Berbagai Obat Alami untuk Membantu Menyembuhkan Demam Berdarah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Demam berdarah dengue atau biasa disebut DBD adalah penyakit akibat virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. DBD dapat menyebabkan perdarahan organ dalam yang berakibat fatal apabila tidak diobati. Sayangnya, belum ditemukan satu jenis obat yang pasti mujarab menyembuhkan demam berdarah. Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk opname dan minum obat pereda nyeri seperti paracetamol atau aspirin guna meringankan gejalanya. Nah selain itu, beberapa obat alami dan tradisional berikut dilaporkan berpotensi mempercepat penyembuhan demam berdarah (DBD).

Daftar obat tradisional dan alami untuk demam berdarah (DBD)

Infeksi DBD menyebabkan kadar trombosit tubuh menurun drastis sehingga jumlah sel darah merah menurun. Ini meningkatkan risiko Anda mengalami perdarahan dalam yang dapat menyebabkan kehilangan banyak darah.

Sejumlah obat tradisional demam berdarah (DBD) ini dapat membantu meningkatkan kadar trombosit secara alami. Ada pula yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi untuk mempercepat proses penyembuhan.

1. Jambu biji

jambu biji penyebab usus buntu

Buah jambu biji adalah obat tradisional yang paling populer untuk DBD.

Buah ini mengandung trombinol yang mampu merangsang trombopoietin. Trombopoietin adalah senyawa aktif dalam tubuh yang memicu pembentukan keping darah baru sehingga menaikkan jumlah trombosit.

Jambu biji juga mengandung magnesium, zat besi, fosfor, dan kalsium yang ikut membantu meningkatkan jumlah keping darah. Fosfor khususnya membantu memperbaiki jaringan-jaringan di sekitar pembuluh darah yang rusak dan mengalami kebocoran.

Selain itu, jambu biji dinobatkan sebagai obat demam berdarah alami karena kaya akan quercetin. Quercetin adalah senyawa alami yang bisa menekan pertumbuhan virus dengue dalam tubuh pasien DBD.

Namun, orang yang sedang sakit DBD sebaiknya makan atau minum sesuatu yang lebih mudah dicerna. Maka untuk menyiasati jambu biji sebagai obat tradisional DBD, blender dulu buah ini sampai halus. Selain mudah dicerna, kandungan air dalam daging buah jambu biji juga baik untuk mencegah dehidrasi.

2. Beras angkak

manfaat angkak

Angkak adalah jenis beras merah dari Tiongkok yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. Ada berbagai penelitian yang dilakukan untuk membuktikan angkak sebagai obat herbal DBD.

Salah satunya adalah penelitian dari IPB tahun 2012 menunjukkan bahwa kapsul ekstrak angkak dapat meningkatkan trombosit pada tikus putih yang mengalami trombositopenia (kadar trombosit dalam darah rendah). Pemberian angkak yang meningkatkan kadar trombosit dapat membantu pasien DBD lebih cepat sembuh.

Selain itu, penelitian lain tahun 2015 masih dari IPB melaporkan kombinasi angkak dan jambu biji juga dapat menjadi obat demam berdarah alami. 

3. Echinacea

manfaat bunga echinacea

Echinacea adalah tanaman herbal yang biasa digunakan untuk mengobati demam dan flu.

Menurut Pakistan Journal of Clinical and Biomedical Research, echinacea dapat memicu produksi protein dan interferon tambahan. Kedua zat ini berfungsi sebagai reaksi imun untuk melawan serangan bakteri dan virus, juga meningkatkan daya tahan tubuh. 

4. Daun pepaya

manfaat daun pepaya

Tidak hanya sedap dijadikan lauk makan nasi, daun pepaya juga berpotensi baik sebagai obat tradisional penyembuh DBD.

Ada dua penelitian berbeda dari India yang menyelidiki kompilkasi laporan manfaat daun pepaya sebagai obat demam berdarah alami. Kesimpulannya, ekstrak daun pepaya dapat membantu meningkatkan kadar trombosit dalam darah pengidap demam berdarah. Ini diduga karena daun pepaya membantu menstabilkan dinding sel keping darah sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue.

Anda bisa cuci bersih 50 gram daun pepaya dengan air mengalir. Kemudian tumbuk daun hingga halus tapi jangan sampai menjadi bubuk. Seduh gerusan daun pepaya tersebut dan saring airnya.

Minum air rebusan daun pepaya 3 kali dalam sehari sebagai obat demam berdarah alami.

5. Patikan Kebo (Gulma)

Patikan kebo atau gulma adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di pekarangan. Tanaman ini juga diyakini punya manfaat kesehatan sebagai obat tradisional untuk DBD. Patikan kebo ini banyak digunakan dengan cara dibersihkan dan airnya direbus untuk diminum penderita DBD.

Di Filipina, patikan kebo  dijadikan penelitian untuk mengatahui benar  atau tidaknya manfaat gulma ini untuk mengatasi demam berdarah. Hasilnya didapat bahwa tanaman liar ini memang dapat mengurangi pembentukan plak virus DBD stereotip 1 dan 2. 

Sebelum mencoba tanaman patikan kebo untuk obat demam berdarah alami, konsultasi dulu ke dokter untuk saran dan dosis pengobatan yang tepat. 

6. Daun sambiloto

khasiat sambiloto

Sambiloto adalah daun herbal yang biasa digunakan dalam bahan jamu. Sambiloto dalam minuman jamu memang menyehatkan, namun rasanya sangat pahit. Meskipun pahit, sambiloto ini punya manfaat sebagai obat herbal untuk sakit DBD. 

Pada sebuah penelitian tahun 2016, menemukan fakta bahwa ekstrak sambiloto dapat membasmi vektor virus penyebab demam. Namun masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk menguji keampuhan sambiloto sebagai obat tradisional DBD yang aman dikonsumsi. 

 7. Makan sayuran kaya vitamin C

kebutuhan vitamin C saat puasa

Sayuran tinggi vitamin C seperti kubis, brokoli, kembang kol, dan labu kuning dapat menjadi obat tradisional untuk DBD. 

Vitamin C sangat berperan penting untuk memperbaiki dan menumbuhkan kembali jaringan tubuh yang rusak. Vitamin C juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk menyerang kuman penyebab penyakir dengan meningkatkan antibodi dan produksi sel darah putih.

Anda juga dapat mengonsumsi buah tinggi vitamin C seperti jeruk, kiwi, dan mangga sebagai obat demam berdarah alami selain jambu biji.

8. Minum banyak air

minum air putih menghilangkan batu ginjal

Minum banyak air putih adalah obat tradisional yang paling manjur untuk menurunkan demam akibat DBD. Asupan air yang mencukupi juga dapat mencegah risiko dehidrasi dan syok.

Asupan cairan untuk orang DBD tidak hanya bisa didapatkan dari air mineral saja. Anda bisa mendapatkan cairan dari makan buah-buahan berair, dari  jus buah, makanan berkuah hangat, bahkan dari larutan elektrolit.

Minuman elektrolit adalah obat demam berdarah alami yang dapat mencegah kebocoran plasma darah pada pasien DBD.

9. Suplemen seng

penyerapan vitamin C

Selain vitamin C, seng adalah mineral penting yang dapat menjadi obat demam berdarah alami. Seng punya peran penting untuk meningkatkan jumlah interferon yang dapat melindungi tubuh Anda demam berdarah.  Mengonsumsi makanan atau suplemen seng, juga dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh yang sedang melawan virus dengue. 

Anda bisa mengonsumsi makanan mengandung seng seperti daging merah, kacang-kacangan, dan sereal. Anda juga bisa mengonsumsi supelemen seng sebanyak 25 mg satu kali setiap hari untuk membantu tubuh melawan demam berdarah.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca