Makanan yang Harus Dihindari Jika Anda Menderita Diabetes

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update Mei 11, 2020
Bagikan sekarang

Diabetes adalah kondisi yang membuat kadar gula darah dalam tubuh tinggi. Kadar gula darah tinggi umumnya lebih sering dipengaruhi makanan yang dimakan orang diabetes. Lalu, apa saja makanan diabetes yang harus dihindari? Adakah cara untuk menjaga pola makan diabetes?

Pantangan makanan diabetes

Diabetes jika tidak dikendalikan, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke dengan mempercepat perkembangan penyumbatan dan pengerasan arteri. Ada beberapa jenis makanan dan sumber makanan yang bisa bikin komplikasi diabetes makin cepat terjadi. Makanan yang mengandung hal berikut dapat semakin meningkatkan risiko tersebut:

1. Lemak jenuh.

Produk susu dengan lemak yang tinggi dan protein hewani seperti daging sapi, sosis, hot dog, bacon mengandung lemak jenuh. Konsumsilah hanya maksimal 7% lemak jenuh dari total kalori harian Anda atau maksimal 1 minggu dalam sekali makan makanan tersebut..

2. Lemak trans

Lemak trans adalah salah satu pantangan makanan diabetes yang banyak ditemukan dari snack kemasan, makanan yang dipanggang, dan margarin. Bagi Anda yang menderita diabetes, lebih baik hindari makanan tersebut mulai dari sekarang.

3. Kolesterol

Sumber kolesterol seperti produk susu tinggi lemak dan protein hewani tinggi lemak seperti kuning telur, kerang, hati, dan jeroan adalah pantangan makanan diabetes yang wajib dihindari.

Pasalnya, orang diabetes yang punya glukosa tinggi kalau makan makanan kolesterol jahat berikut lebih rentan mengalami komplikasi sakit jantung daripada yang tidak makan makanan berkolesterol.

4. Natrium

Bukan hanya orang hipertensi saja yang wajib batasi konsumsi garam, orang diabetes pun wajib batasi asupan natrium dalam garam. Diabetes dan garam memiliki efek berbahaya yang serupa pada sistem kardiovaskular.

Dr. Spyros Mezitis, endokrinologis di Lenox Hill Hospital, New York menyatakan bahwa keduanya menyebabkan pembuluh darah mengeras dan keduanya juga meningkatkan risiko penggumpalan darah yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Konsumsilah sodium atau garam kurang dari 1 sendok teh (2000 mg) per hari.

Coba mulai atur pola makan dan asupan sebagai rencana makan sehat diabetes

risiko diabetes

Ada beberapa cara yang berbeda untuk merencanakan diet makanan diabetes yang membuat kadar glukosa darah Anda tetap dalam rentang normal. Dengan bantuan ahli gizi, Anda mungkin menemukan satu atau beberapa metode yang ampuh untuk Anda.

Menghitung karbohidrat

Harus Anda ketahui, bahwa karbohidrat yang Anda makan seperti nasi, mie dan pasta tepung akan dipecah menjadi glukosa. Karbohidrat yang jadi glukosa ini memiliki dampak terbesar pada tingkat glukosa darah Anda.

Sangat penting untuk memastikan waktu makan dan jumlah karbohidrat yang sama setiap hari, terutama jika Anda mengonsumsi obat diabetes dan insulin. Jika tidak, kadar glukosa darah Anda dapat lebih berfluktuasi.

Ahli diet dapat mengajarkan cara untuk mengukur porsi makanan dan membaca label makanan. Beri perhatian khusus untuk jumlah dan kandungan karbohidrat.

Jika Anda melakukan pengobatan dengan insulin, ahli diet dapat mengajarkan cara untuk menghitung jumlah karbohidrat di setiap makanan atau makanan ringan, dan menyesuaikan dosis insulin dengan benar.

Membuat daftar makanan.

Seorang ahli diet dapat merekomendasikan menggunakan daftar makanan untuk membantu Anda merencanakan pola makan Anda. Daftar makanan berikut diurutkan berdasarkan kategori, seperti karbohidrat, sumber protein, dan lemak.

Pilihan makanan

Satu porsi dalam kategori disebut “pilihan.” Masing-masing pilihan makanan memiliki jumlah karbohidrat, protein, lemak dan kalori yang sama, dan efek yang sama pada glukosa darah Anda. Jadi, misalnya, Anda bisa memilih untuk makan setengah jagung besar atau 1/3 cangkir pasta untuk pilihan karbohidrat Anda.

Indeks glikemik

Beberapa orang yang menderita diabetes menggunakan indeks glikemik untuk memilih makanan, terutama makanan yang karbohidrat. Makanan dengan indeks glikemik tinggi akan lebih meningkatkan gula darah daripada makanan dengan indeks glikemik rendah.

Karbohidrat kompleks yang tinggi serat seperti gandum beras, roti atau sereal, memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan karbohidrat sederhana seperti roti putih atau nasi putih.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat Masak Sendiri bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Saat mengakhiri hari yang sibuk, makan di luar rasanya menjadi pilihan tercepat dan mudah, padahal masak makanan sendiri punya banyak manfaat lho.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Ulfa Rahayu
Hidup Sehat, Fakta Unik Mei 3, 2020

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Diabetesi termasuk golongan yang rentan terjangkit virus COVID-19. Selain lakukan upaya pencegahan, jaga juga kadar gula darah di rumah dengan tips berikut.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki
Coronavirus, COVID-19 April 30, 2020

Panduan Berpuasa Bagi Penderita Maag

Makan sekaligus dalam porsi besar baik saat berbuka maupun sahur, justru bisa memicu serangan maag kambuh. Simak berbagai tips berpuasa untuk penderita maag.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh dr. Angga Maulana
Hari Raya, Ramadan April 30, 2020

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes perlu mengontrol diabetesnya. Salah satu yang bisa dilakukan, yaitu jalan kaki. Apa manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Diabetes, Health Centers April 26, 2020

Direkomendasikan untuk Anda

3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh dr. Maizan Khairun Nissa
Tanggal tayang Mei 21, 2020
Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal tayang Mei 17, 2020
Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal tayang Mei 12, 2020
Resep Bola-Bola Cokelat untuk Buka Puasa yang Bisa Dibuat Bareng Si Kecil

Resep Bola-Bola Cokelat untuk Buka Puasa yang Bisa Dibuat Bareng Si Kecil

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Tanggal tayang Mei 6, 2020