Kegunaan dan Cara Pakai Cetirizine 10 mg untuk Alergi

Oleh

Jika Anda gatal-gatal atau pilek karena alergi, besar kemungkinan dokter atau apoteker akan menganjurkan Anda minum cetirizine. Cetirizine sendiri adalah obat antialergi yang tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari sirup hingga pil. Kalau Anda diresepkan cetirizine 10 mg, simak panduan berikut ini sebelum mengonsumsi obat gatal alergi tersebut.

Cetirizine untuk mengobati apa?

Cetirizine 10 mg digunakan untuk mengobati gejala-gejala yang ditimbulkan oleh reaksi alergi. Gejala tersebut antara lain kulit gatal biduran, kemerahan, terasa panas, dan tampak bengkak. Hidung dan mata gatal serta berair atau bersin-bersin juga bisa diredakan dengan cetirizine 10 mg.

Untuk anak usia 6 tahun ke atas, cetirizine juga kerap digunakan untuk meredakan pilek, bersin-bersin, dan hidung mampet yang disebabkan oleh alergi. 

Cetirizine 10 mg tidak bisa digunakan untuk mencegah munculnya reaksi alergi atau menangani reaksi alergi yang parah yaitu anafilaktik. Jika Anda atau orang terdekat mengalami reaksi anafilaktik, segera suntik dengan epinefrin atau bawa ke pusat layanan gawat darurat.

Cara pakai cetirizine 10 mg

Saat ini, cetirizine dalam bentuk pil (tablet) tersedia dalam dosis 10 mg per pil. Ikuti anjuran dari dokter atau apoteker Anda tentang cara penggunaannya. Kalau Anda minum cetirizine tablet tanpa resep dokter, baca petunjuk yang terdapat pada kemasan.

Jika Anda minum cetirizine dalam bentuk tablet kunyah, kunyah pil sampai benar-benar lumat di mulut dan telan. Setelah itu, minumlah segelas air putih untuk membantu membersihkan sisa tablet di mulut.

Bila Anda diresepkan cetirizine dalam bentuk pil cepat larut, biarkan pil larut di lidah lalu telan. Minum segelas air putih untuk melarutkan sisa obat di lidah.

Cetirizine boleh diminum sebelum atau sesudah makan. Namun, untuk menghindari kontraindikasi sebaiknya hindari minum pil cetirizine bersamaan dengan minuman beralkohol.

Bagaimana kalau lupa minum cetirizine 10 mg?

Kalau Anda kelupaan minum cetirizine 10 mg, segera minum sesuai dosis yang dianjurkan ketika Anda ingat. Jangan merangkap atau menambah dosis karena yang tadi terlewat. Sebelum minum pil cetirizine berikutnya, tunggu dulu selama kira-kira 24 jam.

Kapan harus ke dokter?

Silakan langsung berkonsultasi dengan dokter apabila Anda punya kondisi khusus atau pertanyaan lebih lanjut soal penggunaan cetirizine. Selain itu, hubungi dokter jika setelah minum obat ini gejala alergi tak kunjung mereda dalam waktu 3 hari.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca