Apa Benar Rutin Pakai Toner Bisa Bikin Jerawat Hilang?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Toner termasuk salah satu perawatan kulit yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Toner membantu mengangkat sisa-sisa makeup dan kotoran yang mungkin tidak seluruhnya terangkat setelah mencuci muka. Lantas, benarkah rutin pakai toner bisa juga untuk menghilangkan jerawat?

Fungsi utama toner untuk kulit wajah

wajah mudah berjerawat

Sejatinya, toner memiliki berbagai fungsi yang penting untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Yaitu:

Menyeimbangkan pH kulit

Polusi, produksi minyak, make up, dan sabun pembersih tertentu bisa mengubah pH alami kulit wajah. Angka pH wajah yang tidak seimbang bisa membuat kulit rentan mengalami kekeringan yang akan diikuti oleh produksi minyak berlebih. Bahkan, pH kulit yang tidak seimbang rentan memicu kerusakan dan infeksi kulit.

Toner menjadi salah satu produk yang memiliki fungsi menyeimbangkan kembali pH kulit mendekati normal. Dilansir dari  Institute for Quality and Efficiency in Health Care (IQWiG), pH kulit normal berada di angka 5,5.

Manfaat ini nantinya bisa dirasakan jika Anda rutin menggunakan toner setelah mencuci muka sebelum menggunakan produk perawatan lainnya.

Detoksifikasi

Tak banyak yang tahu bahwa toner membantu menghilangkan racun lingkungan seperti asap, kabut dan residu kimiawi lainnya di kulit.

Dengan rutin memakai toner, kulit wajah akan terlihat lebih cerah dan sehat. Selain itu, bekas jerawat dan kerutan pun perlahan akan memudar meski butuh waktu yang tak sebentar.

Menghidrasi kulit

Toner membantu menghidrasi kulit wajah agar tetap elastis, halus, dan lembap. Menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini di wajah.

Ketika kulit terhidrasi dengan baik, produk-produk lainnya yang akan digunakan seperti serum atau pelembap akan lebih mudah diserap secara maksimal oleh kulit. Dengan begitu, fungsi dari produk perawatan kulit lainnya bisa didapatkan dengan maksimal jika sebelumnya menggunakan toner.

Menutrisi kulit

Berbagai produk toner kini tak hanya bertujuan untuk membersihkan dan melembapkan kulit saja. Namun, ada banyak sekali produk yang dilengkapi dengan vitamin serta nutrisi tertentu untuk kulit. Menggunakan produk sesuai kebutuhan wajah membantu menjaga kulit tetap sehat dan ternutrisi.

Lantas, apakah toner bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat?

Benarkah toner bisa untuk menghilangkan jerawat?

cara pakai toner

Dr. Alicia Zalka, seorang dokter kulit di Amerika Serikat, menyatakan bahwa toner membantu menghilangkan minyak berlebih, sisa sabun, dan sel-sel kulit mati yang masih menempel setelah mencuci muka.

Ketiga faktor tersebutlah yang menjadi pemicu utama kemunculan jerawat di kulit wajah. Ketika ketiga hal ini Anda kurangi keberadaannya lewat penggunaan toner, risiko jerawat muncul di masa depan pun bisa dicegah.

Namun, tentu saja toner tidak digunakan untuk menghilangkan jerawat. Apalagi menggantikan obat jerawat yang sedang Anda gunakan sekarang. Rutin pakai toner hanya mengurangi risiko kemunculan jerawat baru di kemudian hari, bukan menghilangkan yang sudah ada.

Pilih toner yang tepat

Menurut Dr. Zalka, toner tidak termasuk produk perawatan kulit yang wajib. Namun, tidak ada salahnya memasukkan produk ini dalam langkah perawatan kulit Anda. Terutama jika Anda memiliki kulit berminyak atau berpori-pori besar yang sangat rentan berjerawat.

Jika ingin menggunakan toner untuk menghilangkan atau mencegah jerawat, pilih produk yang tepat. Tidak semua toner cocok untuk kulit Anda. Gunakan produk yang mengandung bahan aktif khusus untuk basmi jerawat.

Jika wajah Anda mudah berjerawat, gunakan toner dengan kandungan asam beta dan alfa hidroksi (salisilat dan glikolat). Toner dengan dua kandungan ini bantu menjaga pori-pori tetap bersih dengan merontokkan sel kulit mati yang menempel.

Hindari toner yang mengandung alkohol. Alkohol justru dapat membuat kulit lebih kering sehingga sangat berisiko untuk tumbuh jerawat. Alhasil, toner beralkohol justru tidak efektif untuk menghilangkan jerawat.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Glass skin adalah tren kecantikan kulit bening bercahaya berasal dari Korea Selatan. Bagaimana langkah perawatan kulit untuk mendapatkannya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

7 Kesalahan yang Membuat Kulit Rentan Rusak Selama Bulan Puasa

Apabila tidak dijaga dengan baik, kulit wajah Anda bisa menjadi kurang nutrisi sampai rusak saat puasa. Ketahui beberapa penyebabnya di bawah ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Hari Raya, Ramadan 02/05/2020

Ini Alasannya Jerawat Muncul Meski di Rumah Saja

Saat Anda di rumah saja, mungkin Anda bingung mengapa Anda menjadi jerawatan. Hal ini memang bisa terjadi. Lalu mengapa jerawat muncul meski hanya di rumah?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

Cukup Minum Air Putih Bantu Menghilangkan Jerawat, Lho!

Minum air bermanfaat bagi kesehatan kulit. Namun, apakah minum air saja cukup untuk menghilangkan jerawat yang membandel?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

jerawat gara-gara kacamata

Cara Mencegah Masalah Jerawat Gara-gara Pemakaian Kacamata

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020
air garam untuk jerawat

Manfaat Air Garam untuk Atasi Masalah Jerawat

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 11/05/2020
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020
skincare bulan puasa

Apa Saja Produk Skincare yang Anda Butuhkan Saat Puasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020