Apakah Keseringan Minum Kopi Dapat Memicu atau Memperparah Anemia?

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kekurangan asupan zat besi atau defisiensi zat besi merupakan penyebab paling umum dari anemia. Tak hanya karena kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, anemia mungkin terjadi karena terhambatnya penyerapan zat besi dalam tubuh. Salah satu makanan atau minuman yang dipercaya dapat menghambat penyerapan zat besi adalah kopi. Lalu benarkah saat penderita anemia minum kopi, anemia dapat menjadi lebih parah?

Pengaruh kopi dalam menghambat penyerapan zat besi

Sebelumnya Anda perlu tahu bahwa anemia tidak hanya terjadi karena defisiensi zat besi saja. Anemia dapat terjadi karena:

Namun, sebagian besar anemia terjadi karena defisiensi zat besi, terutama pada ibu hamil dan wanita dalam usia reproduktif.

Saat penderita anemia minum kopi, ternyata penyerapan zat besi oleh tubuh jadi terhambat. Hal ini telah dibuktikan dalam beberapa kajian mengenai hubungan kopi dan penyerapan zat besi.

Sebuah kajian yang dilansir di The American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa satu cangkir kopi dapat mengurangi penyerapan zat besi hingga 39%. Penelitian lain juga membuktikan bahwa meminum satu bungkus kopi cepat saji (instan) dapat mengurangi penyerapan zat besi 60 hingga 90%.

Ditambah lagi, semakin banyak kopi yang dikonsumsi, semakin sedikit zat besi yang diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, ketika penderita anemia minum kopi dengan makanan yang mengandung zat besi, penyerapannya akan terganggu.

Jadi apakah penderita anemia tidak boleh minum kopi?

Tenang saja, Anda yang memiliki anemia atau yang sedang dalam upaya pencegahannya tetap dapat menikmati kopi. Apalagi sebagian besar masyarakat minum kopi setiap harinya. Namun, jumlah dan waktu minum kopi perlu diperhatikan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kafein hanya mengikat sekitar 6% dari total zat besi yang Anda konsumsi. Jumlah ini relatif kecil, terdapat faktor lain, salah satunya seperti polifenol yang juga terkandung dalam kopi sehingga menyebabkan terhambatnya penyerapan zat besi selain kafein. 

Selain itu, efek samping kopi dalam mempengaruhi penyerapan zat besi bergantung pada kapan Anda minum kopi atau waktu konsumsinya. Contohnya, apabila Anda minum kopi satu jam sebelum jam makan, kandungan kopi, termasuk kafein tidak berdampak sama sekali pada proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

Bahkan sebuah penelitian menyimpulkan bahwa ibu hamil yang rentan terkena anemia masih diperbolehkan untuk minum kopi. Asalkan, jumlahnya harus dibatasi dan menghindari minum kopi bersamaan dengan waktu makan.

Tips untuk penderita anemia minum kopi

Apabila penderita anemia minum kopi, terdapat beberapa cara agar penyerapan zat besi Anda tidak terganggu. Tips ini juga berguna bagi Anda agar terhindar dari anemia.

  • Minum kopi di antara jam makan (jangan makan bersamaan dengan minum kopi)
  • Tunggu setidaknya satu jam setelah makan
  • Tingkatkan asupan zat besi jenis heme dengan mengonsumsi daging merah dan putih, atau makanan laut
  • Tingkatkan asupan vitamin C (untuk membantu penyerapan zat besi) saat jam makan
  • Konsumsi makanan yang difortifikasi (ditambah gizi) zat besi
  • Konsumsi makanan tinggi kalsium dan serat seperti biji-bijian

Apabila tidak memiliki risiko atau memiliki kondisi kesehatan yang normal, Anda dapat menikmati kopi seperti biasanya. Sebaliknya, bagi yang berisiko kekurangan atau defisiensi zat besi (seperti ibu hamil) disarankan untuk membatasi kopi dan mengikuti tips dalam mengonsumsi kopi.

Apabila tidak bisa menghentikan konsumsi kopi dan khawatir tidak mendapat asupan zat besi yang cukup, Anda dapat meminum suplemen yang mengandung zat besi, terutama zat besi dalam bentuk lipofer (lebih cepat diserap tubuh) untuk mencegah anemia.

Kepercayaan bahwa penderita anemia tidak boleh minum kopi tidak sepenuhnya benar atau salah. Anda hanya perlu memperhatikan konsumsinya. Apabila mungkin untuk berhenti, tidak ada salahnya untuk menghentikan konsumsi kopi untuk sementara.

Kandungan tanin dalam kopi yang menghambat penyerapan zat besi ini juga ditemukan pada teh, jadi perlu diperhatikan saat yang tepat untuk minum kopi dan the terutama pada penderita anemia.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kekurangan Vitamin Ini Bikin Pria Sering Sakit Kepala

Sering sakit kepala memang bisa jadi pertanda penyakit serius. Tapi pada pria, bisa juga ini artinya Anda kekurangan vitamin yang satu ini.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Nyeri Kronis, Health Centers 09/02/2017 . Waktu baca 4 menit

Pengaruh Defisiensi Zat Besi dan Anemia pada Kehamilan

Anemia dan defisiensi zat besi dapat membawa beberapa dampak saat hamil. Ketahui efek negatif anemia dan defisiensi zat besi di bawah ini.

Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 05/10/2016 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
anemia pada ibu menyusui

Ketahui Penyebab dan Gejala Anemia pada Ibu Menyusui

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 11/06/2020 . Waktu baca 4 menit
ciri bayi kekurangan zat besi

Mengenal Gejala Bayi Kekurangan Zat Besi dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 04/11/2019 . Waktu baca 5 menit
ferritin

Apa Artinya Jika Hasil Tes Darah Menunjukkan Kadar Ferritin yang Terlalu Rendah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 15/09/2017 . Waktu baca 4 menit
citicoline obat tablet dosis

Ferrous Gluconate

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2017 . Waktu baca 9 menit