Ternyata, Ini Penyebab Munculnya Jerawat Kecil yang Bikin Wajah Bruntusan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Muncul satu jerawat saja sudah bikin pusing, apalagi kalau jerawat yang tumbuh sekaligus banyak dan berukuran kecil? Jenis jerawat ini sering muncul di daerah T-zone wajah, seperti hidung, dahi, dan dagu sehingga bikin wajah bruntusan. Apa sebabnya banyak jerawat kecil yang menyebar di wajah?

Penyebab bruntusan di wajah yang mengganggu

obat jerawat perih

Bruntusan di wajah disebabkan oleh kemunculan jerawat-jerawat kecil bergerombol yang disebut closed comedo. Sama seperti jerawat yang besar, jerawat bruntusan terbentuk saat sel-sel kulit mati, minyak, serta bakteri terperangkap di dalam pori-pori kulit.

Sumbatan pada pori-pori kulit yang jadi cikal bakal jerawat dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti berikut ini:

  • Perubahan hormon. Faktor ini umum menjadi pemicu tumbuhnya jerawat di wajah. Perubahan hormon terjadi ketika memasuki masa puber, menstruasi, dalam masa kehamilan, hingga berhenti minum pil KB.
  • Kelebihan minyak di wajah. Produksi minyak yang berlebih bisa menyebabkan pori-pori wajah tersumbat.
  • Penggunaan kosmetik atau skincare wajah. Kandungan kimia tertentu bisa saja membuat wajah bruntusan karena tidak cocok dengan kulit Anda atau karena Anda memiliki tipe kulit wajah sensitif.
  • Adanya bakteri. Pori-pori kulit yang tersumbat akan memudahkan sel kulit mati dan bakteri menumpuk di dalamnya, misalnya bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes).

Di samping itu, masih ada beberapa faktor lainnya yang dapat memperburuk jerawat kecil “panen” di wajah Anda, yaitu:

  • Konsumsi obat-obatan tertentu.
  • Sering terpapar polusi.
  • Terlalu keras saat menggosok area wajah yang berjerawat.
  • Menyentuh jerawat bruntusan dengan tangan kotor

Bisakah jerawat bruntusan diatasi?

Penting untuk rutin melakukan perawatan diri dan wajah yang tepat guna menghilangkan jerawatan kecil-kecil pada wajah. Mulai dari rajin mencuci muka dua kali sehari, hindari menyentuh atau memencet langsung bagian kulit yang berjerawat, dan pilih produk perawatan kulit dengan keterangan bebas minyak, bebas komedo, atau tidak menyumbat pori.

Usahakan untuk selalu memeriksa komposisi bahan yang terkandung dalam produk kosmetik atau skincare yang Anda gunakan. Terakhir, jangan lupa atau malas untuk meluangkan waktu menghapus riasan make up Anda sebelum tidur.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca