3 Langkah Mudah Mengatasi Jerawat yang Timbul Pada Kulit Kering

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Biasanya jerawat akan mudah muncul pada kulit yang berminyak. ternyata ada juga yang punya kulit kering berjerawat. Meski kulit kering Anda tidak memproduksi minyak, tapi sel kulit mati, kosmetik, kotoran, dan bakteri tetap bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Apa yang menjadi penyebab kulit kering berjerawat?

Kulit yang kering sebenarnya menandakan adanya kerusakan kulit. Kulit Anda bergantung pada lapisan lemak yang melindunginya dari bakteri, virus dan jamur. Jika kondisi kulit kering, kemampuannya untuk melakukan hal-hal tersebut otomatis berkurang dan mengakibatkan penumpukan sel kulit mati pada permukaan terluar kulit yang bisa dengan mudah teriritasi. Itu sebabnya ondisi kulit kering juga sama-sama memberi ruang bagi jerawat untuk bertumbuh.

Lalu, bagaimana menangani kulit kering berjerawat?

Kulit kering mungkin terlalu sensitif untuk diobati dengan produk antijerawat yang umumnya berbahan keras, terutama dengan obat resep yang mengandung retinol. Beberapa efek samping dari pengobatan jerawat bahkan dapat menyebabkan kulit jadi sangat mengering bagi mereka yang memiliki kulit cenderung normal.

Maka, pilihlah produk perawatan wajah yang berbahan lembut, dalam artian tidak mengandung bahan-bahan kimia keras dan memicu iritasi. Selain itu, sebisa mungkin pilih produk dalam bentuk gel, serum, lotion, atau toner yang bisa menyediakan kelembapan ekstra bagi kulit kering berjerawat Anda.

Selanjutnya, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

  • Pakai obat jerawat untuk kulit kering, dan biarkan beradaptasi

Pada dasarnya, obat jerawat memang membuat kulit wajah menjadi kering. Tapi Anda memang harus membiarkan obat jerawat tersebut meresap dan mengerjakan fungsinya. Tetapi bila masih mengalami kulit kering dan iritasi selama pemakaian obat jerawat, sebaiknya jangan gunakan obat jerawat setiap hari.

Anda dapat menggunakannya tiap selang sehari atau tiap tiga hari sekali. Bila ternyata efek yang dirasakan masih terlalu menyakitkan, Anda dapat mengoleskan obat wajah selama 20-30 menit kemudian bilas. Berikan waktu pada kulit wajah Anda untuk beradaptasi. Lanjutkan pemakaian obat jerawat pada kulit kering setelah kulit Anda membaik.

  • Tetap pakai pelembab

Menggunakan pelembab secara teratur dua kali sehari bisa membantu memperbaiki tekstur kulit kering berjerawat. Pelembab membantu menyediakan kelembapan sekaligus menjadi tabis penghalang untuk melindungi kulit. Oleskan pelembap sesering yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tidak terlalu kering, minimal dua kali sehari. Gunakan produk pelembap yang bebas minyak, non-komedogenik, atau non-acnegenic.

  • Jangan sering cuci muka

Jangan teralu sering cuci muka jika Anda punya kulit kering berjerawat. Ini sama saja Anda membuang minyak yang dibutuhkan kulit untuk melindunginya dari kekeringan. Cukup cuci muka sekali saja di malam hari untuk mengangkat sisa-sisa kotoran selama seharian beraktivitas di luar ruangan. 

Jika Anda perlu menghapus makeup, cobalah gunakan make up remover yang bebas minyak. Anda bisa gunakan minyak kelapa sebagai pembersih alami yang juga menyehatkan kulit kering.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Alergi Paracetamol

Paracetamol sering diresepkan untuk merdakan demam dan nyeri. Tapi tahukah Anda bahwa ada orang yang alergi obat paracetamol?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 22 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Hati-Hati Minum Obat, Barangkali Anda Memiliki Alergi Terhadap Antibiotik

Selain makanan dan debu, ada pemicu reaksi alergi lain yaitu golongan obat antibiotik. Cari tahu penjelasan lengkapnya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 22 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Cara Mengatasi Alergi Obat yang Tepat dan Perawatannya

Jangan biarkan alergi mengganggu aktivitas harian Anda. Ketahui cara cepat mengatasi alergi obat yang kambuh sekaligus perawatan kondisinya di rumah.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 22 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Alergi Softlens: Tanda, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Pakai lensa kontak kadang membuat mata merah dan berair, terlebih bagi yang punya alergi. Cari tahu lebih jauh tentang alergi softlens di sini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Alergi, Alergi Hidung dan Mata 21 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kencing berdiri

Apakah Posisi Kencing Berdiri Berbahaya untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit
rematik kambuh akibat cuaca Etoricoxib obat

Kenapa Cuaca Dingin Bikin Rematik Kumat dan Bagaimana Mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 3 menit
terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
efek samping paracetamol ibuprofen

Benarkah Terlalu Sering Minum Paracetamol Sebabkan Gangguan Pendengaran?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 3 menit