Bagi Anda yang sering mengalami gangguan kesehatan mulut, hati-hati mungkin saja Anda sebenarnya mengalami diabetes. Ya, beberapa ahli menyatakan bahwa masalah mulut bisa jadi gejala awal diabetes.

Masalah mulut bisa jadi tanda dan gejala awal diabetes

Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa seseorang yang mengalami diabetes lebih rentan terkena penyakit periodontal, seperti penyakit gusi dan gigi berlubang. Namun jika pernyataan ini dibalik, apakah ada kaitannya juga? Apakah memiliki masalah mulut bisa menyebabkan diabetes?

Jawabannya adalah ya. Kesehatan mulut dan risiko diabetes bisa saling menjadi faktor sebab dan akibat. Dilansir dari Endocrine Society, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa kesehatan mulut yang buruk dapat meningkatkan risiko diabetes.

Menurut Raynald Samoa, M.D., seorang asisten profesor dari Departemen Diabetes, Endokrinologi, dan Metabolisme di City of Hope National Medical Center, pemeriksaan gigi dapat menjadi salah satu cara untuk menentukan apakah seseorang terkena diabetes atau tidak. Bersama dengan Samoa, para peneliti menemukan bahwa masalah gigi copot bisa saja menandakan adanya gangguan pada sistem pengaturan gula darah Anda.

Pada penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Dental Research tahun 2011, dokter gigi telah berhasil mendeteksi 73 persen kasus diabetes melalui pemeriksaan gigi dengan melihat jumlah gigi copot dan keparahan gusi. Artinya, masalah gigi dan mulut sudah bisa diamati sebelum seseorang mulai terkena diabetes.

Lantas, gangguan mulut bisa jadi tanda dan gejala awal diabetes?

Mulut adalah pintu utama masuknya makanan ke dalam tubuh. Mulut menjadi lingkungan yang sempurna bagi bakteri untuk berkembang biak. Jika terus dibiarkan, hal ini akan memicu masalah gigi dan mulut.

Pada orang yang sehat, sistem kekebalan tubuh akan mudah melawan bakteri di mulut. Namun pada orang yang terkena diabetes, tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

Pasalnya, kondisi gula darah yang tidak stabil dapat menurunkan respon sistem kekebalan sehingga perlawanan terhadap infeksi menjadi tidak maksimal. Akibatnya, pertumbuhan bakteri menjadi lebih pesat dan menyebabkan infeksi gusi. Maka itu, mengalami gangguan mulut tertentu bisa jadi alat pendeteksi pertama dari penyakit diabetes.

Orang yang memang terkena diabetes, bahkan bisa mengalami masalah gusi yang cukup serius. Pasalnya kadar gula darah yang meningkat membuat bakteri-bakteri mendapatkan lebih banyak makanan.

Maka itu, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan gigi secara rutin supaya kesehatan mulut bisa terus terpantau.

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut?

Langkah utama yang harus Anda lakukan tentunya dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut, yaitu menggosok gigi secara rutin dan periksa gigi setiap enam bulan sekali.

Tidak hanya sekadar mencegah perkembangan bakteri-bakteri yang bersarang di mulut, hal ini juga dapat membantu Anda mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh dari lonjakan.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin untuk melihat apakah ada kemungkinan Anda mengidap diabetes atau tidak. Ini juga berguna untuk mencegah perkembangan masalah gigi dan mulut.

Bila Anda telanjur mengidap diabetes, segera beri tahu dokter gigi Anda untuk mendapatkan obat diabetes yang tepat guna mengendalikan kadar gula darah Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca