Selama ini penyakit kencing manis (diabetes melitus atau diabetes tipe 2) selalu dikaitkan dengan larangan menyantap makanan dan minuman manis. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya Anda masih boleh mengonsumsi makanan manis, misalnya es krim? Orang diabetes belum tentu dilarang makan es krim sama sekali, kok. Kuncinya adalah bijak memilih es krim sehat yang tak akan langsung bikin kadar gula darah melonjak.

Memangnya pengidap diabetes boleh makan es krim?

Mitos yang sudah lama beredar dalam komunitas pengidap diabetes adalah es krim mengandung gula yang sangat tinggi. Maka pengidap diabetes seharusnya tidak mengonsumsi es krim sama sekali. Untungnya, hal ini cuma mitos belaka.

Meskipun es krim memang gulanya tinggi, bukan berarti Anda dilarang makan es krim. Menurut para ahli, orang dengan kencing manis masih boleh mengonsumsi makanan dan minuman manis, termasuk es krim. Kuncinya adalah makan secukupnya saja, tidak boleh berlebihan.

Makan es krim juga masih diperbolehkan kalau Anda menjaga gaya hidup sehat. Misalnya dengan rajin olahraga, menjalani pola makan sehat, dan rutin cek gula darah.

Seperti apa es krim sehat untuk pengidap diabetes?

Ada siasat khusus yang bisa Anda contek saat memilih es krim sehat. Membeli es krim di kafe atau kedai es krim agak berisiko karena Anda tak bisa menebak kadar gizinya. Maka, pilihan terbaik kalau Anda mau makan es krim adalah beli sendiri di supermarket atau bikin di rumah. Selebihnya, perhatikan panduan berikut.

Kadar gula dan karbohidrat rendah

Pastikan es krim Anda rendah kadar gulanya. Dalam label kemasan, biasanya kadar gula harus dicek berdasarkan total karbohidrat dan total kalori. Semakin tinggi karbohidrat dan kalorinya, semakin besar pula kandungan gulanya.

Maka agar tetap aman, hindari es krim yang dalam satu porsi (setengah cangkir) mengandung lebih dari 20 gram karbohidrat dan 150 kkal (kilo kalori).

Kadar lemak dan protein

Selain karbohidrat, periksa juga kadar lemak dan proteinnya. Kandungan keduanya sangat memengaruhi seberapa cepat gula diserap oleh tubuh. Semakin tinggi lemak dan protein, semakin lama gula akan diserap. Ini karena tubuh akan fokus untuk mencerna lemak dan protein terlebih dahulu.

Akan tetapi, pilih yang kadar lemaknya tidak lebih dari 5 gram. Pasalnya, es krim tinggi lemak bisa meningkatkan risiko kelebihan berat badan. Hal ini bisa membuat gula darah Anda lebih rentan melonjak tinggi.   

Jangan tertipu label kemasan

Hati-hati dengan iklan yang menjanjikan produk “rendah gula”, “rendah kalori”, dan “aman bagi orang diabetes”. Belum tentu kandungan gula, karbohidrat, dan lemaknya benar-benar aman buat pengidap kencing manis. Anda tetap harus mengecek informasi gizi yang dicantumkan pada kemasan.

es krim sehat diabetes

Tips menyantap es krim agar gula darah tetap terkendali

Anda tetap bisa menikmati es krim sehat tanpa takut gula darah langsung naik. Simak saja tips-tips dari seorang pakar penyakit dalam dari University of California San Diego School of Medicine, dr. Steve Edelman berikut ini.  

1. Jangan terlalu sering

Meskipun Anda boleh menikmati es krim, sebaiknya jangan terlalu sering dan hindari makan setiap hari. Lebih baik Anda makan es krim di saat-saat khusus saja. Ini supaya Anda tetap fokus menjalani pola makan sehat yang aman bagi pengidap kencing manis.

2. Pakai mangkuk kecil

Supaya Anda tidak kalap, makanlah dengan mangkuk atau cangkir yang berukuran kecil. Jangan makan es krim langsung dari wadahnya. Setelah menyendokkan es krim ke mangkuk, segera masukkan lagi wadah es krim ke kulkas.

3. Tambahkan topping kacang

Selain tambah nikmat, makan es krim dengan topping kacang bisa menambah kadar protein. Hal ini berguna supaya gula tidak diserap oleh tubuh dalam sekejap. Namun, ingatlah untuk tidak menambah topping secara berlebihan.

4. Jangan makan buru-buru

Kunci makan es krim adalah menikmatinya pelan-pelan. Selain karena Anda jarang makan es krim, makan buru-buru hanya akan membuat kadar gula lebih cepat naik. Triknya adalah makan dengan sendok kecil.

Selain itu, jangan makan es krim sambil main smartphone atau menonton televisi. Anda jadi tak sadar kalau sudah kenyang dan akan makan terus.

5. Olahraga

Setelah menikmati es krim sehat, selingi dengan olahraga. Olahraga bisa membantu membakar gula yang Anda konsumsi menjadi energi. Dengan begitu, tubuh tidak akan menyimpan gula sebagai cadangan lemak yang bisa membuat Anda kelebihan berat badan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca