Jangan Takut Minum Air Dingin Atau Es Saat Sedang Flu

Oleh

Flu dan minuman dingin adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Masyarakat Indonesia beranggapan bahwa es dan flu selalu berkaitan seperti hubungan sebab akibat. Sederhananya, banyak masyarakat yang menganggap bahwa es adalah penyebab dari flu dan sering kali disinyalir membuat flu semakin parah jika Anda nekat minum air es saat sedang sakit. Tapi apakah benar? Apakah minum air dingin atau es saat flu membuat flu Anda semakin parah?

Bagaimana seseorang bisa sakit flu?

Influenza atau yang biasa dikenal dengan flu, merupakan salah satu jenis penyakit infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus, dari jenis virus ribonucleic acid atau RNA. Gejala umum penyakit ini biasanya suhu badan tinggi, demam, badan terasa panas dingin, sakit pada tenggorokan, nyeri otot, sakit pada kepala, biasanya disertai batuk, lelah dan tidak nyaman. Namun untuk kasus flu ringan, gejala yang paling umum adalah batuk dan demam.

Penularan virus influenza biasanya melalui perpindahan virus dari penderita flu kepada orang lain, hal ini bisa melalui udara. Penderita yang batuk atau bersin membuat udara di sekitar mengandung virus influenza, dan jika dihirup oleh orang lain maka akan menular. Selain itu penularannya juga bisa melalui air liur, ingus, kotoran yang tersentuh tangan kita dan menyebabkan virus terhirup, dan juga dari darah.

Terkadang Anda tidak menyadari sedang terjangkit virus influenza ini, karena hal ini berkaitan dengan daya tahan tubuh seseorang. Jika daya tahan tubuh kuat, Anda hanya akan merasakan gejala flu ringan. Namun tidak menutup kemungkinan, Anda tidak menularkan flu kepada orang di sekitar Anda. Seseorang yang daya tahan tubuhnya sedang lemah akan mudah tertular flu terutama anak-anak.

Apa yang terjadi kalau kita minum air dingin atau es saat flu?

Tidak ada penelitian sampai saat ini yang menemukan keterkaitan antara es dan flu, karena satu-satunya penyebab flu adalah virus. Hal ini sangat berkaitan dengan daya tahan tubuh seseorang yang berbeda-beda, sehingga ada yang mudah tertular dan ada yang tidak tertular.

Jika minum air dingin atau es menyebabkan Anda flu atau membuat flu Anda semakin parah, penyebabnya bisa dua hal: pertama karena alergi, dan kedua berkaitan dengan daya tahan tubuh Anda sendiri.

Secara fisiologi dikenal adanya istilah vasokonstriksi dan vasodilatasi. Vasokonstriksi adalah pengecilan pembuluh darah, dan vasodilatasi adalah pembesaran pembuluh darah.

Penyebab vasokonstriksi disebut sebagai vasokonstriktor. Kondisi dingin termasuk air dingin atau es merupakan salah satu vasokonstriktor. Diameter pembuluh darah akan mengecil sehingga menghambat aliran balik darah. Saat terjadi vasokonstriksi ini maka akan terjadi pembendungan lokal darah sehingga menyebabkan keadaan yang disebut dengan kongesti atau pembendungan.

Jika daerah rongga hidung mengalami kongesti, maka mukosa atau selapur lendir hidung akan membesar dan lebih banyak memproduksi sekret atau cairan, dan biasanya Anda akan mengalami pilek sehingga aliran napas terasa tersumbat. Jika mukosa di dinding saluran napas mengalami hal yang sama maka tentunya akan terjadi juga proses serupa. Cairan yang terproduksi di dinding saluran napas akan menyebabkan rangsang lokal dan menghasilkan refleks batuk.

Tetapi keadaan ini belum tentu dialami oleh semua orang karena seperti yang disebutkan sebelumnya, masing-masing individu berbeda sensitivitas dan daya tahan tubuhnya. Jika daya tahan tubuh baik, maka mekanisme proteksi tubuh akan terjadi secara otomatis.

Minum air dingin atau es saat flu tidak terbukti membuat flu Anda semakin parah. Namun, pastikan kebersihan diri Anda dan wadah yang digunakan untuk minum air dingin atau es terbebas dari virus yang menyebabkan influenza.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca