Diabetes Tidak Bisa Disembuhkan, Lalu Bagaimana Cara Mengontrolnya?Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Mengontrol diabetes mungkin membutuhkan perjuangan. Namun, hasil dari upaya ini tentu akan sepadan pada kesehatan Anda. Lebih jauh lagi, risiko Anda terkena berbagai komplikasi diabetes seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal, bahkan kebutaan juga akan menurun.

Pada dasarnya, kunci utama cara mengontrol diabetes adalah dengan menjaga kadar gula darah dalam batas normal. Meski kedengarannya sulit, tetapi ada langkah-langkah sederhana yang bisa Anda ikuti. Apa saja?

Beragam cara mengontrol diabetes yang harus Anda ketahui

1. Rajin cek gula darah

Cara mengontrol diabetes paling pertama yang wajib Anda lakukan adalah rajin cek gula darah. Cek gula darah dilakukan sebagai upaya pemantauan jika kadar gula darah dalam tubuh Anda berada dalam batas normal. Selain itu, hal ini juga dapat membantu Anda menentukan perlu tidaknya melakukan penyesuaian pada makanan dan obat yang Anda konsumsi sehari-hari.

Rutinlah cek gula darah Anda setiap hari. Tidak perlu repot-repot pergi ke dokter untuk cek gula darah. Pasalnya Anda bisa melakukannya sendiri di rumah menggunakan glucose meter yang sudah banyak dijual di pasaran. Namun, pastikan Anda sudah paham cara menggunakan alat tersebut.

2. Konsisten terapkan pola makan sehat

Pola makan sehat memainkan peranan penting sebagai cara mengontrol diabetes. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengurangi jumlah garam dan natrium yang Anda konsumi. Hindari makanan berlemak tinggi dan makanan olahan serta kemasan. Kurangi semua jenis makanan dan minuman manis. Sesekali makan makanan manis boleh saja, asal makanlah dengan porsi yang kecil.

Yang tak kalah penting, ganti gula Anda dengan pemanis yang rendah kalori. Pilihlah karbohidrat yang memiliki indeks glikemik yang relatif rendah.

Meski akan terasa sulit, namun janganlah mudah menyerah. Lakukan secara bertahap dan buatlah kebiasaan makan yang paling mudah untuk Anda jalani. Bila perlu, konsultasikan ke dokter atau ahli gizi di rumah sakit terdekat. Ahli gizi nantinya akan membantu Anda untuk menyusun pola makan sehat yang sesuai dengan kondisi Anda.

3. Menghitung asupan karbohidrat

Karbohidrat sederhana bisa dibilang musuh terbesar diabetes karena mereka menyebabkan kenaikan dan penurunan gula darah secara cepat. Itu sebabnya, penting untuk menghitung asupan karbohidrat harian Anda. Menghitung karbohidrat merupakan cara yang bisa Anda gunakan untuk menyeimbangkan kadar gula darah Anda, sehingga menjaga gula darah normal menjadi hal yang tidak terlalu sulit.

Sebagian besar wanita membutuhkan 45 sampai 60 gram karbohidrat per sajian. Sementara pria membutuhkan membutuhkan 60-75 gram karbohidrat per sajian. Dalam 100 gram nasi atau pasta sendiri sudah mengandung karbohidrat sebanyak 40 gram.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda, kombinasikan antara asupan karbohidrat dengan protein seperti kacang-kacangan. Tambahkan juga sayuran ke dalam menu makan Anda sehari-hari. Perpaduan ketiganya akan membantu memperlambat sistem pencernaan sehingga membuat Anda merasa kenyang tanpa takut menaikkan gula darah.

Pilihlah karbohidrat berserat tinggi karena serat tidak hanya membantu mengontrol gula darah, tetapi juga membersihkan kolesterol dari pembuluh darah. Beberapa jenis sumber serat dan karbohidrat yang baik antara lain adalah gandum utuh, beras merah, ubi jalar, labu, dan kacang merah.

Cari tahu sumber karbohidrat yang sehat untuk Anda. Semakin Anda bisa membatasi atau menghindari sumber karbohidrat yang tidak sehat, maka akan semakin baik.

4. Olahraga teratur

Olahraga adalah cara terbaik untuk menurunkan gula darah. Sayangnya, efeknya ini akan cepat hilang dalam seminggu setelah Anda berhenti melakukannya. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga secara teratur. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30-45 menit setiap 5 kali dalam seminggu.

Anda bisa melakukan olahraga apapun yang Anda sukai. Intinya, buatlah diri Anda aktif bergerak setiap hari. Jadi, tidak masalah walaupun hanya sekadar berjalan, berenang, bersepeda, berlari, ataupun hanya turun naik tangga.

Selain dapat membantu menurunkan gula darah, olahraga juga dapat melepaskan senyawa endorfin yang dapat menjadikan suasana hati Anda jadi lebih baik.

5. Hindari segala hal yang menyebabkan stres

Stres selain menaikkan tekanan darah juga ternyata dapat menaikan kadar gula darah. Ya, stres dapat memicu perubahan hormon bagi banyak orang. Akibatnya tidak hanya membuat gula darah Anda meningkat, namun juga membuat Anda ingin terus makan. Terutama makan makanan manis.

Maka, penting bagi Anda untuk menghindari segala hal yang menyebabkan stres dan belajar bagaimana cara mengurangi stres itu sendiri.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan stres, yaitu melakukan hobi, mendengarkan musik yang menenangkan, tidur yang cukup, meditasi, dan lain sebagainya. Bertemu dengan teman, sahabat, atau pasangan yang membuat suasana hati Anda jadi baik juga bisa jadi cara ampuh untuk mengurangi stres.

Diabetes adalah penyakit yang kompleks. Dokter Anda tidak mampu menanganinya sendiri tanpa bantuan Anda. Oleh sebab itu, kunci sukses mengontrol diabetes pada dasarnya tergantung pada seberapa disiplin Anda untuk konsisten menerapkan gaya hidup sehat seperti yang sudah disebutkan di atas.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca