Studi terbaru di tahun 2008 dari National Institutes of Health (NIH) menemukan bahwa penyakit diabetes bisa menjadi penyebab gangguan pendengaran. Apa benar penyebab gangguan pendengaran ini diakibatkan karena masalah kadar gula darah?

Diabetes yang menjadi penyebab gangguan pendengaran

Dalam studi penting tahun 2008 oleh NIH yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine, peneliti menganalisis data dari tes pendengaran orang dewasa antara usia 20-69 tahun. Mereka menyimpulkan bahwa diabetes dapat menjadi penyebab gangguan pendengaran karena kerusakan saraf dan pembuluh darah yang terlihat dalam studi otopsi. Penelitian serupa telah menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara kehilangan pendengaran dan neuropati (kerusakan saraf).

Saat ini, para ahli tidak sepenuhnya yakin bagaimana diabetes bisa berhubungan dengan gangguan pendengaran. Ada kemungkinan bahwa kadar glukosa darah tinggi terkait dengan diabetes menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kecil di telinga bagian dalam, mirip dengan bagaimana cara diabetes merusak mata dan ginjal. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui mengapa orang dengan diabetes memiliki tingkat gangguan pendengaran yang lebih tinggi.

Apa saja gejala gangguan pendengaran?

telinga kemasukan serangga

Gangguan pendengaran bisa terjadi secara bertahap dan Anda mungkin tidak menyadarinya. Anak-anak dan orang dewasa dapat mengalami gangguan pendengaran setiap saat. Jangan berpikir bahwa Anda terlalu muda untuk mengalami kehilangan pendengaran.

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut jika Anda berpikir Anda mungkin berada pada risiko terkena gangguan pendengaran:

  • Apakah ada teman atau anggota keluarga Anda yang mengeluh bahwa Anda sering tidak mendengarkan panggilan atau ucapan mereka?
  • Apakah Anda sering meminta orang untuk mengulangi perkataan mereka?
  • Apakah Anda merasa bahwa orang-orang bicara terdengar seperti bergumam?
  • Apakah Anda memiliki masalah percakapan dengan lebih dari dua orang?
  • Apakah ada orang yang mengeluh bahwa Anda mendengarkan televisi atau radio terlalu keras?
  • Apakah Anda memiliki kesulitan memahami percakapan di ruangan yang ramai atau restoran yang berisik atau sibuk?

Jika Anda menjawab ya untuk lebih dari satu pertanyaan terebut, sebaiknya Anda segera melakukan uji pendengaran untuk melihat kerusakan yang ada dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Apa yang harus saya lakukan jika saya mencurigai adanya gangguan pendengaran?

Konsultasikan dengan dokter umum Anda. Kemudian, sebaiknya Anda berkonsultasilah dengan dokter spesialis telinga seperti: seorang audiologis, ahli pendengaran berlisensi, atau dokter spesialis THT. Berdasarkan pemeriksaan secara menyeluruh, Anda akan mengetahui lebih banyak tentang gangguan pendengaran Anda. Anda juga akan diberi tahu apa yang dapat dilakukan untuk mengobatinya.

Mencegah dan mengobati gangguan pendengaran karena diabetes

Semua orang dengan diabetes harus memeriksa pendengaran mereka setiap tahun. Cara terbaik menghindari komplikasi yang disebabkan diabetes adalah memonitor kadar glukosa darah Anda, menurunkan hipertensi, menjaga kelebihan berat badan, dan olahraga sehari-hari. Selain itu, perlu diingat bahwa penggunaan jangka panjang dari earphone pada volume yang paling keras dapat berkontribusi besar terhadap gangguan pendengaran. Terutama jika Anda sudah berisiko terkena gangguan pendengaran.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca