4 Langkah Menyamarkan Jerawat dengan Makeup

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jerawat bisa bikin tidak pede. Namun, Anda jangan langsung stres jika tiba-tiba jerawat muncul. Semakin Anda stres, bisa-bisa semakin banyak pula jerawat yang muncul. Kebanyakan jerawat bisa diatasi dengan obat yang dijual bebas atau obat resep, bahkan menghilang dengan sendirinya. Sementara itu, Anda bisa ikuti langkah-langkah cara menyamarkan jerawat menggunakan makeup di bawah ini.

Bagaimana cara menyamarkan jerawat pada wajah?

Makeup bisa Anda jadikan cara cepat menyamarkan jerawat, tapi tentu tidak boleh digunakan sering-sering. Pasalnya, jerawat yang ditimpa makeup akan membuat kulit makin iritasi.

Belilah produk makeup yang khusus ditujukan untuk kulit berminyak atau rawan jerawat, dan pastikan cocok dengan jenis kulit Anda. Oleskan dengan teliti untuk menyamarkan jerawat.

Alat makeup yang diperlukan:

  • Pelembap bebas minyak
  • Concealer bebas minyak
  • Alas bedak
  • Kuas kecil padat
  • Bedak
  • Kuas makeup besar

Langkah ke-1

Tuangkan sedikit pelembap bebas minyak pada ujung jari Anda dan oleskan di sekitar wajah untuk mengurangi kekeringan yang disebabkan dari produk anti jerawat Anda. Gunakan pelembap dua kali sehari setelah membersihkan wajah untuk membuat kulit terlihat lebih halus dan cerah, dan sebagai cara menyamarkan jerawat.

Langkah ke-2

Tuangkan sejumlah kecil krim concealer ke ujung jari Anda. Usapkan concealer secara perlahan pada masing-masing titik jerawat. Pilih yang bebas minyak dan yang berwarna lebih cerah dari alas bedak Anda. Gabungkan beberapa concealer pada sisi hidung, untuk meratakan warna kulit dan menyembunyikan bayangan.

Sebelum mennggunakan concealer berwarna putih, gunakan yang berwarna hijau terlebih dahulu. Warna-warna kontras jerawat, seperti warna hijau, mampu menutupi dan menyamarkan jerawat Anda lebih maksimal.

Langkah ke-3

Oleskan cairan atau krim alas bedak yang tahan air pada wajah untuk meratakan warna kulit dan menutupi jerawat. Gunakan kuas makeup yang rata dan padat dan oleskan makeup secara lembut dengan gerakan memutar. Pilih alas bedak yang sesuai dengan warna kulit Anda, terasa ringan, dan diformulasikan untuk meringankan tampilan pori-pori.

Langkah ke-4

Sapukan kuas pada bedak translucent atau transparan,  kemudian kibaskan kuas terlebih dahulu untuk mengurangi bedak berlebih. Secara lembut, usapkan bedak pada wajah dengan gerakan memutar dimulai dari daerah T dan bergerak ke arah garis rambut dan dagu. Cari yang mengandung bahan seperti titanium oksida, oksida besi dan mika, yang bekerja untuk mengurangi kemerahan, menyerap minyak, dan menutupi jerawat.

Jangan lupa untuk mengatasi jerawat, jangan hanya menyamarkan saja

Berhubung Anda sudah mengetahui cara menyamarkan jerawat di atas, Anda juga perlu untuk mengatasi jerawat. Jangan biarkan jerawat hanya ditimpa make up dan disamarkan saja. Gunakan beberapa langkah perawatan penting sebagai cara mengatasi jerawat berikut ini:

  1. Bersihkan wajah Anda di pagi hari dengan menggunakan sabun bebas busa, sesua jenis kulit wajah, dan mengandung bahan asam salisilat. Cuci bersih wajah, dan keringkan dengan handuk.
  2. Oleskan krim jerawat yang pada jerawat Anda. Gunakan krim yang mengandung benzoyl peroksida. Bahan tersebut bisa membuat jerawat lebih kering.
  3. Jangan lupa oleskan tabir surya untuk mencegah kering pada wajah. Pasalnya, ketika Anda sedang menggunakan obat jerawat, kulit jadi lebih peka terhadap sinar matahari.
  4. Malam harinya setelah beraktivitas, cuci muka dengan sabun yang mengandung asam salisilat. Keringkan, lalu oleskan lotion yang mengandung 10 persen asam glikolat untuk melawan jerawat dan menyingkirkan sel kulit mati.
  5. Jika langkah di atas tidak bisa meringankan kondisi jerawat di wajah, ada baiknya Anda konsultasi dan berobat kepada dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Cara Mencegah Masalah Jerawat Gara-gara Pemakaian Kacamata

Ternyata, masalah jerawat juga bisa muncul gara-gara kacamata yang Anda gunakan setiap hari. Lantas, bagaimana cara mencegahnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Manfaat Air Garam untuk Atasi Masalah Jerawat

Ada banyak cara alami untuk mengatasi jerawat, salah satunya dengan menggunakan air garam. Bagaimana air garam bisa menghilangkan jerawat?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 11/05/2020 . Waktu baca 4 menit

9 Trik Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Berhijab bukan alasan untuk mangkir merawat rambut bagi wanita. Justru, rambut Anda perlu perhatian ekstra. Bagaimana cara merawatnya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 30/04/2020 . Waktu baca 6 menit

Ini Alasannya Jerawat Muncul Meski di Rumah Saja

Saat Anda di rumah saja, mungkin Anda bingung mengapa Anda menjadi jerawatan. Hal ini memang bisa terjadi. Lalu mengapa jerawat muncul meski hanya di rumah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 29/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mencegah ruam popok

Tips Mencegah Ruam Popok Pada Pantat Bayi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 4 menit
bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 09/06/2020 . Waktu baca 5 menit
gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . Waktu baca 5 menit
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020 . Waktu baca 4 menit