5 Kiat Jitu Mengatasi Psoriasis yang Kambuh Akibat Cuaca Dingin

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Psoriasis adalah peradangan kulit kronis yang bisa kambuh sewaktu-waktu, kadang muncul kadang hilang. Biasanya, psoriasis gampang kambuh jika Anda stres atau makan makanan tertentu. Selain kedua hal tadi, kondisi cuaca yang dingin ternyata juga bisa memengaruhi kondisi Anda juga. Lantas, bagaimana cara mengatasi psoriasis di musim dingin? Berikut ulasannya.

Cara mengatasi psoriasis di musim dingin

Pada saat cuaca dingin, terjadi penurunan kelembapan dan suhu menjadi lebih dingin. Kondisi ini membuat kulit Anda jadi lebih kering dan gejala psoriasis jadi makin memburuk.

Jangan panik dulu, berikut ini beberapa cara mengatasi psoriasis yang bisa Anda lakukan di musim dingin.

1. Jangan digaruk

berhenti menggaruk kulit

Banyak orang mengira bahwa menggaruk kulit yang gatal adalah cara mengatasi psoriasis yang paling efektif. Padahal yang terjadi justru sebaliknya.

Menggaruk area kulit yang terkena psoriasis justru akan memicu infeksi pada kulit. Bahkan bagi sebagian orang, kebiasaan yang satu ini bisa menimbulkan lesi psoriasis baru.

Meski rasa gatalnya tak tertahankan, jangan sesekali menggaruk kulit. Tetap tenang dan atur pernapasan Anda untuk meredakan gejalanya.

2. Pakai pelembap

Karena cuaca dingin bikin kulit jadi kering, selalu siapkan losion pelembap. Losion ini dapat membantu mengunci kelembapan kulit dan mencegah psoriasis kambuh.

Untuk hasil terbaik, oleskan losion pelembap setelah mandi, cuci tangan, dan setiap kulit terasa kering. Semakin sering Anda menggunakannya, maka gejala psoriasis pun dapat lebih mudah dikendalikan.

3. Pasang humidifier

cara membersihkan humidifier

Sudah pakai pelembap tapi gejala psoriasis masih saja kambuh? Coba gunakan humidifier di dalam ruangan. Humidifier ini akan membuat udara di sekitar Anda jadi lebih lembap dan mencegah kulit kering.

4. Hindari pakaian berbahan wol

hidung terasa dingin

Selama musim dingin, Anda mungkin mencari sweater berbahan wol tebal untuk menghangatkan tubuh. Akan tetapi bagi Anda yang punya psoriasis, sebaiknya hindari jenis pakaian yang satu ini.

Serat wol justru dapat memicu rasa gatal pada kulit dan memperparah psoriasis. Namun jika Anda memang harus memakai sweater wol tersebut, gunakan baju berbahan katun terlebih dahulu sebelum pakai sweater. Hal ini akan melindungi kulit Anda dari gatal akibat psoriasis sekaligus bikin tubuh jadi hangat.

5. Hangatkan tubuh

cuaca dingin

Bukan cuma bikin kulit jadi gatal, sentuhan udara dingin juga bisa bikin semua sendi tubuh jadi sakit. Untuk mengatasinya, pastikan tubuh Anda tetap hangat, baik di dalam maupun luar rumah.

Sebelum pergi ke luar rumah, pastikan Anda selalu memakai syal, topi, hingga sarung tangan yang lembut. Lagi-lagi, pilihlah jenis pakaian yang berbahan katun daripada wol untuk melindungi kulit dari gesekan yang dapat memicu psoriasis kambuh.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca