Madu dan sirup maple merupakan pemanis alami dan sehat yang digunakan sebagai pengganti gula. Warna dari sirup maple sangat mirip dengan madu, berwarna cokelat dan kental. Umumnya, sirup maple digunakan sebagai sirup untuk pancake yang dikucurkan di atasnya. Tak jarang, sirup maple dipakai dalam beberapa resep kue atau hidangan penutup untuk memberikan rasa yang khas atau sebagai penghias makanan. Namun, madu sering dianggap sebagai pelengkap pancake yang lebih sehat dibanding maple syrup. Apa benar

Perbedaan kandungan nutrisi madu dan sirup maple

Kalori

Kalori yang terdapat di madu dan sirup maple hampir sama. Satu sendok makan sirup maple mengandung 52 kalori, sedangkan satu sendok makan madu mengandung 64 kalori. Satu cangkir sirup maple mengandung 819 kalori dan madu 1.031 kalori. Jadi, kalori pada madu sedikit lebih tinggi dari sirup maple.

Karbohidrat

Setiap satu sendok makan sirup maple mengandung sekitar 13,5 gram karbohidrat, di mana 12,4 gram-nya berasal dari gula. Sedangkan dalam satu sendok makan madu mengandung 17,4 gram karbohidrat dengan 17,3 gram berasal dari gula. Hal ini menjelaskan bahwa dalam hal gula, sirup maple ternyata lebih baik dibandingkan dengan madu karena kandungan sukrosanya lebih sedikit.

Lemak

Lemak yang terdapat dalam satu sendok makan sirup maple adalah 0,1 gram, dengan jumlah lemak tak sehat (lemak jenuh, tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda) yang sedikit. Namun, madu tidak mengandung lemak, yang berarti juga tidak mengandung tiga subkategori lemak jahat tersebut.

Vitamin dan mineral

Kandungan vitamin madu lebih tinggi dibandingkan dengan sirup maple. Madu mengandung sumber vitamin B6 dan vitamin C, sedangkan sirup maple tidak mengandung satupun dari keduanya.

Namun di sisi lain, sirup maple mengandung lebih banyak mineral daripada madu. Sirup ini mengandung banyak zat besi, kalsium, zinc, mangan dan potasium. Di samping itu, sirup maple juga menyediakan lebih banyak sodium daripada madu.

Madu mengandung flouride yang bermanfaat untuk kesehatan gigi, sedangkan sirup maple tidak memiliki kandungan tersebut.

Komponen nutrisi lainnya

Kandungan gizi lain yang terkandung dalam madu adalah asam amino. Sirup maple tidak mengandung asam amino, tetapi sirup maple mengandung air dua kali lebih banyak dibandingkan madu.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of American Dietetic Reasearch Asociation, dalam sirup maple dan madu ditemukan kandungan antioksian dengan tingkat aktivitas menengah. Kandungan antioksidan dalam 130 gram madu atau sirup maple ini setara dengan satu porsi kacang per hari atau buah berri. Antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal bebas penyebab kanker dan memperlambat penuaan.

Madu vs sirup maple, manakah yang lebih sehat?

Jika Anda menderita diabetes atau ingin mengurangi asupan gula, makan baik madu maupun sirup maple sebaiknya dihindari, atau dikurangi jumlahnya. Gunakan pemanis rendah kalori atau pemanis alami seperti daun stevia yang bebas gula dan hanya mengandung nol kalori.

Namun, sesekali mengonsumsi madu atau sirup maple dalam jumlah normal tentu saja boleh. Jika Anda mencari topping pancake dengan kandungan gula yang lebih rendah, sirup maple adalah pilihan yang lebih baik. Jika Anda menginginkan asupan vitamin dan tanpa lemak, madu adalah pilihan terbaik. Madu dan sirup maple  harus dikonsumsi dengan baik dan secukupnya untuk mencegah tingginya asupan gula dan kalori dalam tubuh.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca