa mungkin.
  • Buatlah suntikan di area yang beragam. Jangan menyuntik di area yang sama selama berulang-ulang.
  • Usahakan melakukannya saat jam makan. Untuk bayi, memberikan suntikan atau pemeriksaan darah selama menyusui dapat membantu untuk mengurangi rasa tidak nyaman.
  • Gunakanlah insulin dengan suhu kamar dan tunggu hingga alkohol dari kainnya mengering sebelum Anda memberikan suntikan untuk mengurangi rasa tidak nyaman.
  • Cobalah es.  Gosoklah titik suntik dengan es batu yang dibungkus plastik atau kain untuk membuat kulit mati rasa sebelum memberikan suntikan. Hal ini tidak diwajibkan, tetapi bisa membantu anak Anda untuk merasa lebih baik.
  • Carilah pengalih perhatian. Anak Anda mungkin merasa lebih nyaman dan tidak terlalu stres jika mereka bersiul, berhitung, bernyanyi, memeluk mainan, atau memikirkan sesuatu yang menyenangkan ketika mereka disuntik.
  • Buatlah tangannya memegang sesuatu.  Anak Anda mungkin merasa lebih rileks dengan boneka yang spesial yang bisa digenggam selama disuntik atau pemeriksaan darah.
  • Tawarkanlah hadiah. Jangan gunakan makanan atau camilan sebagai hadiah. Anda mungkin bisa memberikan stiker atau hadiah kecil lainnya agar mereka mau bekerjasama. Anak Anda bisa menambahkan stiker pada papan setelah disuntik atau diperiksa darahnya.
  • Pujilah anak Anda jika mereka berlaku baik saat disuntik/dites. Tetapi jangan membuat mereka sedih ketika mereka tidak bisa diajak bekerjasama.
  • Berilah pelukan. Anda bisa juga bermain game atau membaca buku yang dipilihkan anak Anda setelah suntikan atau pemeriksaan darah.
  • Dapatkanlah seseorang untuk dimintai bantuan. Ketika anak Anda menolak untuk disuntik atau diperiksa darahnya, Anda bisa meminta bantuan dari penasihat atau komunitas pendukung. Mendengar tentang pentingnya suntikan dan pemeriksaan darah dari orangtua lain atau ahli kesehatan bisa saja membantu anak untuk tak lagi merengek.
  • Carilah dukungan. Berbicara pada orangtua yang anaknya juga mengidap diabetes- entah itu komunitas pendukung, seseorang yang bisa Anda temui, atau diskusi di internet – tentang metode terbaik yang bagus untuk mereka bisa membantu Anda mencari strategi baru tentang bagaimana membuat suntikan dan pemeriksaan darah jadi lebih mudah. Anda juga bisa mencari orang lain untuk membicarakan stres yang Anda hadapi ketika Anda merawat diabetes anak Anda.
Yang juga perlu Anda baca