6 Tips Tetap Sehat Menikmati Hari Raya

Oleh

Hari raya seperti Lebaran, Natal, dan kumpul keluarga lainnya identik dengan makanan yang berlimpah. Sayangnya, sering kali bukan makanan sehat. Agak sulit mempertahankan pola makan sehat sebagai penderita diabetes saat dihadapkan pada momen yang hanya terjadi 1-2 kali dalam setahun ini, apalagi jika kita tetap ingin menikmati makanan khas nan lezat.

Tapi bagaimana cara agar tak berakhir fatal bagi kesehatan? Enam tips berikut dapat membantu Anda menjalani liburan Anda berikutnya:

1. Fokuslah pada teman-teman dan keluarga

Ingat, hari raya adalah waktu untuk bersantai dan bercengkrama dengan orang-orang tersayang. Fokuslah pada teman-teman dan keluarga, bukan makanan.

Bermain game, menjadi sukarelawan, atau menghabiskan waktu di luar dan nikmati cuaca bersama.

2. Rayakan, namun jangan berlebihan

Makan perlahan dan nikmatilah makanan yang mungkin hanya bisa Anda makan sekali dalam setahun.

Apabila makanan disajikan dekat dengan waktu makan Anda yang biasa, cobalah untuk memakan karbohidrat dalam jumlah yang sama seperti pada waktu makan Anda. Apabila Anda berencana untuk memakan makanan penutup yang manis, kurangi makanan berkarbohidrat sebelumnya.

Pastikan porsi makan Anda masuk akal dan tahan keinginan untuk menambah.

3. Bawa yang Anda suka

Cobalah untuk tidak mengkhawatirkan apa yang akan disajikan. Bila perlu, tawarkan pada tuan rumah apakah Anda bisa “menyumbang” dan membawa makanan yang tentunya sehat dan sesuai selera Anda. Apabila Anda menghitung karbohidrat, periksa nilai gizi resep Anda agar Anda mengetahui berapa banyak karbohidrat di dalam satu porsi.

4. Jangan minum alkohol berlebihan

Apabila Anda meminum alkohol, ingat untuk makan sesuatu sebelumnya untuk mencegah tingkat gula darah rendah nantinya. Segelas anggur atau bir dapat menambah kalori yang signifikan pada asupan kalori Anda. Jangan melebihi 1 minuman untuk para wanita dan 2 minuman untuk para pria. Hindari minuman yang memiliki campuran tinggi kalori seperti soda, tonik, sari buah, atau campuran margarita yang mengandung karbohidrat dan kalori. Pilihlah campuran yang bebas gula.

5. Tetaplah beraktivitas

Satu alasan mengapa kita memiliki masalah dalam menangani berat badan dan diabetes saat hari raya adalah kurangnya aktivitas fisik. Memang Anda memiliki banyak acara, namun ada baiknya merencanakan waktu olahraga pada tiap harinya dan jangan melepaskan rutinitas Anda. Jadikan waktu liburan Anda waktu yang aktif.

  • Libur dari kerja atau sekolah? Gunakan waktu luang ekstra ini untuk berolahraga.
  • Berlatih dan berpartisipasi pada kegiatan lari atau jalan bersama di daerah Anda .
  • Mulai permainan sepakbola, basket, atau permainan lainnya di kebun.
  • Berjalan bersama orang-orang tersayang setelah makan.
  • Tawarkan untuk membersihkan dan merapikan rumah setelah makan untuk membantu Anda lebih banyak bergerak.

6. Terlalu banyak makan? Kembalilah ke kebiasaan sehat

Apabila Anda terlalu banyak makan karbohidrat dari yang Anda perkirakan sebelumnya, jangan berpikir Anda telah gagal. Stop makan untuk malam ini dan fokus untuk menghabiskan sisa waktu dengan orang-orang di sekitar Anda.

Tambahkan olahraga ekstra, awasi tingkat gula darah, dan kembali ke kebiasaan makan biasa esok harinya.

(diabetes.org)

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca