6 Cara Ampuh dan Cepat untuk Hilangkan Jerawat Membandel

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Jerawat membandel itu mengganggu penampilan. Bahkan juga bisa sampai bikin tidak pede. Namun, tenang. Ada banyak cara efektif untuk membantu menghilangkan dan mengatasi jerawat di wajah.

Pilihan cara mengatasi dan menghilangkan jerawat di wajah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat di wajah, seperti:

1. Pakai obat jerawat

vitacid

Obat oles masih menjadi cara paling ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel. Ada dua pilihan obat jerawat yang bisa Anda gunakan, dari resep dokter atau beli sendiri di pasaran.

Jika ingin mengatasi jerawat dengan produk bebas (nonresep), pilihlah yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Benzoil peroksida dianggap sebagai penangkal jerawat pustula (bintil jerawat berisi nanah) yang paling efektif. Benzoil peroksida juga membantu membasmi bakteri penyebab jerawat, menghilangkan kelebihan minyak, dan mengelupaskan sel kulit mati yang bisa menyumbat pori.

Sementara itu, asam salisilat biasanya paling bagus untuk membasmi jerawat kecil seperti whitehead dan blackhead. Asam salisilat juga bisa membantu mencegah komedo muncul di kemudian hari.

Apabila ingin berobat ke dokter, obat jerawat yang biasanya diresepkan bisa juga berupa obat oles dengan kandungan sama maupun obat oral (minum). Misalnya seperti erythromycin, tetracycline, tretinoin, atau minocycline

2. Pakai masker belerang

manfaat masker putih telur

Agar upaya menghilangkan jerawat Anda lebih efetif, kombinasikan obat dengan perawatan dari luar seperti masker wajah.

Dari berbagai macam pilihan masker, masker belerang terbilang ampuh untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan mengurangi peradangan. Alhasil, jerawat yang tadinya bengkak memerah bisa mengempis dan terlihat lebih kecil.

Namun ingat, gunakan produk sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan. Jangan membiarkannya terlalu lama atau menggunakannya terlalu sering dari yang disarankan.

3. Kompres es batu

radang dingin

Kompres es batu bukan cara menghilangkan jerawat yang efektif, tapi memang cukup ampuh untuk mengempiskan jerawat. Sebab dinginnya es batu membantu mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit. Cara ini cocok dicoba untuk mengatasi jerawat batu atau kistik yang berukuran besar.

Sebelum mengompres es pada jerawat, bungkus es batu terlebih dahulu dengan kain lembut atau tisu. Kemudian, tempelkan di kulit yang meradang selama 20-30 detik. Ulangi beberapa kali sehari terutama saat jerawat sedang bengkak.

4. Oles tea tree oil

tea tree oil

Jika Anda suka dengan perawatan alami, tea tree oil bisa jadi salah satu pilihan cara menghilangkan jerawat di wajah. Tea tree oil membantu mematikan bakteri penyebab bakteri (P. acnes dan S. epidermidis) dan meredakan peradangan pada kulit.

Sebuah penelitian di tahun 2007 menemukan bukti bahwa tea tree oil 3,5 kali lebih efektif mengurangi jumlah bintil jerawat. Selain itu, minyak ini juga terbukti 5,75 kali lebih efektif mengurangi keparahan jerawat dibandingkan dengan plasebo.

Sebelum menggunakannya, pastikan dulu kulit tidak rentan iritasi terhadap bahan yang satu ini. Anda bisa tes dulu dengan mengoleskan sedikit tea tree oil pada bagian kulit wajah yang tidak bermasalah. Misalnya, rahang. Kemudian diamkan selama kurang lebih 24 jam untuk melihat reaksinya.

Jika tidak ada tanda iritasi atau gatal, tandanya minyak ini cukup aman digunakan untuk mengatasi jerawat meradang.

5. Oles lidah buaya

Gel lidah buaya terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka. Dilansir dari penelitian yang diterbitkan di Indian Journal of Dermatology, lidah buaya mengandung lupeol, asam salisilat, urea nitrogen, asam cinnamonic, dan fenol yang bisa menghambat bakteri penyebab jerawat.

Gel lidah buaya bisa digunakan ke kulit tanpa campuran apa pun atau berbarengan dengan obat jerawat lainnya. Sebuah penelitian membuktikan, menggunakan gel lidah buaya 50% dengan krim tretinoin lebih efektif dibanding pakai tretinoin saja.

6. Suntik jerawat

suntik botox saat hamil

Untuk jerawat yang sangat parah, sakit, dan jerawat kistik yang sulit sembuh, suntik jerawat bisa jadi pilihan. Terlebih jika berbagai cara menghilangkan jerawat di atas tidak cukup efektif untuk Anda.

Dokter biasanya akan menyuntikkan kortison encer langsung ke jerawat. Setelahnya bengkak dan rasa sakit akan perlahan surut. Jerawat akan kempis total dan hilang dalam waktu 48 jam setelah disuntik.

Setelah itu, dokter dapat merekomendasikan kombinasi obat jerawat seperti retinoid dan antibiotik  untuk mencegah kemunculan jerawat di kemudian hari.

Namun, selalu konsultasi dulu ke dokter sebelum melakukan prosedur yang satu ini.

Kapan harus ke dokter?

cara menghilangkan jerawat batu di dokter

Berbagai cara menghilangkan jerawat di atas bisa Anda coba. Namun, tidak semua jerawat bisa diobati dengan cara yang sama. Tidak semua jerawat juga lantas bisa hilang secara instan hanya dengan perawatan rumahan. Jerawat kistik yang menyebar di seluruh wajah biasanya perlu penanganan dokter.

Maka apabila Anda telah mencoba berbagai cara untuk mengatasi jerawat tapi tidak membuahkan hasil, segera konsultasi ke dokter. Apalagi jika Anda telah mencoba perawatan selama 4-6 minggu, tapi kemunculan jerawat justru lebih parah.

Tak perlu takut untuk pergi ke dokter kulit. Pasalnya, dokter akan menyesuaikan jenis dan dosis obat sesuai dengan penyebab serta keparahan jerawat yang Anda alami.

Jangan khawatir Anda akan ketergantungan obat. Pasalnya, dokter spesialis kulit juga tidak sembarangan memberikan pilihan pengobatan untuk mengatasi masalah wajah Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca