Cara Membuat Masker Beras untuk Berbagai Masalah Kulit Wajah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Beras kaya akan vitamin B kompleks yang diperlukan untuk menjaga kulit wajah tetap sehat, berkilau, dan terhindar dari penuaan dini. Salah satu cara memperoleh manfaat ini adalah membuat masker beras untuk kulit wajah.

Membuat masker beras tidaklah sulit. Cukup sediakan bahan baku berupa beras putih, dan Anda bisa mendapatkan manfaatnya tanpa harus menghabiskan banyak biaya.

Manfaat masker beras untuk wajah dan cara membuatnya

manfaat masker putih telur

Beras adalah bahan yang sesuai untuk melembapkan kulit, mencerahkan kulit, serta membuang sel kulit mati karena kandungan vitaminnya.

Masker ini pun cukup serbaguna karena dapat digunakan pada jenis kulit normal, berjerawat, kering, hingga sensitif.

Anda bisa menggunakan bulir utuh, air beras, atau tepung beras. Anda juga dapat mencampurkan bahan tambahan untuk memperoleh lebih banyak manfaat bagi kulit.

Berikut adalah cara membuat masker beras untuk berbagai kebutuhan kulit:

1. Beras dan kayu manis untuk kulit kering

cara membuat masker beras

Masker beras dan kayu manis memiliki manfaat sebagai pencerah kulit dan antioksidan. Bila ada, Anda juga bisa menambahkan gliserin untuk menjaga kelembapan kulit sehingga wajah tidak mudah kering.

Gliserin adalah senyawa berbentuk cairan kental yang banyak digunakan dalam sabun dan produk kecantikan. Bahan ini biasanya dikemas dalam botol dan bisa dibeli di apotek.

Cara membuat masker beras dan kayu manis sangatlah mudah. Masaklah 80 gram beras hingga lunak, lalu tambahkan 2 sendok makan kayu manis dan 1 sendok makan gliserin.

Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air dingin. Gunakan 1 kali setiap minggu.

2. Beras dan madu untuk kulit berminyak

Beras dan madu dapat mengurangi minyak berlebih, membersihkan pori-pori, serta menangkal bakteri penyebab jerawat tanpa membuat kulit kering.

Agar kelembapan kulit semakin terjaga, Anda juga dapat menambahkan susu mentah ketika membuat masker beras.

Campurkan 3 sendok makan beras yang telah dimasak, 2 sendok makan madu, dan 1 sendok makan susu mentah. Aduk hingga teksturnya membentuk pasta.

Oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Kemudian, bilas wajah Anda dengan air dingin.

Anda bisa melakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

masker yogurt

3. Beras dan putih telur untuk mencegah penuaan dini

Masker beras dan putih telur memiliki manfaat bagi kulit yang mulai menua, yakni untuk mengencangkan pori-pori dan merangsang pembelahan sel kulit wajah.

Untuk melindungi kulit wajah dari kotoran, Anda dapat menambahkan gliserin.

Cara membuat masker beras dan putih telur sangatlah sederhana. Cukup campurkan 2 sendok makan tepung beras, bagian putih dari 1 butir telur, dan 4 tetes gliserin hingga rata.

Oleskan pada kulit wajah dan pijat lembut hingga seluruh permukaan kulit wajah tertutup masker. Biarkan hingga kering, lalu Anda dapat membilasnya dengan air. Lakukan sebanyak 1-2 kali seminggu.

4. Masker dari air beras

minum air beras

Air beras mengandung berbagai vitamin, mineral, serta nutrisi lainnya yang dapat melindungi dan memperbaiki kerusakan pada kulit. Bahan ini juga berperan sebagai pelembut dan toner alami yang menjaga kelembapan kulit.

Untuk membuatnya, tuangkan 80 gram beras ke dalam mangkuk dan tambahkan air hingga seluruh beras terendam sedalam 3 sentimeter. Biarkan selama 30-60 menit hingga air beras tampak keruh. Lalu, saringlah air rendaman dari beras.

Ambil beberapa lembar tisu wajah atau serat kain, lalu guntinglah lubang untuk bagian mata, hidung, dan mulut. Rendam dalam air beras selama 10 menit, kemudian tempelkan pada wajah Anda selama 15 menit.

Cara membuat masker beras sebenarnya amat sederhana. Anda bahkan dapat memanfaatkan berbagai bahan alami yang tersedia di rumah seperti madu, kayu manis, dan putih telur.

Agar hasilnya optimal, rutinlah menggunakan masker beras setiap minggu sampai hasilnya terlihat. Bila kulit wajah menunjukkan gejala iritasi, hentikan pemakaian masker dan berkonsultasilah dengan dokter kulit.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca