Tips Pintar Memilih Sabun Terbaik untuk Kulit Sensitif

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Dari sekian banyak jenis dan merek sabun mandi, manakah yang paling cocok dengan kebutuhan Anda? Beberapa dari Anda mungkin sudah memiliki produk atau merek favorit, tapi apakah produk tersebut benar-benar cocok untuk kebutuhan kulit Anda? Eits jangan sembarangan pilih produk kalau kulit Anda tergolong sensitif. Salah-salah, sabun yang Anda pakai justru memperparah kondisi kulit Anda. Begini cara yang benar memilih sabun untuk kulit sensitif.

Kenapa penting untuk pakai sabun mandi yang baik?

Setiap orang memiliki preferensi sendiri dalam memilih sabun mandi yang ingin digunakannya. Apakah itu sabun batang atau sabun cair, sabun yang wangi, atau sabun antibakteri yang bisa membunuh kuman?

Sebelum memilih, kenali dulu jenis kulit, jenis sabun, serta kegunaannya. Yang terpenting adalah memastikan sabun tersebut bukan hanya sekadar membersihkan kotoran dari tubuh Anda, tapi juga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat, lembut, dan indah.

Untuk mengetahui kulit sensitif terhadap suatu zat atau benda, biasanya diketahui oleh orang itu sendiri ketika terpapar oleh suatu zat atau benda tersebut. Biasanya hal ini terjadi akibat lapisan kulit tersebut tipis sehingga mudah mengalami iritasi, terluka, dan juga terjadi alergi. Untuk mengetahui apakah kulit Anda termasuk kulit sensitif atau tidak, diperlukan pemeriksaan kulit secara langsung oleh dokter spesialis kulit.

Memilih sabun untuk kulit sensitif

Anda mungkin sering membeli sabun berdasarkan preferensi atau bahkan karena terpengaruh iklan. Padahal yang lebih penting adalah memilih produk berdasarkan jenis kulit. Terutama jika kulit Anda cenderung sensitif, kering, atau justru terlalu berminyak.

Kulit yang sensitif sangat mudah sekali teriritasi, terutama dengan produk-produk kecantikan yang banyak mengandung bahan kimia. Untuk membersihkan sekaligus merawat kulit sensitif, gunakan sabun mandi yang kandungannya alami dan menenangkan kulit. Carilah sabun yang komposisinya mengandung lidah buaya, cocoa butter, vitamin E, atau chamomile. Bahan-bahan alami tersebut diketahui dapat memberikan efek menenangkan bagi kulit.

Untuk mencegah timbulnya iritasi, sebaiknya Anda yang berkulit sensitif menggunakan sabun dengan sedikit atau tanpa pewangi. Pastikan juga sabun yang Anda pilih memiliki kandungan tingkat pH yang seimbang. Hindari sabun yang mengandung bahan antibakteri, pewangi, dan deodoran.

Cara memilih sabun untuk kulit sensitif

Sabun untuk kulit sensitif yang baik kualitasnya akan membuat kulit Anda terlihat lebih halus, indah, dan sehat. Tapi, pilih yang seperti apa?

1. Sabun batang

Kandungan sodium hidroksida di dalam sabun batang berguna untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Meski begitu, kandungan bahan aktif ini bersifat mengeringkan kulit.

Jika Anda lebih memilih sabun batang, pastikan sabun pilihan Anda tidak mengandung alkali tinggi yang dapat menyebabkan iritasi dan kulit kering. Sebaliknya, gunakan sabun batang yang mengandung banyak emolien untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Sabun cair

Selain membersihkan kotoran, sabun cair biasanya mengandung pelembap seperti petrolatum yang berguna untuk menjaga kulit tetap lembut. Sabun cair dengan label moisturizing (melembapkan) adalah pilihan yang paling baik untuk mereka yang berkulit kering dan sensitif, karena selain mengandung petrolatum juga mengandung minyak pelembap alami.

3. Shower Gel

Sama seperti sabun cair, shower gel juga berbentuk cair. Bedanya, tekstur shower gel lebih kental dan biasanya mengandung lebih banyak pewangi. Kandungan pewangi sebisa mungkin harus dihindari oleh pemilik kulit sensitif jika tidak mau iritasi kulit semakin meradang. Jenis sabun ini lebih cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak.

Jika Anda masih menemukan masalah setelah memilih sabun untuk kulit sensitif, cobalah temui spesialis perawatan kulit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca