Ingin tahu apakah Anda bisa makan buah atau tidak? Ya, tentu saja! Buah sarat dengan vitamin, mineral, dan serat seperti sayuran.

Buah mengandung karbohidrat, sehingga perlu dihitung sebagai bagian dari rencana makan Anda. Mengonsumsi sepotong buah segar atau salad buah untuk hidangan penutup adalah cara yang bagus untuk memuaskan rasa manis. Anda bisa mendapatkan nutrisi ekstra yang Anda cari dari buah-buahan.

Apa saja buah terbaik?

Pilihan terbaik dari buah adalah yang segar, beku, atau yang dikemas di dalam kaleng tanpa tambahan gula. Pilihlah buah kemasan kaleng dalam jus atau sirup ringan. Buah kering dan jus buah 100% juga merupakan pilihan bergizi, tetapi baiknya dikonsumsi dalam ukuran porsi kecil, sehingga tidak mengisi kebutuhan lainnya.

Agar tetap rendah karbohidrat

Sepotong kecil buah utuh atau sekitar ½ cangkir buah beku atau kalengan memiliki sekitar 15 gram karbohidrat. Porsi untuk buah potong adalahi ¾ – 1 gelas. Jus buah dapat berkisar dari ⅓ -½ cangkir untuk 15 gram karbohidrat.

Hanya 2 sendok makan buah kering seperti kismis atau buah kering yang mengandung 15 gram karbohidrat, jadi hati-hati dengan ukuran porsi Anda!

Bagaimana dengan indeks glikemiknya?

Sebagian besar buah memiliki indeks glikemik rendah (GI) karena kandungan fruktosa dan kadar serat. Melon dan nanas memiliki nilai GI menengah seperti halnya beberapa buah-buahan kering seperti kurma, kismis, dan cranberry.

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca