10 Tips Hidup Dengan Asma

Oleh

Kesulitan yang ditimbulkan penyakit kronis seperti asma dapat membuat seseorang merasa kewalahan. Berikut 10 tips yang dapat membantu Anda mengatasi asma.

1. Minta informasi resep dari dokter

Semakin banyak pengetahuan, Anda akan lebih mengerti tentang asma, mengapa dokter memberi tes-tes atau obat-obatan tertentu, serta apa yang harus Anda lakukan untuk merawat diri Anda. Internet mungkin merupakan tempat yang membingungkan untuk mencari informasi, jadi mintalah dokter atau perawat di mana Anda dapat mencari informasi. Jika dokter Anda tidak bisa membantu Anda memberi informasi yang Anda perlukan, sebaiknya Anda mempertimbangkan dokter lain.

2. Jadilah ahli dalam asma

Jadilah pasien yang proaktif. Jangan hanya mengandalkan dokter Anda. Kenali petunjuk untuk mengatasi asma. Sebagai contoh, pastikan Anda mengawasi gejala seperti batuk, kadar penggunaan rescue inhaler, serta level aktivitas fisik. Diskusikan rencana penanganan asma dengan dokter Anda dan pastikan Anda tahu tujuan Anda.

3. Bentuklah tim penanganan asma

Dokter utama Anda mungkin tidak bisa menjawab semua pertanyaan Anda. Pertimbangkan untuk mengunjungi spesialis asma, seperti ahli alergi, ahli paru-paru, atau pusat spesialisasi asma. Tergantung kondisi, Anda dapat mendapat manfaat dari profesional kesehatan lainnya, seperti ahli gizi atau pengajar asma. Sebagai contoh, ahli nutrisi dapat membantu Anda menghindari makanan tertentu yang memperburuk kondisi asma atau membuat pola makan untuk menurunkan berat badan. Pusat spesialisasi asma dapat menyediakan layanan edukasi yang tidak tersedia di pusat kesehatan umumnya.

4. Koordinasikan perawatan Anda

Jika Anda memiliki beberapa dokter untuk beberapa masalah, mungkin mereka tidak berkomunikasi dengan baik bersama-sama. Dokter utama Anda dapat membantu mengkoordinasikan agar semua dokter memiliki pemahaman yang sama terhadap kondisi Anda.

5. Buat perubahan gaya hidup

Seperti juga kondisi kronis lainnya, perubahan gaya hidup sangatlah penting. Menurunkan berat badan, berhenti merokok, dan berolahraga, mungkin akan sulit dilakukan, namun ini penting untuk memperbaiki kondisi asma Anda. Pasien yang berhasil melakukan hal-hal ini memiliki kendali yang baik terhadap kondisi asma mereka. Walau akan memerlukan sedikit pengorbanan, perubahan gaya hidup dapat mengendalikan asma Anda dengan baik.

6. Ikutsertakan keluarga

Pastikan keluarga mengerti bagaimana hidup dengan asma. Perubahan gaya hidup lebih mudah dilakukan dengan dukungan keluarga, dan mengajak keluarga untuk membantu Anda akan membuatnya lebih mudah.

7. Kenali dan atur pengobatan Anda

Anda akan mengonsumsi beberapa obat asma yang berbeda. Penting untuk mengetahui perbedaan obat-obatan tersebut, seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat, serta efek samping dari obat-obatan Anda.

8. Jangan biarkan asma membuat Anda stress

Depresi dapat menjadi masalah untuk orang dengan penyakit kronis. Jika Anda depresi, Anda akan lebih mudah untuk tidak menggunakan obat sesuai anjuran, datang ke pertemuan yang penting, atau melakukan hal proaktif untuk mengatasi asma Anda. Pelajari tentang depresi dan konsultasikan dengan dokter jika Anda merasa mengalami gejala depresi.

9. Ingatlah bahwa Anda tidak sendiri

Pertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok dukungan untuk mendapatkan informasi dari dunia luar. Beberapa pertanyaan dan solusi dapat datang dari orang lain yang memiliki kondisi yang sama.

10. Jadilah pemecah masalah

Seperti kondisi kronis lainnya, Anda akan memiliki saat yang baik dan buruk. Jangan berkubang dalam masa lalu atau hal yang tidak dapat Anda ubah. Fokus pada hal positif dan tantangan untuk mengatasi kondisi asma Anda.

Share now :

Direview tanggal: Mei 20, 2016 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca