Siapa yang tidak tergoda melihat menu makanan khas Lebaran. Saat Lebaran, biasanya setiap keluarga menyajikan makanan dan kue khas Lebaran, seperti opor, rendang, kue nastar, atau kue putri salju. Makanan-makanan ini tentu menggugah selera makan Anda, sehingga Anda rasanya ingin makan terus dan terus.

Makan saat lebaran bersama keluarga juga jadi kenikmatan tersendiri. Terlebih lagi, saat berkunjung ke rumah saudara, melihat menu makanan yang berbeda-beda, tentu semakin meningkatkan selera makan Anda. Anda seperti ingin mencicipi semua makanan dan makan semakin banyak. Makan berlebihan ini tentu akan memicu kenaikan berat badan Anda.

Apakah Anda mau? Jika tidak, simak ulasan berikut ini untuk menghindari makan berlebih saat Lebaran, agar #HidupEnak setelah Lebaran usai.

Bagaimana menahan diri agar tak berlebihan makan saat lebaran?

1. Kenali pemicu makan berlebih Anda

Anda bisa membuat catatan kapan Anda mulai makan dan makan dengan porsi yang banyak. Catat juga makanan apa yang membuat nafsu makan Anda bertambah. Dengan melakukan ini, Anda akan tahu dengan benar apa yang memicu makan berlebih Anda dan dapat mengatasinya di kemudian hari.

2. Makan dengan perlahan

Jika Anda masih merasa perlu makan, cobalah untuk makan dengan perlahan. Perut Anda sebenarnya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberi sinyal pada otak apakah sudah penuh atau belum. Oleh karena itu, kunyah makanan dengan pelan dan sampai benar-benar lembut untuk ditelan.

Jika Anda mengisi perut Anda dengan terus-menerus, maka perut akan kebingungan kapan harus memberi sinyal tanda kenyang. Akhirnya, Anda menjadi makan lebih banyak.

3. Lakukan aktivitas lain

Anda mungkin tidak bisa mengendalikan diri saat melihat makanan lezat khas Lebaran. Apalagi setelah menjalani puasa sebulan penuh, Anda merasa saatnya makan banyak saat lebaran.

Alih-alih kebanyakan makan saat lebaran, Anda bisa menggantinya dengan melakukan aktivitas lain. Anda bisa berbincang-bincang atau bermain dengan sanak saudara Anda. Anda juga bisa menjauh dari ruangan makan, agar tidak tergoda saat melihat makanan yang lezat.

4. Jadwal makan yang rutin

Saat puasa, Anda makan hanya waktu sahur dan ketika berbuka puasa. Nah, saat Lebaran sebaiknya Anda kembali dengan jadwal makan yang rutin, seperti makan pagi, siang, dan malam, serta mungkin sedikit camilan.

Memiliki jadwal makan yang rutin membantu Anda mengendalikan nafsu makan, sehingga lambung sudah terbiasa dengan waktu-waktu makan tertentu. Hal ini menghindari munculnya lapar palsu yang bisa saja membuat Anda makan berlebih.

5. Atur porsi makan Anda

Supaya tak berlebihan makan saat lebaran, gunakan piring atau wadah makan yang lebih kecil dari biasanya untuk mengatur porsi makan Anda. Jadi, piring makan Anda hanya dapat menampung sedikit makanan saja dan mencegah Anda untuk makan berlebih.

6. Tidur yang cukup

Saat Anda lelah, Anda bisa makan lebih banyak dari biasanya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki hubungan langsung dengan peningkatan stres dan makan emosional pada wanita.

Orang yang tidur nyenyak, sekitar 7-8 jam setiap malam, makan dengan porsi yang normal dibandingkan dengan orang yang kurang tidur. Oleh karena itu, saat puasa pastikan Anda tidur dengan cukup, sehingga ketika Lebaran datang Anda tidak merasa kelelahan karena kurang tidur.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca