Ini Alasannya Kenapa Sakit Flu Pada Laki-Laki Lebih Parah Ketimbang Wanita

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Seberapa sering Anda terkena sakit flu? Jika Anda sedang merasa flu, Anda pun akan merasa semua badan Anda tidak enak atau timbul gejala pusing. Anda mungkin menganggap semua gejala tersebut akan dialami oleh hampir semua orang yang sedang terserang flu. tapi ternyata beberapa penelitian menyatakan bahwa laki-laki mengalami gejala yang lebih parah ketika terkena flu ketimbang wanita. Lalu mengapa hal ini terjadi? Apa alasannya laki-laki mengalami gejala yang lebih buruk?

Gejala sakit flu yang dialami laki-laki lebih buruk ketimbang wanita

Ketika seorang wanita diserang sakit flu, kebanyakan dari mereka tetap melakukan kegiatan sehari-harinya. Tidak seperti laki-laki yang jika sudah mengalami gejala flu, maka kebanyakan akan memutuskan beristirahat di rumah dan tak melakukan apapun.

Sebenarnya, gejala yang muncul tidak ada bedanya antara wanita dengan laki-laki. Keparahan gejala justru tergantung dengan fungsi tubuh individu masing-masing, sebab tingkat kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin.

Sampai saat ini para peneliti belum sepenuhnya mengerti mengapa laki-laki merasa lebih menderita jika mengalami sakit flu dari pada wanita. Namun perbedaan ini disebabkan oleh fungsi tubuh serta sifat dari kedua kelompok tersebut yang berbeda.

Hormon testoteron membuat laki-laki rentan dan sering mengalami sakit flu

Salah satu perbedaan biologis yang paling besar dan terlihat di antara keduanya adalah masing-masing memiliki hormon yang dominan. Kaum wanita mempunyai hormon estrogen, sedangkan para laki-laki bertahan dengan hormon testoteronnya.

Hormon estrogen merespon sistem kekebalan tubuh lebih baik ketimbang hormon testoteron. Sebab, kehadiran hormon estrogen justru akan meningkatkan kekebalan tubuh wanita. Sedangkan hormon testoteron sebaliknya, justru menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan sebuah penelitian yang berasal dari McGill University Health Centre menyatakan bila kaum wanita memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dari pada laki-laki. Dalam penelitian ini, para peneliti menyimpulkan jika wanita mendapat keuntungan dari hormon estrogen yang dimilikinya tersebut. Sebab hormon estrogen dapat meningkatkan respon sistem imun sehingga tubuh mampu menangkal dan merespon lebih baik bila ada kuman penyakit masuk ke dalam tubuh.

Apa yang dapat Anda lakukan agar sakit flu tidak semakin parah?

Meskipun penelitian mengatakan bahwa terdapat perbedaan antara sistem kekebalan wanita dengan laki-laki, namun memang ketahanan tubuh tergantung dengan kondisi masing-masing individu. Berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat penyakit flu hilang dari Anda:

  • Minum air putih yang banyak. Semakin tubuh terhidrasi dengan baik maka akan semakin cepat penyakit flu meninggalkan tubuh Anda.
  • Mengonsumsi makanan yang berkuah dan hangat, seperti sup ayam. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Chest menunjukan bahwa makan sup ayam bisa mengatasi gejala infeksi saluran pernapasan.
  • Berolahraga dengan teratur. Jangan jadikan sakit flu Anda sebagai alasan untuk menghindari olahraga. Melakukan olahraga rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Vitamin C dapat membuat tubuh Anda lebih kebal terhadap bakteri penyakit, termasuk penyakit flu.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca