Mengenal Serba-serbi Komedo

Oleh

Komedo, atau yang juga dikenal sebagai blackheads adalah bintik-bintik yang muncul pada kulit akibat folikel rambut yang tersumbat. Bintik-bintik tersebut disebut blackheads karena permukaannya berwarna hitam.

Komedo adalah jenis jerawat ringan yang terjadi pada wajah, namun dapat juga muncul pada punggung, dada, leher, lengan dan pundak. Di Amerika sendiri, komedo terjadi pada 40 sampai 50 juta warga Amerika dan merupakan kelainan kulit paling umum di Amerika Serikat, menurut American Academy of Dermatology (AAD).

Apa penyebab komedo?

Komedo terbentuk saat folikel rambut pada kulit tersumbat. Setiap folikel mengandung sehelai rambut dan kelenjar minyak, yang menjaga kulit tetap lembut. Sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada folikel kulit akan menghasilkan tonjolan kecil yang bernama komedo. Jika komedo tersebut tertutup, bintik ini disebut whitehead. Jika komedo ini terbuka, udara dapat menyebabkan komedo menjadi hitam, maka ia disebut blackhead.

Beberapa faktor dapat meningkatkan kemungkinan terbentuknya jerawat dan komedi, seperti:

  • Produksi minyak berlebih
  • Menumpuknya bakteri p.acnes pada kulit
  • Iritasi pada folikel rambut apabila sel kulit mati tidak mengelupas secara rutin
  • Perubahan hormon yang meningkatkan produksi minyak pada masa pubertas, menstruasi, atau konsumsi pil KB
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti corticosteroid, lithium, atau androgen

Beberapa orang percaya apa yang dikonsumsi dapat mempengaruhi jerawat. Produk yang mengandung susu dan karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga dapat memicu jerawat, namun peneliti belum memastikan adanya kaitan terhadap hal ini.

Apa saja gejala komedo?

Komedo mudah terlihat pada kulit karena warnanya yang lebih gelap. Komedo sedikit menimbul, namun tidak bengkak seperti jerawat. Jerawat terjadi apabila ada bakteri yang menyebabkan kemerahan dan peradangan.

Bagaimana cara mengatasi komedo?

Obat bebas

Terdapat banyak obat jerawat yang dijual bebas di apotek tanpa memerlukan resep dokter. Obat-obatan ini tersedia dalam bentuk krim, gel dan pad, dan digunakan langsung pada kulit. Obat jerawat mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide dan resorcinol, yang bekerja dengan membunuh bakteri, mengeringkan kelebihan minyak dan membuat kulit membuang sel kulit mati.

Obat dengan resep

Jika obat-obatan bebas tidak dapat memperbaiki komedo atau jerawat Anda, dokter dapat menyarankan Anda menggunakan obat-obatan dengan resep yang lebih kuat. Obat-obatan dengan vitamin A, seperti tretinoin, tazarotene dan adapalene dapat mencegah penyumbatan pada folikel rambut dan pergantian sel kulit mati. Obat-obatan ini juga dipakai langsung ke kulit. Dokter juga dapat meresepkan jenis obat topikal lainnya yang mengandung benzoyl peroxide dan antibiotik. Jenis obat ini dapat membantu terutama jika Anda juga memiliki jerawat atau jerawat batu.

Pengangkatan manual

Dermatolog atau dokter kulit akan menggunakan alat khusus yaitu extractor dengan lingkaran untuk mengangkat penyumbat. Setelah sumbatan terbuka, dokter memberi tekanan dengan extractor untuk mengeluarkan sumbatan.

Microdermabrasi

Pada proses microdermabrasion, dokter menggunakan alat khusus dengan permukaan yang kasar untuk mengikis lapisan luar kulit Anda. Mengikis kulit dapat mengangkat sumbatan yang menyebabkan komedo.

Chemical peel

Chemical peel juga bertujuan untuk mengangkat sumbatan dan membuang sel kulit mati yang berkontribusi pada blackheads. Cairan kimia khusus dipakaikan pada kulit. Lapisan luar kulit akan mengelupas dan muncul kulit yang lebih halus di bawahnya. Pengelupas ringan tersedia di konter umum, dan pengelupasan yang lebih kuat dilakukan oleh dermatolog atau profesional.

Laser dan terapi cahaya

Laser atau terapi cahaya menggunakan sinar yang kecil dan intens untuk mengurangi produksi minyak atau membunuh bakteri. Laser atau cahaya mencapai bawah permukaan kulit untuk mengatasi komedo dan jerawat tanpa merusak lapisan luar kulit.

Bagaimana cara mencegah munculnya komedo?

Anda dapat mencegah komedo tanpa perlu mengeluarkan banyak uang dengan mengikuti tips berikut:

Cuci muka dengan teratur

Cuci muka setelah Anda bangun dan sebelum Anda tidur untuk mengangkat tumpukan minyak yang dapat menyebabkan komedo. Mencuci muka lebih dari 2 kali sehari dapat mengiritasi kulit dan memperburuk keadaan jerawat. Gunakan pembersih wajah yang lembut, beberapa memiliki kandungan antibakteri yang dapat membunuh bakteri P.acnes. Keramas setiap hari, terutama jika rambut berminyak. Minyak dari rambut dapat menyumbat pori-pori. Penting juga untuk membersihkan wajah setelah makan makanan berminyak, seperti pizza, karena minyak dari makanan juga dapat menutup pori-pori.

Gunakan produk bebas minyak

Produk yang mengandung minyak dapat berkontribusi terhadap komedo. Pilihlah riasan wajah, losion, dan tabir surya yang tidak mengandung minyak untuk mencegah memburuknya kondisi jerawat.

Gunakan produk exfoliate

Exfoliating scrub dan masker dapat mengangkat sel kulit mati dari wajah sehingga mengurangi komedo. Pilihlah produk yang tidak mengiritasi kulit.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca