4 Pilihan Obat Batuk Berdahak yang Bisa Anda Beli di Warung dan Apotek

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Batuk berdahak bisa terjadi pada siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa. Rasanya tentu sangat mengganggu. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan minum obat batuk berdahak. Apa saja obat batuk berdahak yang tersedia? Anda bisa mendapatkan obat batuk dari resep dokter atau juga yang dijual bebas. Simak di sini jawabannya.

Pilihan obat batuk berdahak

Beberapa obat batuk berdahak berikut ini mungkin bisa Anda coba untuk meredakan gejala batuk Anda.

Dekongestan

Dekongestan dapat mengurangi lendir yang mengalir dalam hidung Anda. Lendir ini bukan dahak, tapi bisa mengganggu tenggorokan Anda. Dekongestan bekerja dengan mengurangi pembengkakan di hidung dan membuka saluran udara Anda.

Obat yang mengandung dekongestan dapat ditemukan dalam bentuk tablet atau kapsul, sirup, puyer, dan juga semprotan hidung.

Ekspektoran

Obat yang mengandung ekspektoran dapat membantu Anda mengencerkan dahak. Anda dapat mencoba obat batuk berdahak ekspektoran seperti guaifenesin (Mucinex). Obat ini biasanya bekerja selama 12 jam, tetapi sebaiknya ikuti aturan minum obat yang tertera di kemasan obat.

Obat batuk yang mengandung ekspektoran atau dekongestan tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 4 tahun. Setelah usia 6 tahun, obat-obatan ini aman digunakan, tetapi ikuti instruksi dosis yang dianjurkan.

Obat topikal

Obat topikal yang dioleskan di dada seperti balsem oles beraroma menthol akan terasa hangat jika dioleskan di kulit Anda. Obat ini dapat meredakan batuk dan berpotensi mengecerkan lendir. Anda dapat menggosokannya ke dada dan leher tiga kali setiap hari. Gunakan secukupnya.

Dornase-Alfa (Pulmozyme)

Dornase-alfa adalah obat pengencer lendir yang sering digunakan oleh orang dengan cystic fibrosis. Obat batuk berdahak ini biasanya harus dengan resep dokter. Obat ini digunakan dengan dihirup melalui nebulizer. Dornase-alfa juga boleh digunakan untuk anak yang berusia 6 tahun ke atas.

Namun, obat batuk berdahak ini memiliki efek samping seperti suara menghilang, ruam kulit, rasa tidak nyaman di tenggorokan,demam, pusing, dan hidung berair.

Batuk berdahak biasanya bertahan hingga 2-4 minggu. Akan tetapi jika gejala batuk berdahak Anda semakin parah, sebaiknya segera kunjungi dokter.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca