6 Pilihan Minyak Esensial untuk Bantu Melegakan Sakit Tenggorokan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Sakit tenggorokan bukanlah penyakit serius yang biasanya membutuhkan pengobatan khusus. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankan berbagai gejalanya. Minyak esensial termasuk salah satu obat alami untuk atasi sakit tenggorokan yang bisa Anda gunakan di rumah. Pasalnya, minyak ini mampu membantu membunuh kuman, meredakan peradangan, dan mempercepat penyembuhan.

Minyak esensial untuk sakit tenggorokan

sakit tenggorokan sebelah

Minyak esensial atau yang dikenal juga dengan nama minyak atsiri terbuat dari daun, bunga, atau akar tanaman tertentu. Melalui proses yang dikenal sebagai distilasi, minyak ini diekstraksi tanpa menghilangkan kandungan pentingnya. Berikut pilihan minyak esensial untuk membantu meredakan nyeri tenggorokan:

1. Minyak peppermint

Peppermint mengandung menthol yang dikenal juga sebagai bahan utama dalam obat pelega tenggorokan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Arabian Journal of Chemistry ditemukan fakta bahwa minyak esensial peppermint memiliki sifat antibakteri yang mirip dengan antibiotik gentamisin (Garamycin). Selain itu, menghirup minyak peppermint membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan.

2. Minyak jahe

Dalam buku Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects. 2nd edition disebutkan bahwa jahe memiliki kandungan antiradang yang bisa meredakan sakit tenggorokan. Oleh karena itu, minyak esensial yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat jika sakit tenggorokan terasa menyiksa.

3. Minyak lemon

Fakta menunjukkan bahwa minyak esensial lemon memiliki efek antibakteri yang kuat terhadap bakteri yang menyebabkan listeria (keracunan makanan). Bukti ini ditemukan oleh penelitian yang diterbitkan dalam Lipids in Health and Disease pada tahun 2017.

Dari bukti itu para peneliti memiliki dugaan bahwa minyak esensial ini juga efektif untuk membunuh bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan. Namun, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan keefektifannya.

4. Minyak eucalyptus

Eucalyptus banyak digunakan sebagai bahan antiseptik untuk mengobati pilek, sakit tenggorokan, dan batuk. Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal Pharmaceutical Biology para peneliti menemukan bahwa minyak esensial eucalyptus memiliki kandungan antibakteri yang cukup kuat.

Oleh karena itu, minyak esensial ini bisa jadi pilihan yang baik untuk mengatasi sakit tenggorokan yang Anda alami. Pilihlah minyak dari buah eucalyptus karena kandungan antibakterinya paling kuat  bahkan terhadap beberapa bakteri yang resisten terhadap obat.

5. Minyak thyme

Thyme termasuk salah satu minyak esensial yang memiliki kemampuan antibakteri cukup kuat. Kandungan antibakterinya cukup kuat sehingga mampu melawan bakteri yang kebal terhadap antibioik.

Selain itu, tyhyme juga mengurangi kejang otot sehingga mampu mencegah batuk yang terkadang membuat rasa sakit tenggorokan makin parah.

6. Minyak lavender

Selain membuat tidur menjadi lebih nyenyak, minyak lavender juga bisa mengurangi peradangan pada tenggorokan. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, kandungan antiradang dan antimikroba dalam minyak esensial inilah yang berperan besar.

Cara menggunakan minyak esensial untuk sakit tenggorokan

menghirup minyak esensial
Sumber: Health Living

Anda tidak akan mendapatkan manfaat dari minyak alami ini tanpa tahu cara pemakaiannya yang tepat. Berikut berbagai cara penggunaan minyak esensial yang bisa Anda coba untuk mengatasi sakit tenggorokan:

Dihirup uapnya

Untuk meredakan nyeri pada tenggorokan, Anda bisa menghirup uap dari minyak esensial yang dipanaskan.

Cukup sediakan baskom kecil berisi air panas, kemudian masukkan 7 tetes minyak ke dalamnya. Kemudian, taruh wajah Anda persis di atas permukaan baskom.

Agar uapnya bisa terhirup maksimal, tutup kepala Anda dengan handuk hingga menutupi baskom. Kemudian hiruplah uapnya perlahan. Untuk mencegah iritasi pada mata, tutup mata Anda saat menghirup uap.

Menghirup secara langsung

Anda juga bisa menghirup minyak esensial secara langsung tanpa melarutkannya ke dalam air untuk meredakan sakit pada tenggorokan.

Caranya yaitu dengan menambahkan 2 sampai 3 tetes minyak esensial ke bola kapas atau saputangan. Kemudian, tarik napas dalam-dalam dan rasakan aromanya masuk ke dalam hidung sampai tenggorokan Anda.

Menggunakan diffuser

Diffuser merupakan alat untuk membantu menguapkan minyak esensial ke ruangan di rumah. Anda hanya perlu menambahkan 3 sampai 5 tetes minyak ke dalam diffuser untuk merasakan khasiatnya.

Mengoleskan ke kulit

Selain dihirup, minyak esensial juga bisa digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan dengan cara dioles ke kulit. Tambahkan 10 tetes minyak esensial dengan 2 sendok makan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau jojoba.

Kemudian, oleskan perlahan ke area kulit di sekitar tenggorokan. Namun ingat, jangan mengoleskan minyak ini langsung ke kulit tanpa mengencerkannya terlebih dahulu dengan minyak pembawanya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca