Pengobatan dengan nebulizer (mesin uap) dilakukan untuk mengatasi penyakit pernapasan seperti asma, PPOK, dan fibrosis sistik. Selain di rumah sakit, nebulizer juga bisa digunakan di rumah dalam bentuk compressor atau mesh.

Perbedaan antara compressor nebulizer dan mesh nebulizer adalah teknologi yang digunakan untuk menghasilkan aerosol. Compressor nebulizer bekerja dengan menekan udara, sedang mesh nebulizer menggunakan elemen getar dengan frekuensi tinggi.

Lalu di antara keduanya, harus pilih yang mana, ya? Berikut pertimbangannya dari berbagai aspek.

Membandingkan cara kerja compressor nebulizer dan mesh nebulizer

Teknologi mesh yang digunakan oleh mesh nebulizers akan menghantarkan obat ke dalam paru-paru. Anda dapat menggunakan pengobatan ini di posisi apapun dan di mana pun.

Sementara itu, compressor nebulizers dilengkapi kompresor dan biasanya berukuran lebih besar dan cenderung lebih berisik. Jika nebulizer akan digunakan untuk anak-anak, jenis ini biasanya kurang disukai karena kurang praktis. Kebalikannya dengan mesh nebulizer yang tidak mengeluarkan suara keras dan mudah dibawa ke mana-mana.

Compressor nebulizer bisa digunakan untuk jenis obat apapun, termasuk obat-obatan suspense dan viskositas rendah. Namun tidak demikian dengan mesh nebulizers yang hanya bisa digunakan untuk jenis obat-obatan yang lebih terbatas.

Seperti apa kondisi pasien?

Bayi dan beberapa lansia kesulitan bila harus menggunakan mesin uap sendiri. Maka, pertimbangkan kondisi pasien dan pilih mesin mana yang paling nyaman bagi pasien. Bila Anda atau keluarga Anda kesulitan menggunakan mesin uap, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau perawat. Terutama bila ada masalah seperti koordinasi dan penurunan fungsi kognitif otak.

Anda juga bisa bertanya dan mencari ulasan dulu soal mesin uap ini pada pasien lain dan keluarganya (atau mantan pasien) yang sudah lebih dulu menjalani pengobatan dengan mesin uap, mana yang paling cocok bagi kondisi mereka? Dari situ, Anda bisa menilai mesin uap apakah yang terbaik bagi kondisi Anda.

Mana yang lebih murah?

Compressor nebulizer biasanya lebih terjangkau dibanding mesh nebulizers.

Coba cek apakah pembelian atau penyewaan mesin uap (dan alat-alat tambahannya seperti masker cadangan) ditanggung oleh asuransi kesehatan Anda.

Pastikan juga bahwa alat dan produk yang Anda pilih harganya sudah sesuai dengan kualitas barangnya.

Mana yang lebih tahan lama?

Nebulizer akan lebih tahan lama jika dirawat dengan baik, jadi pertimbangkan juga jenis nebulizer seperti apa yang lebih mudah untuk Anda rawat. Nebulizer portable memang lebih praktis dibawa-bawa, namun jika menggunakan system mesh, membersihkannya mungkin agak sulit karena seluruh bagiannya harus dilepas, dicuci, dikeringkan, dan dipasang kembali.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca