Didiagnosis Diabetes? Ini yang Harus Anda Lakukan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia

Didiagnosis diabetes mungkin mengejutkan untuk Anda. Mengingat, diabetes merupakan penyakit kronis yang membutuhkan konsistensi dan komitmen seumur hidup untuk mengendalikannya. Anda mungkin bertanya-tanya, langkah apa yang harus saya lakukan setelah didiagnosis diabetes? 

Hal itu pula yang dirasakan Anita Permata Sari, pasien diabetes tipe 1 yang didiagnosis pertama kali saat berusia 13 tahun. Anita kaget dan menangis bersama ibunya. Namun, ia segera bangkit dan menggali informasi sebanyak-banyaknya soal diabetes. 

“Awalnya bingung karena di keluarga nggak ada yang diabetes. Yang paling terpukul ibu saya. Akhirnya saya cari info sendiri, ngobrol dengan dokter. Dari sana, aku tahu aku nggak sendiri. Akhirnya aku reach out ke komunitas,” ujar Anita Permata Sari dalam jumpa pers Diabetes, Your Type di Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Senin (11/11).

Langkah yang harus diambil setelah didiagnosis diabetes

Sama seperti pengalaman yang Anita rasakan, langkah pertama yang perlu Anda ambil setelah didiagnosis diabetes adalah dengan memperkaya diri sendiri dengan pengetahuan seputar kondisi yang dialami.

Ketua Umum PEDI (Perhimpunan Edukasi Diabetes Indonesia), dr. Aris Wibudi Sp.PD-KEMD, menyatakan bahwa peran edukator dalam pengobatan diabetes sangat besar. 

Edukator yang dimaksud adalah tenaga kesehatan yang dilatih khusus untuk memberikan informasi seputar diabetes ke pasien. Dengan begitu, pasien lebih memahami secara keseluruhan soal penyakit yang dideritanya. 

Ikut sesi edukasi. Siapa yang memberikan edukasi? Ya, sebaiknya edukator diabetes. Peran mereka (edukator) cukup tinggi, sehingga pasien tahu apa yang dia butuhkan. Bagaimana cara minum obat, bagaimana cara penataan makanannya, bagaimana olahraganya, itu sangat membantu, sehingga kendali diabetesnya sangat baik. Jadi komplikasi bisa dicegah,” ujar dr. Aris Wibudi Sp.PD-KEMD. 

Setelah itu, menurutnya, langkah selanjutnya yang perlu Anda ambil ketika didiagnosis diabetes adalah menjalani gaya hidup sehat. Anda mungkin perlu menjalani diet untuk orang diabetes, juga melakukan aktivitas fisik, tergantung rencana pengobatan yang Anda diskusikan dengan dokter. 

“Bukan mengubah, ya. Gaya hidup tidak mungkin diubah, tapi kita bisa mencoba memberikan gaya hidup yang baru. Itu sesuai konsep edukator,” sambung dr. Aris Wibudi Sp.PD-KEMD.

Gaya hidup pengidap diabetes

Terdapat dua tipe diabetes yang umum, yakni tipe 1 dan tipe 2. Yang mana pun yang didiagnosis pada Anda, langkah yang perlu Anda lakukan sama, yaitu menjalani gaya hidup yang baru.

American Diabetes Association menyebutkan dua hal penting yang harus dilakukan pengidap diabetes, yaitu makan sehat dan dan berolahraga. 

Makan makanan sehat

Diet untuk diabetesi sangat beragam, tergantung kondisi Anda. Namun secara umum, langkah utama yang dapat Anda lakukan dalam hal pengaturan makan setelah didiagnosis diabetes adalah mengubah beberapa jenis dan porsinya, seperti:

  • Makan makanan beragam, seperti sayuran, biji-bijian, buah-buahan, makanan susu tanpa lemak, lemak sehat, dan daging tanpa lemak atau pengganti daging. 
  • Cobalah untuk tidak makan terlalu banyak. 
  • Hindari makan satu jenis makanan terlalu banyak. 
  • Atur jendela makan atau jadwal makan Anda secara merata sepanjang hari.

dr. Aris Wibudi Sp.PD-KEMD menegaskan bahwa makanan sehat tak selalu tidak enak. Ia pun menegaskan bahwa makan enak tetap dianjurkan untuk kepuasan pribadi masing-masing orang, termasuk pengidap diabetes.

“Orang diabetes prinsipnya harus enak makannya, tetapi komposisinya diperbaiki. Sayur jauh lebih banyak dua kali lipat dari nasinya. Proteinnya sama komposisinya dengan nasi,” tuturnya.

Lakukan aktivitas fisik

Hal lain yang perlu dilakukan untuk menjalani gaya hidup baru setelah didiagnosis diabetes adalah dengan beraktivitas fisik. Cari aktivitas yang Anda sukai dan sesuai dengan kondisi fisik Anda, seperti:

  • Aktivitas aerobik (berjalan, bersepeda, berenang)
  • Menjadi lebih aktif seharian (pilih naik tangga daripada eskalator)
  • Latihan kekuatan (angkat beban)
  • Latihan kelenturan (peregangan dan yoga)

Wajar jika Anda merasa kalut saat divonis pertama kali. Namun, setelah didiagnosis diabetes, pastikan Anda segera bangkit dan mengambil langkah perubahan untuk menjaga kondisi Anda tetap stabil. Meski diabetes, Anda tetap bisa hidup sehat, seperti orang lain.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca