Jika Anda ingin membuat perubahan yang berarti dalam hidup Anda, mulailah dari hal-hal yang kecil dulu. Ya, kebiasaan Anda sehari-harilah yang justru membentuk gaya hidup serta kesehatan fisik dan mental Anda.

Maka, jika saat ini Anda ingin mulai hidup enak dan lebih sehat, kuncinya adalah mengubah kebiasaan-kebiasaan lama yang kurang sehat, dan menggantinya dengan berbagai kebiasaan baru yang sehat. Apa saja kebiasaan baru yang bisa Anda terapkan agar bisa hidup lebih sehat?

1. Coba jenis makanan baru

Pola dan jenis makanan yang biasanya Anda konsumsi bisa menentukan kondisi kesehatan tubuh Anda. Maka dari itu, jika menginginkan hidup lebih sehat ada baiknya Anda coba berbagai jenis makanan baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya.

Pasalnya, menurut Susan Albers, Psy.D., seorang psikolog klinis di Cleveland Clinic, jika Anda terus-menerus makan makanan yang sama berulang-ulang, Anda tidak akan mendapatkan ragam nutrisi yang seimbang. Hal ini pada akhirnya bisa membuat tubuh tidak mendapatkan berbagai macam nutrisi penting.

Anda bisa memulai dari hal yang mudah, seperti mencoba jenis camilan baru yang berasal dari sumber nabati seperti kacang kedelai. Selain memiliki rasa yang lezat, tinggi serat dan protein tentunya camilan ini juga sehat meskipun dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

2. Melakukan peregangan pagi

Coba ingat-ingat kembali, pernahkah Anda merasa lemas dan tidak bersemangat ketika bangun tidur di pagi hari? Tenang, Anda tidak sendirian, kok. Nah, bila olahraga pagi terasa berat untuk Anda, mulailah dari sesuatu yang sederhana tapi memiliki manfaat yang sama; yakni peregangan pagi.

Menyisipkan beberapa menit ke dalam rutinitas pagi sebelum memulai hari bisa sangat efektif untuk meningkatkan energi, suasana hati, serta mengurangi rasa sakit dan nyeri tubuh. Peregangan pagi hanya memakan waktu sekitar 10-15 menit, tapi efek positifnya pada kesehatan tubuh dan mental Anda akan bertahan sepanjang hari.

Hal yang lebih menarik lagi, tekad yang kuat di dalam diri Anda biasanya ada pada tingkat optimal di pagi hari dan akan semakin berkurang sepanjang hari. Inilah alasan mengapa sebaiknya melakukan perubahan kecil pada rutinitas pagi hari Anda. Sehingga tidak hanya akan memberikan perubahan yang mengejutkan pada kesehatan dan produktivitas Anda di hari itu, tapi juga pada perubahan hidup Anda.

3. Membatasi konsumsi minuman teh, kopi, dan alkohol

Anda penggemar kopi, teh, dan alkohol, tapi berkeinginan untuk memiliki hidup lebih sehat? Cobalah perlahan untuk membatasi konsumsi minuman ini. Sebab, kafein dalam minuman-minuman tersebut bisa menyebabkan kegelisahan dan kecemasan.

Saat Anda perlahan-lahan mengurangi jumlah konsumsi minuman ini, Anda bisa mengembalikan energi tanpa merasa adanya gangguan seperti mudah terpancing emosi, kelelahan, serta sakit kepala.

Solusinya jika Anda ingin hidup lebih sehat, ganti stimulan buatan dari kopi, teh, alkohol dengan stimulan alami, yakni dengan minum cukup air putih, makan makanan bergizi, olahraga teratur, dan cukupi kebutuhan vitamin D yang bersumber dari sinar matahari.

4. Melakukan kegiatan di alam bebas

Bagi Anda yang sebagian besar waktunya dihabiskan di kantor, ada baiknya sesekali Anda meluangkan waktu untuk sekedar jalan-jalan santai, olahraga, atau bahkan rekreasi untuk menikmati kegiatan di alam bebas.

Kegiatan yang Anda lakukan di alam, menawarkan banyak manfaat positif. Mulai dari melatih dan mengencangkan otot-otot tubuh saat melakukan banyak gerakan, meningkatkan kemampuan otak, sampai bisa meningkatkan produksi hormon kebahagiaan atau yang biasa dikenal sebagai hormon oksitosin.

Studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam bisa membuat seseorang merasa lebih hidup, mengurangi stres, bahkan mencegah depresi. Dilansir dari laman Huffington Post, Susan Krauss Whitboure, Ph.D., seorang profesor psikologi di University of Massachusetts Amherst mengatakan bahwa sekadar melihat foto pemandangan alam bebas pun bisa mengurangi stres.

Membangun niat untuk melakukan kebiasaan yang satu ini memang agak menantang. Namun, jika akhirnya Anda terbiasa meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan outdoor, perlahan hidup Anda akan berubah menjadi lebih sehat, lebih bahagia, dan tentunya lebih sadar akan lingkungan sekitar Anda.

5. Masak sendiri di rumah

Bila Anda terbiasa beli makanan di luar rumah, cobalah untuk mulai olah makanan Anda sendiri untuk hidup lebih sehat. Selain lebih hemat, masak di rumah bisa mengubah hidup Anda menjadi lebih sehat, bahagia, dan produktif.

Pasalnya, Anda bisa mengendalikan serta memantau kandungan zat gizi dalam makanan yang Anda masak dan konsumsi sendiri, Anda juga dapat menjaga asupan nutrisi tetap baik dengan mengurangi kandungan nutrisi yang tidak sehat untuk tubuh.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca