Obat Batuk Sebenarnya Tak Bisa Menyembuhkan Batuk Anda

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Saat Anda batuk, apa yang Anda lakukan? Langsung membeli obat di apotek terdekat dan kemudian meminumnya? Pasti Anda berharap obat batuk yang Anda minum bisa membuat kondisi Anda lebih baik. Tapi apa yang Anda dapat? Batuk tak kunjung hilang walaupun sudah minum obat. Mungkin, obat yang Anda minum salah atau memang obat tersebut tak bisa menyembuhkan batuk.

Ya, beberapa penelitian menyatakan jika obat batuk sebenarnya tidak mampu membuat batuk Anda hilang. Mengapa? 

Kenapa obat batuk tidak bisa menyembuhkan batuk?

Ya, memang obat batuk adalah andalan semua orang yang sedang diserang batuk. Tetapi, beberapa penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa obat warung tersebut tidak bisa membuat batuk reda. Mengapa?

Pada dasarnya, batuk adalah bentuk dari respon tubuh yang normal. Ketika Anda batuk, tubuh sedang berusaha mengeluarkan zat asing di dalam tenggorokan yang bisa mengganggu kesehatan Anda. Batuk disebut-sebut gejala yang paling sering dan banyak terjadi. Bahkan menurut survei, terdapat 30 juta lebih orang yang pergi ke dokter dan mengeluhkan gejala batuknya.

Lalu kenapa obat batuk tidak benar-benar bisa membuat Anda sembuh dari batuk? Batuk yang Anda alami bisa disebabkan oleh beberapa hal. Sebagian besar gejala batuk disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Sementara, obat batuk yang ada di pasaran tersebut tidak bekerja untuk mematikan dan mengalahkan virus. Kebanyakan obat hanya akan membuat gejala batuk Anda mereda.

Memilih obat batuk berdasarkan fungsinya

Jangan hanya karena sudah tidak tahan dengan gejala batuk yang dirasakan, Anda membeli dan minum obat batuk jenis apapun yang ada di toko obat. Meskipun terlihat sama, obat-obat batuk tersebut pada dasarnya berbeda-beda jenis dan kegunaannya. Berikut adalah jenis obat batuk beserta fungsinya di dalam tubuh:

  • Ekspektoran, yaitu obat yang berguna untuk membuat mukus atau lendir di tenggorokan berkurang dan membuat Anda lebih mudah untuk batuk. Oleh karena itu, obat jenis ini lebih cocok diminum oleh orang yang mengalami batuk berdahak, agar dahaknya lebih mudah untuk dikeluarkan.
  • Supresan, merupakan obat bekerja meredakan batuk dengan cara menghalangi tubuh melakukan refleks batuk. Bahan obat yang dapat melakukan hal tersebut adalah dextromethorphan, yang bisa Anda lihat di bahan atau komposisi obat yang Anda beli. Jenis obat ini cocok untuk meredakan batuk kering yang Anda rasakan.
  • Kombinasi beberapa obat. terkadang, ada merek obat yang tidak hanya mengandung ekspektoran atau supresan saja. obat tersebut terdiri dari kedua bahan tersebut, bahkan ada juga komposisi obat-obatan lain seperti dekongestan. Dekongestan ini berguna untuk meringankan gejala pilek dan meredakan saluran napas yang tersumbat.

Apabila Anda mengalami batuk yang berkepanjangan sebaiknya Anda langsung periksakan diri ke dokter, agar mendapatkan tindakan yang tepat.

Baca Juga:

Sumber