8 Cara Cepat Mengobati Sesak Napas Pada Anak

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Sesak napas sering kali membuat anak tak berdaya karena sulit bernapas lega. Sesak napas pada anak perlu segera diobati supaya tidak berujung pada kondisi yang lebih serius. Namun, cara mengobati sesak nafas pada anak tak boleh asal-asal. Sebagai orangtua, Anda perlu tahu teknik yang tepat supaya rasa tidak nyaman yang dialami anak cepat mereda. Lantas, bagaimana caranya? Yuk, simak panduan berikut.

Cara mengobati sesak nafas pada anak

Supaya kondisi si kecil tidak semakin memburuk, berikut beberapa cara mengobati sesak napas pada anak yang perlu diperhatikan baik-baik oleh para orangtua.

1. Tenangkan anak

luka bakar pada anak

Jika si kecil datang pada Anda mengeluhkan dirinya susah bernapas, jangan langsung panik. Usahakan untuk tetap bersikap tenang di depan mereka. Melihat orangtuanya panik dapat memicu anak ikut semakin panik sehingga ia justru makin susah bernapas lega.

Meski tampaknya sepele, hal ini nyatanya sangat membantu menenangkan anak sehingga ia bisa mulai pelan-pelan mengatur napasnya sendiri.

2. Cari tempat nyaman

anak kurang vitamin kekurangan vitamin pada anak

Bila sesak napas yang dialami anak muncul saat sedang di tempat umum, ajak mereka menepi ke tempat yang lebih sepi dan tenang jauh dari hiruk pikuk.

Berada di tempat yang sepi membantunya menenangkan diri sehingga ia dapat beristirahat dengan nyaman. Cara mengobati sesak nafas pada anak ini efektif membantu melegakan pernapasannya.

3. Duduk bersandar

obat maag untuk anak

Sementara bila sesak napas muncul di rumah saat bermain, segera minta si kecil menghentikan aktivitas tersebut.

Dudukkan si kecil di bangku yang memiliki sandaran. Supaya lebih nyaman, Anda bisa menyisipkan bantal yang tidak terlalu empuk di punggungnya.

Longgarkan bajunya. Misalnya dengan buka beberapa kancing kemejanya atau lepaskan ikat pinggangnya agar ia tidak merasa gerah dan semakin sesak.

Bila pada saat itu anak tidak pakai baju berkancing, lepaskan bajunya. Biarkan ia hanya pakai kaos dalam saja.

4. Rebahkan anak di kasur atau tempat datar

anak demam akibat parvovirus adalah

Selain duduk bersandar, cara lain mengobati sesak nafas pada anak adalah dengan merebahkannya di atas kasur atau tempat yang datar. Sangga kepalanya dengan bantal yang agak tinggi supaya posisi kepala lebih tinggi dari jantung.

Kemudian, sisipkan bantal atau guling tebal di bawah lututnya. Pastikan punggung anak tetap dalam posisi lurus dan kedua tangannya di sisi badan.

5. Beri anak minum

susu organik dan susu sapi biasa anak minum

Dehidrasi bisa semakin memperburuk kondisi anak. Maka dari itu, setelah sesak napasnya agak mereda, beri anak segelas air putih atau teh manis hangat. Anda juga bisa memberinya ASI atau susu formula pada anak yang masih balita.

Cara mengobati sesak nafas lainnya yang bisa dicoba adalah dengan memberinya segelas air rebusan jahe. Rempah satu ini selain membantu menghangatkan tubuh juga dapat melemaskan otot-otot di sekitar jalan napas yang menegang.

Hal ini pun didukung oleh sebuah penelitian dalam American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology tahun 2013. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa jahe dapat membuat aliran oksigen yang masuk ke dalam tubuh lebih lancar. Jahe juga dapat memiliki efek terapeutik untuk mengatasi sejumlah gangguan pernapasan, termasuk asma.

6. Pakai kipas angin

Pakai kipas angin juga bisa jadi cara mengobati sesak nafas pada anak. Sebab, sesak napas yang dialami anak-anak bisa timbul dan semakin parah karena anak kepanasan akibat suhu udara terlalu tinggi.

Studi dari Journal of Pain and Symptom Management pun melaporkan hal serupa. Dalam studi tersebut, pasien dengan penyakit pernapasan kronis mengaku sesak napasnya mereda perlahan berkat pakai kipas angin portable (genggam).

Aliran udara yang sejuk dan segar dapat merileksasikan saluran udara sehingga orang yang mengalami sesak napas dapat bernapas lebih lega. Cukup arahkan kipas angin ke wajah si kecil selama beberapa detik sembari memintanya mengatur napas pelan-pelan.

7. Menghirup uap

Sumber: Smart Girls

Sesak napas si kecil bisa disebabkan oleh hidungnya yang tersumbat ingus karena pilek yang membuat hidungnya tersumbat ingus. Nah, guna meredakan kondisi tersebut, Anda bisa memintanya untuk menghirup uap hangat.

Uap hangat dapat membantu melemaskan saluran napas, sehingga anak dapat bernapas lebih mudah. Panas dari uap juga dapat mengencerkan lendir yang ada di paru-paru.

Cara mengobati sesak napas pada anak ini sangat mudah. Anda cukup menyiapkan sebuah baskom yang diisi dengan air panas. Kemudian minta anak untuk meletakkan wajahnya di atas baskom tersebut. Supaya uapnya tidak menyebar ke mana-mana dan sekaligus menjaga agar airnya tidak cepat mendingin, tutupi kepala anak dengan handuk kecil.

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti eucalyptus (kayu putih) untuk membantu melegakan saluran napasnya. Namun, bila si kecil punya riwayat alergi terhadap minyak esensial, sebaiknya jangan paksakan menggunakannya karena nanti malah dapat memperburuk kondisinya.

8. Pakai obat

asma pada anak

Bila si kecil memang punya riwayat masalah pernapasan, seperti asma, memberinya obat kerja cepat bisa jadi cara terbaik untuk mengobati sesak nafas pada anak. Sejumlah obat yang paling umum digunakan untuk melegakan pernapasan adalah bronkodilator serta kortikosteroid hirup dan oral (minum).

Obat hirup dianggap lebih manjur dan cepat mengobati sesak napas ketimbang obat oral. Jenis obat ini biasanya diberikan lewat alat bantu pernapasan seperti inhaler dan nebulizer yang bertugas mengantarkan obat langsung ke dalam paru-paru.

Sementara bila anak punya masalah pernapasan lain, maka diskusikan dengan dokter untuk mengetahui jenis obat terbaik yang cocok dengan kondisi si kecil. Pada prinsipnya obat-obatan yang digunakan untuk mengobati sesak napas ada banyak, disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. Entah itu karena gangguan organ, infeksi, hingga alergi.

Anda juga sebaiknya segera membawa anak berobat ke dokter bila gejala sesak napasnya tidak juga mereda meski sudah mencoba berbagai cara di atas.

Baca Juga:

Sumber