Benarkah Mengunyah Bawang Putih Mentah Bisa Sembuhkan Batuk?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Selain jadi bumbu penyedap masakan, bawang putih mentah juga sering digunakan sebagai obat herbal berkat kandungan nutrisinya yang sudah tidak diragukan lagi. Bawang ini mengandung allicin, vitamin, mineral, dan asam amino yang dipercaya untuk mengobati infeksi, radang, dan pilek, hingga masalah pencernaan. Nah ada satu lagi manfaat ngunyah makan bawang putih untuk Anda: meredakan batuk. Tapi seberapa efektif sebenarnya khasiat bawang putih yang satu ini? 

Sekilas tentang penyebab batuk

Batuk adalah refleks natural dari sistem perlindungan tubuh yang timbul apabila saluran udara di belakang kerongkongan teriritasi, akibat virus, bakteri, reaksi alergi, ataupun zat asing, seperti debu dan lendir. Iritasi ini kemudian memicu paru-paru untuk mengeluarkan udara dengan tekanan yang tinggi. Batuk adalah refleks tubuh untuk membantu membersihkan paru-paru dan saluran udara.

Lalu, apa benar khasiat bawang putih bisa redakan batuk?

punggung sakit saat batuk

Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang jenis ini ternyata memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh membunuh berbagai organisme penyebab penyakit.

Namun demikian, mengunyah bawang putih mentah sebenarnya tidak akan menyembuhkan batuk itu sendiri — entah itu akibat virus, reaksi alergi, atau bakteri. Bagaimanapun juga, sebuah studi dalam jurnal Advances in Therapy membuktikan bahwa makan bawang putih mentah di musim flu bisa meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah dan/atau meredakan gejala penyakit tersebut.

Pada kebanyakan kasus, batuk memang dapat menjadi gejala yang mengikuti flu. Bawang jenis ini pada dasarnya tidak memiliki manfaat khusus untuk batuk, tapi bisa mencegah infeksi sekunder yang menyebabkan batuk, seperti bronkitis atau pneumonia. Dari sinilah anggapan khasiat bawang putih bisa meredakan batuk, padahal, sih, tidak.

Sederhananya, khasiat bawang putih yang dikonsumsi secara rutin hanyalah sebagai salah satu bentuk upaya pencegahan berbagai jenis penyakit, bukan untuk menyembuhkan.

Cara yang benar untuk menyembuhkan batuk

obat batuk

Jika Anda batuk, salah satu cara efektif untuk menyembuhkan batuk beserta gejalanya adalah dengan minum obat batuk. Obat herbal, apapun bentuknya, hanyalah sebagai asupan penunjang untuk menjaga kesehatan, pemulihan penyakit, meringankan gejala, atau menurunkan risiko dari penyakit — bukan untuk menyembuhkan. Pasalnya, akar penyebab gejala harus lebih dulu dibasmi agar semua keluhan bisa benar-benar sembuh.

Jenis obat batuk yang Anda gunakan akan tergantung dari apa penyebab batuk itu sendiri. Jika batuk disebabkan oleh infeksi bakteri dan kuman, Anda bisa menggunakan antibiotik resep dari dokter. Jika batuk dan gejala lainnya disebabkan oleh virus, dokter dapat meresepkan obat antiviral, tergantung dari kondisi yang mendasarinya.

Pemilihan obat pun juga akan tergantung dari gejala batuk yang Anda alami. Obat batuk ekspektoran dan mukolitik (bromhexine) digunakan untuk mengatasi batuk berdahak, sementara obat batuk antitusif digunakan untuk mengobati batuk kering.

Obat batuk bisa Anda beli bebas di warung atau apotek terdekat tanpa harus menebus resep. Sebaiknya tetap konsultasikan dulu dengan dokter seputar kondisi kesehatan Anda.

Khasiat bawang putih mentah lainnya bagi kesehatan

Sejak dahulu, bawang ini sering digunakan untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Meski beberapa penelitian berhasil membuktikan manfaatnya, tak sedikit pula yang membutuhkan penelitian lanjutan guna memastikan manfaat bawang jenis ini. Secara umum, berikut beberapa khasiat mengonsumsi bawang putih mentah bagi kesehatan:

1. Menyehatkan jantung

mencegah penyakit jantung keturunan

Bawang putih sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi yang berhubungan dengan jantung. Kondisi-kondisi ini termasuk kolesterol tinggi, penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan pengerasan pembuluh darah (atherosclerosis).

Salah satu penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition berhasil membuktikan manfaat bawang putih untuk jantung. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang rutin mengonsumsi bawang ini berisiko lebih rendah mengalami penumpukan plak di bagian arteri koronernya. Arteri koroner sendiri merupakan pembuluh darah yang memompa darah ke jantung.

Tak hanya itu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine, mengonsumsi bawang putih mentah setidaknya 10 gram setiap hari selama dua bulan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Mencegah kanker

pasien kanker sulit tidur

Bawang putih ternyata kaya akan kandungan sulfur bioaktif. Menurut National Cancer Institute di Amerika Serikat, senyawa tersebut bisa mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Pasalnya, sulfur bioaktif berfungsi untuk melindungi tubuh dari zat karsinogen (penyebab kanker), memperbaiki dan membunuh sel tubuh yang rusak, serta membantu menghambat penyebaran sel yang tidak sehat.

Beberapa penilitian telah membuktikan bahwa bawang ini dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker paru-paru.

3.  Meningkatkan daya tahan tubuh

bahagia senang senyum wanita sehat

Sebuah studi dalam jurnal Advances in Therapy menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah di musim flu, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah penyakit tersebut.

Para peneliti mengatakan bahwa kandungan senyawa aktif allicin dalam bawang ini berfungsi sebagai antivirus, antimikroba, dan antijamur, sehingga efektif untuk membantu mencegah berbagai infeksi penyakit yang ingin menyerang tubuh Anda.

4. Mengendalikan tekanan darah

tekanan darah rendah

Selain berbagai hal yang sudah disebutkan di atas, bawang ini ternyata juga menyimpan manfaat bagi orang yang memiliki hipertensi alias tekanan darah tinggi. Ya, menurut sebuah jurnal ilmiah yang berjudul Maturitas, kandungan polisulfida pada bawnag ini diketahui dapat membantu mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Kandungan polisulfida dalam bawang ini berfungsi untuk membantu melebarkan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar. Dengan begitu, tekanan darah Anda bisa lebih terkendali.

5. Mengatasi rambut rontok

rambut rontok saat hamil

Menariknya, bawang ini juga memberikan manfaat untuk kesehatan rambut Anda, lho. Ya, bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok, bawang ini dapat membantu memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala.

Alhasil, kerontokan rambut Anda bisa sedikit terkendali. Beberapa orang bahkan mengoleskan gel bawang putih di kepala untuk mencegah kebotakan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca